Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BRI Di ATM BRI Dan Biayanya

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BRI di ATM BRI dan Biayanya

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BRI di ATM BRI dan Biayanya

Cara tarik tunai kartu kredit BRI ternyata sangat mudah dan bisa dilakukan melalui ATM di seluruh Indonesia. Bagi yang butuh dana darurat daripada membuat pengajuan kredit di aplikasi dan menambah cicilan lebih baik cairkan limit kartu kredit.

Untuk prosesnya cukup mudah, pahami semua syarat, cara tarik tunai, kendala, hingga biaya admin tarik tunainya.

Syarat Tarik Tunai Kartu Kredit BRI

Mencairkan limit kartu kredit benar-benar solusi menguntungkan ketika dalam kondisi darurat. Apalagi cara tarik tunai kartu kredit BRI sangat mudah dan bisa diselesaikan dalam hitungan menit.

Sebelumnya, kamu sudah tahu belum kalau tarik tunai kartu kredit ada persyaratannya? Berikut ini persyaratan tarik tunai limit agar berhasil.  

1. Pengguna Tidak Boleh Mencairkan Semua Limit

Syarat pertama yang harus kamu pahami sebelum tarik tunai limit kartu kredit adalah tidak boleh mencairkan semua limit. Aturan dari bank BRI, cashout atau tarik tunai maksimal 60% dari limit.

2. Dilarang Melakukan Gestun

Gestun atau gesek tunai adalah tindakan tarik tunai kartu kredit di merchant seperti BRILink maupun jasa gestun. Tindakan tersebut dilarang demi keamanan data nasabah. Jika ketahuan melakukan gesek tunai dengan EDC biasanya akan kena sanksi.

3. Tarik Tunai Hanya Boleh di ATM

Kamu dapat melakukan tarik tunai hanya di mesin ATM BRI tidak boleh di mesin ATM Link bersama. Sebelum cashout, kamu harus memastikan mesin yang dituju sudah kompatibel untuk digunakan mencairkan limit kredit.

4. Nominal Penarikan Sesuai Jenis Uang yang Didukung Mesin

Kalau mesin yang kamu pilih bisa menarik dengan kelipatan Rp 100.000, maka penarikan boleh dilakukan mulai dari 100 ribuan.

5. Periksa Limit Kredit Masih Ada

Sebelum penarikan, kamu harus memeriksa limit kartu kredit untuk memastikan masih bisa tarik tunai atau tidak.

6. Kartu Kredit BRI Masih Aktif

Cashout dapat dilakukan bila masa aktif kartu masih berlaku. Kamu dapat melihat masa aktif kartu di bagian belakang kartu.

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BRI di ATM

Kalau sudah memahami persyaratannya, ikuti cara tarik tunai kartu kredit BRI berikut agar segera mendapatkan uang tunai.

  1. Kunjungi mesin ATM terdekat
  2. Masukkan kartu ke mesin ATM
  3. Tekan tombol di bagian “transaksi”
  4. Tekan tombol angka untuk memasukkan PIN
  5. Selanjutnya, tekan tombol di bagian menu “cash advance”
  6. Tekan tombol “tunai” dan tentukan jumlah uang yang akan ditarik
  7. Di bagian percetakan struk, tekan “ya” atau “tidak” sesuai keinginan
  8. Tunggu 1 menit hingga uang keluar dari mesin
  9. Periksa jumlah uang yang diterima
  10. Tunggu kartu keluar dari mesin ATM

Kendala Tarik Tunai Kartu Kredit BRI

Adakah kendala saat nasabah mau mencairkan limit kredit BRI? Kendala pasti selalu ada, berikut ini beberapa kendala yang biasa terjadi.

1. Kartu Belum Aktif

Walaupun cara tarik tunai kartu kredit BRI sangat simpel, cashout pasti gagal kalau kartu belum aktif, lalu bagaimana cara mengatasinya? Caranya sangat mudah, kamu dapat menghubungi call center resmi BRI 1407-1500017.

2. Lupa PIN

Kendala lainnya biasanya belum ada PIN atau lupa, kamu bisa mengatasi kendala dengan melakukan permintaan PIN melalui SMS ke 3300.

Format kirim SMS (PIN_KK_6 nomor pertama kartu kredit# 4 nomor terakhir kartu kredit# Tanggal lahir pemilik). Contoh format SMS PIN KK_234567#1234#1510187.

3. Mesin ATM Kosong

Kalau di wilayah kamu belum terlalu banyak mesin ATM BRI, ada kemungkinan uang di dalam mesin cepat habis. Hal ini biasa terjadi ketika mau transaksi di wilayah terpencil. Kamu bisa kembali lagi setelah mesin ATM di isi uang oleh petugas bank.

4. Kartu Telah Diblokir

Menunggak pembayaran cicilan bisa menyebabkan kartu kamu diblokir pihak bank sehingga tidak bisa digunakan lagi. Lunasi cicilan tepat waktu untuk meningkatkan limit dan kemudahan lainnya.

Biaya Admin Tarik Tunai Kartu Kredit BRI

Adakah biaya admin setiap kali penarikan limit kredit bank BRI? Tentu saja ada, dilansir dari situs kartukredit.bri.co.id, biaya administrasi setiap penarikan limit kredit BRI senilai 1,99% dari nominal penarikan.

FAQ: Pertanyaan Seputar Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BRI

Di mana Saja Bisa Tarik Tunai Kartu Kredit BRI?

Kamu hanya bisa melakukan tarik tunai melalui mesin ATM BRI seluruh Indonesia yang berlogo Visa dan Mastercard.

Bisakah Melakukan Tarik Tunai Lebih Dari 1X?

Bisa, selama limit masih tersedia dan jangan dihabiskan semua. Kalau mau tarik tunai ulang, kamu dapat mengulanginya dengan memasukkan kembali kartu ke mesin ATM.

Apa Untungnya Tarik Tunai Kartu Kredit di ATM?

Terdapat cashback 1% setiap kali pengguna kartu kredit BRI Easy Card melakukan tarik tunai di ATM

Berapa Limit Kartu Kredit BRI?

Nilai limit dibedakan berdasarkan jenis kartu yang dipilih, rata-ratanya mulai dari Rp 3.000.000 – Rp 999.999.999.

Bagaimana Cara Membuat Kartu Kredit BRI?

Kamu bisa daftar di kantor cabang atau daftar secara online. Setelah mengisi formulir aplikasi kartu kredit, pengajuan akan diterima.

Ada Berapa Jenis Kartu Kredit BRI?

Ada 8 jenis di antaranya Easy Card, BRI Touch, Mastercard Platinum, JCB Platinum, Wonderful Indonesia, World Access, Visa Infinite, dan Bussiness Card.

Content writer teknologi yang sudah mulai menulis sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini. Jangan lupa share!

Artikel Menarik Lainnya: