9 Contoh Alat Musik Pukul Beserta Penjelasannya

Contoh alat musik pukul yang sudah terkenal di Indonesia, baik dari produk lokal Indonesia hingga produk alat musik pukul luar negeri pun akan sangat mudah di temukan. Karena jika berbicara tentang musik jarang sekali orang tidak menyukainya.

1 Fashion murah

Namun pembahasan Media Mustakim kali ini akan fokus membahas mengenai beberapa contoh alat musik yang dimaukan dengan cara di pukul. Untuk itu mungin diantara kamu akan penasaran alat apa saja, maka silahkan kamu tinggal baca penjelasannya pada artikel ini.

fashion muslim murah

Alat Musik Pukul

Kamu pasti akan mengetahui bahwa alat musik yang yang digunakan dengan cara di pukul merupakan alat musik yang tergolong pada alat musik perkusi. Yaitu pada dasarnya benda apapun yang dapat menghasilkan suara baik karena di Pukul, di gosok, di kocok atau dengan cara lain.

Dan memang jenis alat musik ini juga bukan hanya bisa digunakan jadi pengiring musik saja, bisa juga nenerapa alat yang di pukul ini menjadi melodi. karena dalam musik alat pukul memang pada dasarnya ada yang ber Nada dan tidak ber Nada.

pastinya kamu akan banyak mengetahui jika alat musik dimaikan decara bersamaan dan dengan irama yang teratus akan menghasilkan sebuah musik yang harmonis. Dengan irama dan nada yang begitu Indah. Lalu apa saja alat musik Pukul yang bisa dimainkan?

Contoh Alat Musik Pukul

Untuk kamu yang penasaran mengenai beberapa alat musik yang dimaikan dengan cara di pukul, maka dibawah ini tentnya sudah tidak asing lagi bisa kamu temukan alat – alat musik nya, dan di antara alat musik yang bisa dimainkan dengan di pukul diantaranya:

1 Fashion murah

1. Gendang

pasti kamu semua akan tidak asing jika mendengar alat musik gendang. Namun tahukan kamu bahwa alat musik gendang memang populer di indonesia sebagai pengiring musik khas musik – musik yang ada di Indonesia seperti Dangdut, Lagu – lagu sunda dan lagu – lagu launnya.

Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan telapak tangan. tentunya dengan menggunakan tangan yang terampil dan terlatih akan menghasilkan sebuah nada musik yang sangat enak didengar.

Dan Kendang atau gendang ini dangat mudah di temukan di Indonesia, kamu bisa menemukan alat musik ini seperti di daerah Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan daerah lainnya terutama di wilayah Indonesia. Karena alat musik yang satu ini populer bisa mengiringi musik dengan berbagai genre.

2. Rebana

Yang kedua alat musik rebana, alat musik ini juga dimaikan dengan cara dipukul. Bentuk bentuk remaba memang berbeda beda dari ukuran terkecil hingga ukuran yang besar, dan semuanya memiliki metode pukul yang berbeda beda hal ini agar menghasilkan irama nada yang indah.

Biasanya rebana ini dimainkan untuk lagu lagu islam sebagai pengiring. Dan hingga saat ini masih banyak sekali yang menggunakan rebana sebagai pengiring musik. Maka tidak akan sulit jika kamu menginginkan alat musik pukul ini.

3. Marawis

Selain rebana, yang cukup populer di Indonesia sebagai pengiring lagu islami yaitu marawis. dan memang alat musik ini merupakan alat musik perkusi. terbuat dari kulit kambing kayu cempaka dan rotan sebagai pengikat. Dan marawis ini sebagai alat musik yang dimaikan dalam tarian zapin.

1 Fashion murah

Alat musik ini memang di baikan sekitar sepuluh orang atau lebih dan memaang kental dengan lagu – lagu religi, maka akan cocok digunakan untuk acara keagamaan.

4. Bonang Minang/ Telempong

Alat musik yang satu ini terbuat dari campuran tembaga, timah putih dan besi putih. Alat musik ini dimainkan dengan cara dioukul mnggunakan stik atau alat pukul berbahan dasar kayu. Bentuknya hampir sama dengan instrumen bonang.

Alat musik ini sering digunakan atau tampil pada acara setiap upacara adat Minangkabau yaitu sebagai bentuk musik mengiring.

5. Kolintang

Alat musik selanjutnya yaitu kolintang, kolintang ini berasal dari minahasa atau sulawesi Utara. Alat musik Kolintang ini terbuat dari bilah – bilah kayu yang disusun berderet dan dipasang diatas sebuah bak katu.

Bahan dasar yang dibuta memang sama yaitu dari kayu, namun meski demikian alat musik ini saat dipukul akan menghasilkan bunyi atau nada yang memiliki irama masing masing. sehingga membentuk suara yang harmonis jika di mainkan.

Kolintang biasanya dimainkan secara ansambel. Kolintang merupakan salah satu alat musik tradisional yang cukup terkenal di masyaratakan Minahasa dan sering digunakan untuk mengiringi upacara adat, pertunjukan tari, pengiring nyanyian, bahkan pertunjukan musik.

1 Fashion murah

6. Tifa

Tifa ini merupakan alat musik Indonesia bagian Timur, yaitu khususnya wilayah Maluku dan Papua. Alat musik ini terbuat dari kayu yang juga kulit rusa. Dan bentuknya hampir menyerupai gendang. Alat musik yang satu ini merupakan alat musik yang sering di gunakan dalam mengringi tarian perang dan beberapa tarian daaerah.

7. Kemplung

Kempul merupakan alat musik yang mirip seperti Gong, hanya saja ukurannya yang berbeda karena diameter kempul yang terbesar hanya 50cm. Sementara gong hingga mencapai 100 cm atau lebih. alat musik ini terbuat dari timah dan tembaga. Dan merupakan salah satu instrumen gamelan.

8. Calung

Alat musik calung berasal dari daerah banyumas. Alat musik ini terbuat dari bahan dasar mambu, daan tentunya alat musik ini dimainkan dengan cara di pukul dibagian ruas bambu yang telah disusun sedemikian rupa berdasarkan tangga nada dalam calung

9. Kajon

Terakhir kajon yaitu merupakan alat musik modern sebagai alat musik akustik, dan difungsikan sebagai penggati drum. Alat musik ini memang populer di Indonesia karena dari bentuknya yang simpel dan juga cara memainkannya pun cukup simpel.

FAQ | Contoh Alat Musik Pukul

Kenapa yang di maksud dengan alat musik perkusi?

Perkusi pada dasarnya merupakan sebuah hbenda apapun yang dapat menghasilkan suara baik karena di pukul, di gosok, di kocok, atau dengan cara lain yang bertujuan menghasilkan Nada.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya: