Contoh Adaptasi Tingkah Laku Pada Hewan Dan Tumbuhan

Contoh Adaptasi Tingkah Laku Pada Hewan dan Tumbuhan

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Salah satu cara mempertahankan kelangsungan hidup yaitu dengan mampu beradaptasi, Karena adaptasi merupakan perilaku yang mampu menyesuaikan dengan lingkungan. Selain itu dalam IPA terdapat beberapa jenis adaptasi dan salah satu nya contoh adaptasi tingkah laku.

Untuk itu dalam pembahasan Media Mustakim kali ini kita akan mempelajari mater yang sangat menarik, yaitu pembahasan berfokus tentang adaptasi tingkah laku saja baik pada mahluk hidup maupun, maupun tumbuhan berikut penjelasannya. Untuk itu simak pembahasan-nya hingga akhir.

Pengertian Adaptasi

Sebelum masuk pada pembahasan inti maka langkah yang pertama yang harus kamu pahami adalah mengenai pengertian adaptasi, agar apa yang kita bahas akan sangat mudah dipahami. Dan berikut pengertian yang kami ambil dari sumber terpercaya.

Seperti di kutip dari id.wikipedia.org Adaptasi adalah cara organisme dalam mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya untuk bertahan hidup. Dan makhluk hidup yang mampu melakukan adaptasi tentunya akan mampu mendapatkan air, udara, dan nutrisi.

Sementara dikutip dari bola.com Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungannya dalam bentuk tindakan. Adaptasi tingkah laku berhubungan dengan tindakan mahluk hidup guna melindungi diri dari serangan pemangsa.

Tujuan Adaptasi Tingkah Laku

Jika kita perhatikan dari penjelasan pengertian diatas sebenarnya sudah mewakili untuk menjawab dari tujuan makhluk hidup melakukan adaptasi tingkah laku. Namun agar lebih detail pembahasan-nya berikut ini tujuan dari adaptasi tingkah laku baik pada hewan maupun lingkungan

1. Pada Hewan

Adaptasi merupakan cara mahluk hidup untuk menjaga atau melestarikan gen nya biak dari serangan pemangsa, cuaca atau lain sebagainya. Dan untuk itu tujuan dari adaptasi tingkah laku pada hewan adalah;

  • Melindungi diri dari serangan musuh dan pemangsa
  • Sebagai upaya untuk memperoleh makanan
  • Menambah keturunan atau berkembang biak

2. Pada Tumbuhan

Selain itu, tujuan dari adaptasi tingkah laku pada tumbuhan adalah untuk mendapatkan makanan, melakukan penyesuaian diri dengan lingkungan, menjaga kelangsungan hidup dan yang paling penting adalah mempertahankan eksistensi spesies di muka bumi

Contoh adaptasi Tingkah Laku

Setelah kamu sedikitnya faham mengenai adaptasi yang telah dijelaskan diatas maka langkah selanjutnya yaitu masuk pada pembahasan pokok mengenai contoh adaptasi tingkah laku baik pada hewan maupun tumbuhan. Berikut dibawah ini contoh nya;

1. Pada Hewan

Untuk contoh adaptasi tingkah laku yang pertama yaitu adaptasi pada hewan. Dan hewan memiliki banyak cara untuk melakukan adaptasi tingkah laku, hal ini bertujuan tentunya untuk mempertahankan kelangsungan hidup.

Dan diantara adaptasi tingkah laku pada hewan adalah sebagai berikut ini;

1.1 Mimikri

Diantara hewan yang mampu melakukan adaptasi mimikri dengan baik adalah bunglon. Bunglon mampu mengelabui musuhnya dengan mengubah warna kulitnya. Jika berada di dedaunan, warna kulit bunglon menjadi hijau. jika di tanah maka akan seperti tanah kulit bunglon-nya.

Dengan mampu melakukan perubahan tersebut maka sangat banyak sekali manfaat yang di dapat dari mimikri tersebut, tentunya untuk bertahan hidup dari para pemangsa.

1.2 Autotomi

Adaptasi tingkah laku yang kedua yaitu hewan yang melakukan autotomi salah satunya cecak, hewan ini mampu memutuskan ekornya untuk mengelabui musuhnya. Pasti kamu tentunya pernah melihat ketika di pegang ekornya, ekor cecak tiba – tiba putus.

Dan bukan hanya putus ekor cecak tersebut mampu melakukan pergerakan seolah dirinya yang bergerak gerak sehingga cecak bisa bebas dan ekor nya lah yang di kejar – kejar

1.3 Hibernas

Adaptasi tingkah laku pada hewan selanjutnya yaitu adaptasi Hibernas, Yaitu hewan yang mampu beradaptasi saat perubahan musim yaitu musim dingin, dimana musim ini merupakan musim yang sangat sulit bagi hewan.

Banyak sekali hewan yang tidak mampu bertahan hidup, ada juga yang tetap mencari makanan, namun perlu kamu ketahui bahwa ada hewan yang mampu bertahan hidup dengan terlelap dalam suatu tidur khusus yang dinamakan hibernas.

Hewan yang mampu melakukan hibernas ini memiliki ciri – ciri khusus yaitu suhu tubuh rendah, serta detak jantung dan pernapasan sangat lambat. tujuannya untuk menghindari cuaca yang sangat dingin, kekurangan makanan, dan menghemat energi. contoh hewannya yaitu;

  • ular
  • kura – kura
  • Ikan
  • dan bengkarung yang tetap tinggal di sarangnya selama musim dingin

1.4 Estivasi

Di sebagian dunia cuaca yang paling buruk adalah cuaca pada musim panas. Tentunya pada musim panas, udaranya sangat panas dan kering. Dan beberapa hewan bergerak bergerak mencari tempat berlindung dan tidur. Tidur di musim panas di sebut dengan estivasi.

Tujuan melakukan estivasi yaitu untuk menghindari panas yang tinggi dan kekurangan air. Hewan yang mampu melakukannya yaitu Lemur kerdil, kelalawar, dan beberapa tupai.

1.4 Rayap

Contoh adaptasi tingkah laku selanjutnya yaitu rayap. Rayap adalah golongan serangga penghancur kayu. Dan tahukah kamu kenapa rayap begitu kuat mencerna kayu? Padahal rayap tidak memiliki enzim yang dapat mencerna kayu.

Nah dalam hal ini ternyata di dalam tubuh rayap tepatnya di usus nya terdapat hewan flagellata yang mampu mencerna kayu. Dan hewan ini dapat menghasilkan enzim selulosa yang dapat mencerna kayu. Secara periodik, rayap mengalami pengelupasan kulit.

Pada saat kulit mengelupas, usus bagian belakang ikut terkelupas flagellata turut terbawa oleh usus. Untuk mendapatkan kembali flagellata tersebut, rayap biasanya memakan kembali kelupasan kulitnya. Berbeda dengan rayap dewasa, rayap yang baru suka menjilati dubur rayap dewasa untuk mendapatkan flagellata.

2. Pada Tumbuhan

Contoh adaptasi pada tumbuhan bisa kamu lihat pada contoh tumbuhan jati yang menggugurkan daun-nya setiap kali musim kemarau. jati melakukannya untuk mengurangi penguapan sehingga jati tetap bisa hidup walau dalam kondisi tanah yang mengalami kekeringan.

Kesimpulan

Demikian uraian yang dapat media Mustakim sampaikan, mengenai contoh adaptasi tingkah laku. Dari penjelasannya maka dapat disimpulkan bahwa;

  • Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian untuk bertahan hidup dengan tingkah laku
  • Tujuan dari adaptasi yaitu; untuk bisa bertahan hidup, berkembang biak, menghidari serangan musuh
  • Contoh adaptasi untuk hewan diantaranya; Mimikri, Autotomi,Hibernas, Estivasi, dan rayap. Sementara untuk tumbuhan daun yang gugur

Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat untuk kamu semua akhir kata kami ucap terimakasih.

Seorang guru di pelosok Garut yang punya hobi menulis dan coba menuangkannya ke dalam blog. Terimakasih sudah membaca artikel dan tulisan sederhana saya di sini.

Artikel Menarik Lainnya: