Cara Sholat Lailatul Qadar yang Benar Sesuai dengan Sunah

Sholat Lailatul Qadar adalah salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan dilakukan di bulan Ramadan, terutama pada 10 malam terakhir bulan Ramadan.

1 Fashion murah

Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa dan diberkahi, di mana amal ibadah di malam tersebut memiliki nilai pahala yang sangat besar.

fashion muslim murah

Di artikel ini kamu akan menemukan panduan lengkap cara sholat Lailatul Qadar yang baik dan benar sesuai dengan sunah Rasulullah SW.

Apa Itu Sholat Lailatul Qadar?

Sholat Lailatul Qadar adalah salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan dilakukan di bulan Ramadan, terutama pada 10 malam terakhir bulan Ramadan.

Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa dan diberkahi, di mana amal ibadah di malam tersebut memiliki nilai pahala yang sangat besar.

Sholat Lailatul Qadar dianggap sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan, seperti yang disebutkan dalam Al-Quran: “Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.” (QS. Al-Qadr: 3)

1 Fashion murah

Sholat Lailatul Qadar tidak memiliki tata cara sholat yang khusus, melainkan dilakukan seperti sholat sunnah pada umumnya.

Biasanya, sholat Lailatul Qadar dilakukan dalam bentuk dua rakaat, dengan bacaan-bacaan Al-Quran yang dipilih secara bebas.

Sholat ini dianjurkan dilakukan dengan khusyuk, penuh khushu’, dan dengan niat yang ikhlas hanya untuk mengharapkan keridhaan Allah SWT.

Sholat Lailatul Qadar memiliki keutamaan yang sangat besar, di antaranya pahala ibadah di malam Lailatul Qadar lebih baik dari ibadah seribu bulan.

Oleh karena itu, banyak umat Muslim yang bersemangat untuk melaksanakan sholat Lailatul Qadar di 10 malam terakhir bulan Ramadan, terutama pada malam ganjil seperti malam ke-21, 23, 25, 27, atau 29.

Namun, karena Lailatul Qadar tidak diketahui secara pasti pada tanggal yang mana, disarankan untuk melaksanakan sholat Lailatul Qadar di setiap malam 10 terakhir bulan Ramadan sebagai bentuk usaha untuk mendapatkan keberkahan di malam yang istimewa ini.

1 Fashion murah

Sholat Lailatul Qadar merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dan diharapkan dapat memberikan pahala, ampunan, dan keberkahan bagi umat Muslim yang melaksanakannya dengan penuh keikhlasan dan khusyuk.

Cara Sholat Lailatul Qadar yang Benar

Berikut adalah tata cara sholat Lailatul Qadar secara lengkap:

  1. Niat Sebelum memulai sholat, niatkan dalam hati untuk melaksanakan sholat Lailatul Qadar. Niat harus ikhlas hanya untuk mengharapkan keridhaan Allah SWT.
  2. Wudhu Bersihkan diri dengan melakukan wudhu atau bersuci seperti biasa sebelum sholat. Pastikan wudhu dilakukan secara sempurna.
  3. Bacaan Niat Sholat Lailatul Qadar Setelah wudhu, bacakan niat sholat Lailatul Qadar dalam hati atau dengan lisan, misalnya: “Ushalli sunnatan Lailatul Qadari raka’ataini lillahi ta’ala” yang artinya “Aku berniat melaksanakan sholat sunnah Lailatul Qadar dua rakaat karena Allah Ta’ala”.
  4. Sholat Lailatul Qadar Mulailah sholat Lailatul Qadar dengan melaksanakan dua rakaat, seperti sholat sunnah pada umumnya. Berikut adalah rinciannya:
  • Rakaat Pertama: a. Membaca takbiratul ihram (Allahu Akbar) untuk memulai sholat. b. Membaca surat Al-Fatihah. c. Membaca surat pendek atau panjang dari Al-Quran, seperti surat Al-Qadr (Surat ke-97) atau surat Al-Ikhlas (Surat ke-112). d. Ruku’ dan sujud seperti dalam sholat biasa, dengan khusyuk dan penuh khushu’.
  • Rakaat Kedua: a. Setelah sujud kedua, duduk di antara dua sujud, kemudian membaca tasyahhud akhir. b. Membaca salawat kepada Nabi Muhammad SAW (misalnya: Allahumma sholli ‘ala Muhammad). c. Mengucapkan salam untuk mengakhiri sholat.
  1. Bacaan Doa Lailatul Qadar Setelah selesai sholat, dianjurkan untuk berdoa dengan doa khusus untuk Lailatul Qadar. Salah satu doa yang bisa dibaca adalah:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

“Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf dan suka memberi ampunan, maka ampunilah dosaku”.

  1. Dzikir dan Ibadah Lain Setelah sholat, bisa dilanjutkan dengan berdzikir, membaca Al-Quran, mengingat Allah, dan beribadah lainnya dalam malam Lailatul Qadar. Banyak ibadah yang dianjurkan dilakukan di malam ini, seperti berdoa, bersedekah, membaca Al-Quran, beristighfar (memohon ampunan), berzikir, dan melakukan amal sholeh lainnya. Sebaiknya mengisi malam Lailatul Qadar dengan amal ibadah yang penuh keikhlasan dan khusyuk, serta mengharapkan pahala dan keberkahan dari Allah SWT.
  2. Keutamaan Sholat Lailatul Qadar Sholat Lailatul Qadar memiliki keutamaan yang sangat besar, di antaranya:
  3. Pahala ibadah di malam Lailatul Qadar lebih baik dari ibadah seribu bulan.
  4. Sholat Lailatul Qadar dapat menghapuskan dosa-dosa yang telah lalu.
  5. Sholat Lailatul Qadar dapat menjadi sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan ampunan-Nya.
  6. Sholat Lailatul Qadar dapat menjadi pintu untuk meraih berbagai keberkahan dan kebaikan dalam hidup.

Itulah tata cara sholat Lailatul Qadar secara lengkap. Semoga kita semua bisa menjalankan ibadah ini dengan khusyuk dan mendapatkan pahala serta keberkahan dari Allah SWT. Amin.

1 Fashion murah

Doa Sholat Lailatul Qadar

Berikut adalah contoh doa setelah sholat Lailatul Qadar yang bisa Anda gunakan:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allahumma innaka ‘afuwwun karimun tuhibb al-‘afwa fa’fu ‘anni.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Pemurah, Engkau mencintai keampunan, maka ampunilah dosa-dosaku.”

اللَّهُمَّ إِنَّكَ كُنْتَ عَفُوًّا تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي وَتَقَبَّلْ تَوْبَتِي وَطَاعَتِي وَتَقَبَّلْ عِبَادَتِي وَصِيَامِي وَقِيَامِي وَسَجَدَتِي وَرُكُوعِي وَسُجُودِي وَدُعَائِي وَنَوَافِلِي وَصَدَقَاتِي يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

1 Fashion murah

Allahumma innaka kunt ‘afuwwan tuhibbu al-‘afwa fa’fu ‘anni wa taqabbal tawbati wa taqabbal ta’ati wa taqabbal ‘ibadati wa siyamī wa qiyāmī wa sajadatī wa ruku’ī wa sujūdī wa du’ā’ī wa nawāfilī wa ṣadaqātī, yā arhamar rāhimīn.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, Engkau mencintai keampunan, maka ampunilah dosa-dosaku, terimalah taubatku, terimalah ketaatanku, terimalah ibadahku, terimalah puasa, sholat, sujud, ruku’, serta doa, sunnah, dan sedekahku. Wahai Yang Maha Pengasih di antara yang pengasih.”

Semoga doa ini menjadi sarana untuk kita mendapatkan ampunan dan keridhaan Allah SWT setelah melaksanakan sholat Lailatul Qadar. Amin.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu