Cara Pengajuan Kredit Motor Beserta Syarat dan Tempatnya

Cara pengajuan kredit motor itu mudah dilakukan asalkan dokumen dan persyaratan yang kamu miliki lengkap. Namun, perlu kamu perhatikan juga jika tidak semua pengajuan kredit motor dapat disetujui oleh leasing.

1 Fashion murah

Namun, kamu tak perlu khawatir tim Mustakim Media akan menjelaskan apa saja syarat dan dokumen umum yang perlu kamu persiapkan dan bagaimana cara pengajuan kredit motor agar di setujui. Simak sampai akhir ya!

fashion muslim murah

Syarat Umum Pengajuan Kredit Motor

Setiap leasing memiliki syarat pengajuan kredit motor. Namun, kamu perlu ketahui berikut merupakan syarat umum untuk melakukan pengajuan kredit motor diantaranya adalah:

  • Pertama kamu merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Indonesia
  • Selanjutnya umur kamu minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun (pada saat kredit lunas)
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap per bulan (Kebijakan berbeda di setiap daerah)

Nah, itulah syarat umum ketika kamu akan mengajukan pengajuan kredit motor dan tentunya setiap daerah juga berbeda bagaimana kebijakan dari pihak leasing itu sendiri. selain syarat umum kamu juga perlu mengetahui dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan.

Syarat Umum Dokumen Pengajuan Kredit Motor

Dokumen yang perlu kamu persiapkan ketikan akan melakukan cara pengajuan kredit motor. Selain syarat umum tadi masih ada syarat dokumen yang harus kamu penuhi. Dan berikut beberapa dokumen yang harus kamu lengkapi, diantaranya adalah:

  • Fotokopi KTP pemohon minimal 21 tahun/ sudah menikah
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Bukti pembayaran rekening listrik atau telepon 3 bulan terakhir
  • Dokumen slip gaji atau bukti mutasi rekening 3 bulan terakhir
  • Membayar uang muka sebesar 20-30 persen
  • Usia maksimal saat kredit lunas adalah 55 tahun atau masih produktif

Dan itulah beberapa syarat umum dan syarat dokumen yang harus kamu persiapkan untuk pengajuan kredit motor pastikan jika semua syarat telah kamu penuhi kamu bisa simak bagaimana cara pengajuan kredit motor yang baik dan benar simak penjelasan di bawah ini.

1 Fashion murah

Cara Pengajuan Kredit Motor

Setelah syarat umum dan syarat dokumen kamu terpenuhi dan berkas telah disiapkan langkah selanjutnya kamu melakukan cara pengajuan kredit motor dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini, yaitu:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ada tentukan jenis motor yang ingin dibeli, balik lewat dealer, showroom, atau penjual perorangan
  • Selanjutnya kamu hubungi pihak leasing atau bank
  • Menentukan DP dan periode cicilan, yaitu 12, 24, atau 36 bulan
  • Leasing atau bank akan memberikan simulasi cicilan atau angsuran per bulan sesuai dengan tenor cicilan yang kamu pilih
  • Selanjutnya pilih angsuran yang sesuai dengan kemampuan seperti simulasi yang diberikan
  • Mengisi formulir permohonan kredit motor dan menyerahkan berjas-berkas dokumen yang dibutuhkan
  • Kemudian nanti petugas akan memverifikasi data-data yang telah kamu berikan
  • Dan pihak bank biasanya akan melakukan pemeriksaan BI Cheking
  • Dan pemohon akan diberitahukan apakah permohonan kreditnya diterima atau ditolak (lamanya antara 3 sampai dengan 7 hari kerja)
  • Jika disetujui, maka permohonan akan diundang untuk melakukan akad perjanjian pembelian motor secara kredit
  • Dan permohonan menyerahkan down payment (DP) dan membereskan adminstrasi pembelian motor
  • Kemudian nanti petugas akan menerangkan informasi tentang jatuh tempo cicilan, besaran cicilan yang harus dibayar, cara membayar cicilan dan denda jika terlambat membayar cicilan
  • Dan sampai sini proses cara pengajuan kredit motor sudah selesai selanjutnya kamu tinggal melakukan pembayaran sesuai dengan jatuh tempo pembayaran

Nah, itulah beberapa langkah mengenai cara pengajuan kredit motor yang bisa kamu ikuti dan pastikan setelah melakukan pengajuan jangan lupa untuk membayar tagihan tepat waktu karena jika tidak maka kamu akan kena denda keterlambatan.

Dan denda keterlambatan tersebut disesuaikan dengan pihak leasing masing-masing ada yang menyediakan denda keterlambatan per hari dan juga keterlambatan per bulan. Sebaiknya jauh-jauh hari sudah melakukan pembayaran agar aman dari denda keterlambatan.

Rekomendasi Tempat Pengajuan Kredit Motor Terbaik

Nah, jika kamu tertarik ingin melakukan pengajuan kredit bermotor kamu bisa simak penjelasan di bawah ini rekomendasi kredit motor terbaik yang bisa menjadi pilihan, diantaranya adalah:

1. FIF Group

FIF Group adalah salah satu leasing paling murah untuk kredit motor yang patut untuk kamu gunakan. Leasing ini menyediakan berbagai jenis merek seperti kredit untuk Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Vespa dan lainnya.

Bahkan cicilannya bisa dilakukan melalui berbagai angsuran saluran seperti ATM, internet banking, mobile banking, hingga minimarket.

1 Fashion murah

2. OTO Finance

Leasing terbaik selanjutnya kamu juga bisa memilih OTO Finance dimana OTO Finance memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk kredit dengan membeli harga terjangkau.

Selain menjual motor baru OTO juga menyediakan motor bekas dengan kualitas bagus dan syarat pembelian kredit motor di OTO juga sangat mudah.

3. CS Finance

Meskipun tidak banyak dikenal oleh masyarakat tapi CS Finance ini merupakan salah satu leasing paling murah dan untuk motor leasing. Banyak promo yang menarik serta pembelian yang mudah menjadi dayar tarik dari CS Finance.

Beberapa persyaratan penting yang harus dipenuhi oleh masyarakat beberapa persyaratan penting yang memilih CS Finance antara lain FC KTP, KK, Slip Gaji/ TDP.

4. Adira Finance

Siapa yang tidak kenal dengan Adira Finance banyak yang memilih Adira Finance untuk melakukan kredit motor karena paling murah, juga pelayanan yang profesional. Selain itu Adira Finance menawarkan DP yang kecil dan kemudahan membayar.

Bahkan kamu hanya ditawarkan dengan bunga 15% dari harga jual yang akan dibeli. Sehingga Adira Finance menjadi banyak pilihan masyarakat untuk melakukan pengajuan kredit di leasing tersebut.

1 Fashion murah

5. WOM Finance

Nah, untuk rekomendasi terakhir kamu bisa menggunakan WOM Finance adalah salah satu leasing paling murah untuk kredit motor yang juga populer di tengah masyarakat.

WOM Finance memiliki keunggulan dalam memberikan harga motor yang murah dan menyediakan opsi kredit untuk pembelian motor baru maupun bekas.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Melakukan Pengajuan Kredit Motor

Jika kamu ingin berencana ingin melakukan cara pengajuan kredit motor alangkah baiknya kamu simak dulu berikut beberapa yang yang harus diperhatikan ketika akan melakukan pengajuan motor, diantaranya:

  • Perhatikan harga motor baik mulai DP dan angsurannya jangan sampai kamu memilih kredit yang terlalu mahal
  • Kemudian perhatikan juga lamanya cicilan tenor karena semakin lama bunga juga akan semakin bertambah
  • Sesuaikan dengan kebutuhan, artinya kamu mengajukan pinjaman kredit motor sesuaikan dengan kebutuhan jika tidak terlalu butuh disarankan jangan melakukannya
  • Kamu juga perlu pastikan asuransi yang akan kamu dapatkan
  • Pastikan juga biaya-biaya lainnya karena biasanya ada saj biaya tidak terduga

Akhir kata

Demikian penjelasan mengenai bagaimana cara pengajuan kredit motor mulai dari syarat pengajuan, cara pengajuan, rekomendasi leasing terbaik hingga hal yang perlu diperhatikan untuk melakukan pengajuan kredit motor.

Artikel Menarik Lainnya: