Contoh Bacaan Ikhfa Haqiqi Beserta Contoh Ayatnya

Mempelajari ilmu tajwid untuk fasih dalam membaca Al-qur’an merupakan kewajian bagi para pembaca agar tidak salah untuk makna dan arti dari bunyi ayat al-qur’an itu sendiri, Dan memang banyak sekali yang harus di pelajari dalam Al-qur’an untuk ilmu tajwid.

Salah satu contoh bacaan ikhfa haqiqi yang memiliki bunyi dan huruf tersendiri didalam huruf hijaiyah. Untuk itu buat kamu yang akan mempelajari ilmu tajwid tentang ikhfa hakiki media Mustakim akan membahas nya pada artikel ini. Yu kita pelajari bareng bareng!

Pengertian Ikhfa Haqiqi

Sebelum masuk pada pembahasan inti mengenai contoh dari ikhfa haqiqi, maka pembahasan yang utama harus kamu pahami mengenai pengertian dari ikhfa itu sendiri. yang diambil dari referensi terpercaya.

Seperti diambil dari mediaindonesia.com ikhfa artinya samar atau tersembunyi. Sementara menurut istilah ikhfa adalah salah satu hukum tajwid yang bacaannya berbeda di antara izhar dan idzgom. dan terjadinya hukum karena nun mati atau tanwin bertemu huruf ikhfa.

Huruf – huruf yang termasuk kedalam huruf ikhfa yaitu Ta’. Tsa’, Jim, Dal, Dzal, Zay, Sin, Syin, Sod, Dhod, Tha’, Zha, Fa’ Qof, Kaf. Nah huruf huruf tersebut masuk hukum ikhfa apabila sebelum huruf tersebut bertemu nun sukun atau tanwin.

Huruf Ikhfa Haqiqi

Nah agar lebih mudah mengenai dan menghafal huruf ikhfa atau hukum bacaan yang termasuk pada hukum ikhfa, maka huruf hijaiyah berjumlah 28 dan semua huruf memiliki hukum bacaan nun sukun dan tanwin. Dalam aturannya menjadi 4 hukum yaitu idhar, idzgom, iklab dan ikhfa.

Namun untuk huruf ikhfa memiliki jumlah terbanyak yaitu 15 huruf; yang di antaranya Ta’. Tsa’, Jim, Dal, Dzal, Zay, Sin, Syin, Sod, Dhod, Tha’, Zha, Fa’ Qof, Kaf. Jika huruf arab nya seperti pada gambar dibawah ini.

Contoh Bacaan Ikhfa Haqiqi

Gambar tersebut di ambil dari halaman web. Facebook.com

Cara Membaca Ikhfa Haqiqi

Setelah kamu mengetahui mengenai huruf – huruf yang termasuk pada hukum bacaan ikhfa dan juga penjelasan tentang ikhfa maka selanjutnya yaitu cara baca jika nun mati atau tanwin bertemu dengan huru- huruf tersebut.

Seperti diambil dari halaman orami.co.id, cara membaca dalam menyamarkan ikhfa haqiqi adalah dengan menyamarkan nun mati atau tanwin tersebut, lalu disertai dengan ghunnah atau dengung selama 2 sampai 3 harakat.

Jadi pada intinya hukum bacaan ikhfa haqiqi perlu dilafalkan tidak dalam bunyi huruf hijaiyah yang asli. dan bunyi huruf nya menjadi samar – samar.

Jenis – Jenis Ikhfa Haqiqi

Perlu kamu ketahui dari 15 huruf ikhfa tersebut didalam ilmu tadzwid, ikha haqiqi terbagi menjadi tiga jenis, dan yang membedakan menjadi beberapa jenis karena nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf – huruf dari ikhfa tersebut.

Berikut ini jenis – jenis dari ikhfa haqiqi;

  • Ikhfa haqiqi taqorrub, untuk huruf ikhfa taqorrub yaitu ada 3; ada tha, dal dan Ta. Jadi apabila nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf tersebut maka hukum bacaannya ikhfa taqorrub
  • Ikhfa Haqiqi taqwassuth, huruf ikhfa taqwassuth berjumlah 10, dimana huruf – huruf tersebut diantaranya; fa’, dzha, za’ ahad, dhad, syin, sin, dzal, tsa, dan jim. Artinya jika nun mati atau tanwin bertemu huruf – huruf tersebut, maka hukum bacaannya menjadi ikhfa haqiqi taqwassuth
  • Terakhir Ikhfa haqiqi taba’ud huruf yang termasuk kepada ikhfa haqiqi taba’ud ada 2 yaitu; Kaf dan Qof. artinya jika nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf tersebut maka hukum bacaannya ikhfa haqiqi taba’ud

Mengenai cara baca-nya sama saja yaitu dengan disamarkan.

Contoh Bacaan Ikhfa Haqiqi

Selanjutnya kita akan masuk pada pembahasan inti yaitu mengenai contoh dari bacaan ikhfa haqiqi. Mungkin kamu akan cukup faham setelah kamu membaca penjelasan diatas, dan memang dalam al-qur’an akan banyak sekali menemukan hukum bacaan ikhfa haqiqi.

Namun agar lebih mengenal dan fahan berikut dibawah ini beberapa potongan ayat yang menjadi contoh hukum bacaan ikhfa haqiqi.

1. Contoh ke- 1

Contoh Bacaan Ikhfa Haqiqi

Contoh yang pertama dari potongan ayat di atas merupakan contoh hukum bacaan nun sukun yang bertemu huruf ta di kalimat angtum. jika normal bacaan nya antum. hanya karena menghadapi huruf ta’ maka bacaan menjadi samar yaitu menjadi angtum.

2. Contoh ke-2

Contoh Bacaan Ikhfa Haqiqi

Contoh yang kedua yaitu tanwin kasroh menghadapi huruf sa maka hukum bacaannya menjadi ikhfa dan dibaca samar. Karena biasanya dibaca bikolbin salim. karena menjadi hukum bacaan ikhfa menjadi bikolbing salim.

3. Contoh ke- 3

Contoh Bacaan Ikhfa Haqiqi

Di contoh yang ketiga ini kami ambil potongan ayat dari surat al-baqarah ayat 64. Dan jika di perhatikan dalam ayat ini terdapat beberapa hukum bacaan. Namun untuk hukum bacaan ikhfa haqiqi terdapat pada sebelum akhir ayat di ayat tersebut.

Yaitu pada bunyi bacaan Lakungtum. dimana nun mati menghadapi huruf ta’. jadi dibaca Lakungtum, bukan lakuntum hal ini karena menjadi hukum bacaan nya ikhfa haqiqi.

4. Conotoh ke- 4

Contoh Bacaan Ikhfa Haqiqi

Contoh yang terakhir yaitu pada potongan surat Abasa ayat 8. di dalam ayat tersebut untuk hukum bacaan ikhfa haqiqi nya terdapat pada bunyi huruf mangjaaa a. dibaca samar karena nun sukun menghadapi huruf jim.

Jadi pada intinya untuk jenis huruf ikhfa yang tadi telah di sebutkan tergantung pada huruf yang yang di hadapi oleh tanwi atau nun sukun-nya.

Kesimpulan

Demikian penjelasan yang dapat media mustakim sampaikan mengenai contoh bacaan ikhfa haqiqi. Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa;

  • Ikhfa hakiki adalah hukum bacaan ilmu tajwid yang di baca samar
  • Huruf ikhfa haqiqi ada 15 yaitu; Ta’. Tsa’, Jim, Dal, Dzal, Zay, Sin, Syin, Sod, Dhod, Tha’, Zha, Fa’ Qof, Kaf
  • Cara membaca hukum bacaan ikhfa haqiqi yaitu dengan disamarkan
  • Jenis – jenis ikhfa haqiqi terbagi menjadi tiga diantaranya; Ikhfa haqiqi taqorrub, Ikhfa Haqiqi taqwassuth, Ikhfa haqiqi taba’ud

Semoga penjelasan yang kami sampaikan bermanfaat. Terimakasih

Artikel Menarik Lainnya: