2 Cara (Restart) Reboot HP Android Tanpa Perlu Tombol Power

Memahami cara (Restart) Reboot HP Android tanpa tekan tombol jadi informasi yang menarik bagi kamu agar penggunaan HP Android tidak salah. Kebanyakan orang hanya tahu bahwa cara melakukan Restart atau Reboot hanya bisa dilakukan lewat tombol Power fisik di bagian samping HP Android.

1 Fashion murah

Reboot pada HP Android memang disarankan untuk dilakukan secara berulang agar sistem dapat mengatur ulang kondisi terbaiknya sehingga penggunaan HP maksimal. Beberapa kondisi tertentu menjadikan proses Reboot HP tidak bisa dilakukan lewat tombol Power sehingga butuh cara lainnya.

fashion muslim murah

Fungsi Tombol Power Termasuk Menjalankan Cara Restart HP

Banyak dari kamu pengguna HP yang memahami bahwa tombol Power hanya digunakan untuk menyalakan maupun menghidupkan perangkat saja. Tombol Power punya banyak fungsi lain termasuk mengatur HP agar masuk dalam mode Recovery.

Recovery Mode sendiri merupakan proses yang dapat digunakan untuk melakukan Factory Reset, Root, dan Costum Rom. Cara (Restart) Reboot HP Android juga bisa kamu jalani secara umum dengan memanfaatkan tombol Power tersebut.

Kebutuhan Reboot dan Restart biasanya karena proses rutin yang dilakukan setiap hari atau ketika kondisi HP mengalami masalah sehingga tidak bisa digunakan Restart dan Reboot jadi satu cara untuk bisa memperbaiki masalah HP seperti Lag dan Stuck atau freeze.

Untuk melakukan Restart HP Android dengan tombol Power secara mudah, kamu hanya perlu menekan tombol tersebut cukup lama lalu akan muncul pilihan di layar dan tekan Reboot/Restart. Setelah menekan simbol tersebut, HP kamu akan langsung mati dan menyala ulang secara otomatis.

1 Fashion murah

Cara (Restart) Reboot HP Android Tanpa Tombol Power dengan Mudah

Jika di atas disebutkan bahwa, cara terbaik untuk melakukan Restart atau Reboot HP Android adalah dengan menekan tombol Power, lalu bagaimana dengan mereka yang tombolnya rusak. Tentu ada alternatif yang ditawarkan oleh sistem Android untuk melakukan Restart seperti dijelaskan di bawah ini.

1. Reboot HP Android dengan panel cepat

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk menjalankan fungsi Reboot pada HP Android tanpa tombol Power adalah dengan menggunakan panel cepat. Untuk Versi Android yang lebih baru, kamu bisa menemukan ikon Power pada menu panel cepat sebagai perintah menjalankan proses Reboot

Cara (Restart) Reboot HP Android tanpa tombol Power dengan menu panel cepat tersebut mudah dijalani karena kamu hanya perlu menarik layar bagian atas ke bawah. Setelah itu akan muncul tombol panel cepat dan kamu bisa menekan ikon Power yang ada di sana lalu pilih Reboot agar HP Android langsung Restart dengan sendirinya.

Setiap jenis dan merek HP Android mungkin punya cara yang beda untuk membuka panel cepat namun pada prinsipnya sama. Untuk bisa Reboot tanpa tombol Power tersebut, kamu hanya perlu masuk ke menu panel cepat yang ada di semua HP Android saat ini.

2. Restart HP Android dengan aplikasi

Cara kedua yang dapat kamu lakukan untuk Reboot atau Restart HP Android adalah dengan aplikasi. Ada beberapa pilihan aplikasi pihak ketiga yang dapat dipasang pada HP Android sehingga lebih mudah melalukan Restart tanpa tombol Power. Pilihan aplikasi yang bisa kamu gunakan di antaranya seperti :

  • Shutdown, aplikasi ini dapat digunakan pada semua HP android dan tidak perlu melakukan root terlebih dahulu untuk bisa memakainya
  • Gravity Screen, aplikasi yang berjalan dengan sensor sentuh ke HP Android dan bisa dimodifikasi agar dapat menjadikan HP menjalankan mode Reboot
  • Power Button to Volume Button, aplikasi ini secara prinsip hanya memindahkan fungsi tombol Power ke tombol volume sehingga bisa menjadi cara alternatif untuk Reboot atau Restart
  • Fast Reboot Pro, bukan hanya Reboot saja yang bisa dilakukan aplikasi ini namun juga menjadwalkan Restart pada HP Android secara mudah sehingga lebih praktis bagi penggunanya

Dengan cara yang disebutkan di atas, ada alternatif untuk dapat kamu manfaatkan dalam melakukan Restart atau Reboot HP android. Dua pilihan cara (Restart) Reboot HP Android di atas akan mempermudah kamu yang mengalami masalah pada tombol Power baik rusak maupun bermasalah.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya: