14 Contoh Aturan di rumah untuk Anak SD

Disiplin tak hanya dilakukan di sekolah, tapi harus dilakukan di rumah. Apa saja contoh aturan di rumah? Salah satu yang sederhana adalah membereskan kamar tidur sendiri. Jika terus diterapkan, aturan-aturan sederhana akan membuat si kecil menjadi anak yang disiplin.

Mengajarkan disiplin pada anak tidak perlu dengan marah-marah. Kamu dapat mencontohnya agar ditiru oleh anak, hal ini harus diajarkan sejak dini agar mudah diterapkan saat sudah dewasa.

Contoh Aturan Di Rumah untuk Anak SD Kelas 2

Berikut ini beberapa contoh aturan di rumah untuk anak kelas 2 SD yang dapat kamu terapkan dari sekarang.

1. Jam Tidur

Contoh aturan di rumah paling sederhana yang wajib diterapkan dari sekarang adalah mengatur jam tidur yang teratur untuk anak. Jangan biarkan anak terlalu lama menggunakan gadget sebelum tidur dan mulai ajak anak untuk bercerita sebelum tidur.

Ajak si kecil berbicara mengenai kesehariannya dan pengalaman hari ini hingga anak mengantuk. Tidur yang teratur akan membuat si kecil lebih sehat dan fokus saat belajar.

Setelah mengerjakan PR dan sholat Isya, anak harus sudah tidur. Jam tidur paling lambat untuk anak kelas 2 SD maksimal jam 20:30 WIB.

2. Kebersihan Diri

Selain menerapkan aturan jam tidur, orang tua juga harus mengajarkan kebersihan diri kepada si kecil. Kebersihan diri dapat dimulai dari mencuci tangan setelah bermain, mencuci tangan sebelum makan, menyiram toilet setelah digunakan, dll.

Mengajarkan kebersihan kepada si kecil akan membuatnya lebih sehat karena terhindar dari kuman. Selain mencuci tangan, anak juga harus diingatkan untuk menggunting kuku supaya tidak ada kotoran tertinggal pada kuku dan lebih rapi saat kuku sudah dipotong.

3. Disiplin Mengerjakan Tugas Sekolah

Setiap pulang sekolah, ajak anak berkomunikasi untuk menanyakan ada tugas sekolah atau tidak. Selain itu, kamu juga dapat menanyakan kesulitan apa saja yang dihadapi selama di sekolah. Dengan menjadi orang tua yang perhatian, anak akan lebih terbuka dan nurut dengan aturan.

Kamu bisa menetapkan waktu tertentu untuk mengerjakan tugas. Hal ini akan mengajarkan pada anak agar tidak menunda-nunda pekerjaan dan efektivitas-nya pada kehidupan mendatang.

4. Membereskan Mainan

Contoh aturan di rumah yang bisa kamu terapkan dari sekarang adalah membereskan mainan. Ajarkan anak untuk membereskan sendiri mainannya sejak masih masih agar menjadi anak yang bertanggung jawab.

Kamu dapat mencontohnya tanpa harus membentak agar anak menurut. Dengan menerapkan aturan ini, akan menjadikan anak lebih teratur dan menjaga kerapihan rumah.

5. Hormat Kepada Sesama dan Orang yang Lebih Tua

Selanjutnya mengajarkan anak agar selalu sopan serta menghormati orang yang lebih tua baik itu orang tua, saudara, maupun orang sekitar. Hal ini dapat kamu ajarkan dengan selalu bertutur kata yang sopan di depan orang lain.

6. Mengatur Waktu Menonton TV dan Handphone

Mengatur waktu bermain gadget serta mencontoh televisi juga salah satu contoh aturan di rumah yang wajib diterapkan kepada anak. Jangan biarkan anak kecanduan gadget hingga lupa dengan kewajibannya sebagai siswa sekolah.

Coba atur waktu kapan boleh menonton TV dan bermain gadget. Dalam sehari bisa diberi waktu untuk bermain gadget 1-2 jam selebihnya untuk bermain dengan orang lain supaya bersosialisasi.

7. Mengajarkan Anak Membuang Sampah Bekas Makanan Sendiri

Menjaga kebersihan tak hanya mencuci tangan sebelum makan, tapi ajarkan anak agar membuang sampah bekas cemilannya sendiri. Ketika anak makan snack di rumah, tetapkan aturan kalau sampahnya harus dibuang sendiri ke tempat sampah.

8. Ajak Anak Membantu Tugas Rumah Tangga

Contoh aturan di rumah lainnya adalah mengajak anak membantu tugas ibu atau ayah di rumah. Hal-hal sederhana seperti membersihkan meja makan bekas makan sendiri, mencuci piring bekas makan, hingga menyimpan piring kotor bekas makan.

9.  Menerapkan Aturan Agar Selalu Mengucap Kata “Tolong” dan “Terima Kasih”

Aturan sederhana tapi sangat bermakna yang harus diajarkan kepada si kecil adalah selalu mengucapkan kata tolong dan terima kasih. Kalau terus-terusan diterapkan oleh ibu, anak akan mencontoh dan melakukannya.

Setiap membutuhkan bantuan, anak akan mengucapkan kata tolong dan setiap diberi bantuan akan mengucapkan terima kasih.

10. Mengajarkan Anak Agar Menghargai Waktu atau Privasi Orang Lain

Salah satu hal sederhana tapi pengaruhnya sangat penting yakni mengajarkan anak agar selalu menghargai waktu dan privasi orang lain. Contohnya saat ayah sedang beristirahat jangan biarkan anak mengganggunya.

11. Beri Waktu Agar Anak Bermain Di luar Rumah

Contoh aturan di rumah lainnya adalah memberi waktu untuk si kecil bermain dengan teman-temannya agar menjadi anak yang aktif dan percaya diri.

12. Menghargai Aturan

Salah satu contoh lainnya adalah menghargai aturan yang telah ditetapkan. Pentingnya selalu menghormati serta menjaga aturan, mengikuti jadwal jam tidur, sekolah, dll. Dengan begitu anak akan menjadi pribadi yang selalu menghormati waktu.

13. Menghormati Waktu Bersama Keluarga

Aturan lainnya yang harus dipahami si kecil adalah waktu bersama keluarga supaya tidak terlalu lama bermain di luar dan di sekolah. Orang tua juga harus mengatur waktu untuk berkumpul minimal 1 minggu sekali bermain bersama dengan keluarga.

14. Mengikuti Aturan Keselamatan

Contoh aturan di rumah lainnya adalah mengajarkan anak tentang tanda bahaya seperti jangan menyalakan kompor kalau belum bisa mematikannya. Selain itu, jangan mendekati air panas, memperkenalkan benda tajam, dan lain-lain.

Akhir Kata

Ada banyak contoh aturan di rumah yang dapat diterapkan dengan sangat mudah untuk membentuk karakter anak sejak dini.

Artikel Menarik Lainnya: