Contoh Buah Majemuk Beserta Gambarnya

Contoh Buah Majemuk Beserta Gambarnya

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Siapa di sini yang suka sekali dengan buah? Saya pikir pasti kalian semua suka karena bukan rasanya saja yang enak tapi memiliki banyak manfaat untuk tubuh loh. Dan ternyata buah ini di bagi-bagi kelompok loh salah satunya ada kelompok buah majemuk.

Bagi kamu yang sedang mencari contoh buah majemuk sebaiknya simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan secara lengkap apa mengenai buah mulai dari manfaat, pengelompokan, bagian-bagian dan sifat-sifatnya.

Buah dan Manfaatnya

Contoh Buah Majemuk Beserta Gambarnya

1. Pengertian Buah

Sebelum beranjak membahas mengenai contoh buah majemuk kamu alangkah baiknya simak terlebih dahulu apa itu buah dan fungsinya yuk, berikut penjelasannya.

Buah adalah bagian tumbuhan yang berkembang dari bunga setelah proses penyerbukan. Biasanya, buah memiliki biji di dalamnya yang berperan sebagai alat reproduksi tumbuhan.

Buah ada dalam berbagai bentuk, ukuran dan rasa dan merupakan sumber makanan yang kaya nutrisi baik untuk manusia atau hewan.

2. Manfaat Buah

Dan berikut beberapa fungsi dari buah yaitu:

2.1 Penyebaran Biji

Membantu menyebar biji tanaman ke lokasi baru melalui hewan yang memakan buah dan kemudian membuang biji di tempat lain.

2.2 Perlindungan Biji

Buah melindungi biji dari gangguan luar seperti cuasa buruk dan hewan pemangsa.

2.3 Nutrisi

Buah memiliki fungsi untuk mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral dan serat yang penting dapat melindungi tumbuhan dari hama dan penyakit.

2.4 Reproduksi tumbuhan

Yaitu buah bagian dari siklus reproduksi tumbuhan, dimulai dari bunga kemudian berkembang menjadi buah setelah penyerbukan.

2.5 Sumber Makanan

Selain itu, adalah sumber makanan yang lezat dan sehat bagi manusia dan berbagai hewan karena membantu manjaga energi dan kesehatan.

2.6 Peran dalam Ekosistem

Buah-buahan menyediakan makanan bagi berbagai hewan dan memainkan peran penting dalam rantai makanan ekosistem.

Pembentukan Buah

Pembentukan buah diawali dengan penyerbukan pada bunga penyerbukan atau polinasi atau polination yang artinya “Serbuk Sari” yaitu jatuhnya serbuk sari dari benang sari ke permukaan putik.

Proses polinasi ada beberapa tanaman yang memerlukan polinators (yang membantu penyerbukan, misalnya manusia, lebah, angin atau burung).

Pengelompokan Buah

Berdasarkan kelompoknya ternyata buah di bagi menjadi 3 kelompok yaitu buah tunggal/sejati, buah agregat, dan buah majemuk. Dan berikut penjelasan lengkapnya.

1. Buah Tunggal/Sejati

Yaitu buah sejati adalah jenis buah yang berasal dari bakal dan biasanya tidak dilindungi oleh bagian lain. beberapa contohnya buah sejati adalah mangga, jeruk, dan rambutan, alpukat dan masih banyak lainnya.

2. Buah Agregat

Yaitu buah yang terbentuk dari beberapa bakal buah yang terpisah dalam satu bunga tunggal seperti contohnya yaitu buah stroberi.

3. Buah Majemuk

Yaitu buah yang terbentuk dari beberapa bakal buah dan biasanya bergabung dengan bunga lain atau lebih dari sari bunga contohnya buah nanas dan nangka.

Contoh Buah Majemuk

Buah majemuk adalah buah hasil perkembangan bunga majemuk dengan demikian buah ini berasal dari banyak bunga dan banyak bakal buah yang tumbuh sedemikian sehingga pada akhirnya seakan-akan menjadi satu buah saja.

Dikenal pula beberapa contoh buah majemuk yang perlu kamu ketahui yaitu:

1. Contoh Buah Majemuk Padi

Contoh Buah Majemuk Beserta Gambarnya

Buah padi majemuk, misalnya jagung (Zea) tongkol jagung sebetulnya berisi deretan buah-buahan jagung, bukan biji jagung.

2. Contoh Buah Majemuk Buah Kurung

Contoh Buah Majemuk Beserta Gambarnya

Kemudian selanjutnya ada contoh buah majemuk buah kurung majemuk misalnya buah bunga matahari (helianthus).

3. Contoh Buah Majemuk Buni

Contoh Buah Majemuk Beserta Gambarnya

Selain itu jenis buah majemuk buni dan contoh buah majemuk jenis ini yaitu seperti nanas.

4. Contoh Buah Majemuk Pandan

Contoh Buah Majemuk Beserta Gambarnya

Terakhir ada Buah batu majemuk contoh buah majemuk jenis ini misalnya buah pandan dan pace.

Nah, setelah kamu memahami beberapa contoh buah majemuk selanjutnua mari kita pelajari apa saja yang menjadi sifat-sifat buah dan berikut penjelasan lengkapnya di bawah ini ya!

Sifat-Sifat Buah

Jika tadi buah menurut kelompoknya maka kita beadakan buah menurut sifatnya dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Buah Berdaging

Sifat buah yang pertama yaitu buah berdaging buah berdaging ini memiliki daging yang lembut dan lunak dan berikut contoh-contohnya:

  • Buah beri, yaitu buah yang memiliki daging buah lembutlunak dan banayk mengandung biji. Contohnya buah jeruk, buah melon dan buah pepaya.
  • Buah Drupa, yaitu buah yang berbiji satu dan bagian kulit dalam (endocarp) keras contohnya buah mangga.
  • Buah Pome, yaitu buah semu berdaging yang bagian tengahnya menyerupai tulang rawan  atau tulang yang lunak contohnya buah apel.

2. Buah Kering

Dan berikut beberapa jenis buah kering dan kebayakan dari buah ini tidak termasuk buah-buahan yang kita maksud, seperti:

  • Buah Achene, yaitu buah berbiji satu, dinding buah dan kulit buah dan kulit biji terpisah contoh biji bunga matahari
  • Buah cariopsis, buah berbiji satu, dinding buah bersatu dengan kulit biji contoh kulit buah jagung
  • Buah samara, yaitu buah berbiji satu memiliki sayap contoh buah angsana
  • Buah nut, yaitu buah berbiji satu, dinding yang mengeras, dikelilingi oleh cangkang contoh buah kenari
  • Buah capsule, buah yang memanjang sepanjang garis alur sepanjang kulitnya contoh buah durian.

Struktur Buah

Struktur Buah umumnya terdiri dari beberapa bagian yang memiliki peran tertentu dalam melindungi biji dan membantu dalam penyebarannya. Berikut adalah penjelasan tentang bagian-bagian utama dalam struktur buah.

1. Biji

Biji adalah bagian terpenting dalam buah. Biji adalah organ reproduksi tumbuhan yang berisi materi genetik yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan baru. Biji juga dapat berfungsi sebagai sumber makanan yang disimpan dalam buah untuk membantu pertumbuhan bibit baru setelah biji tersebut ditanam.

2. Epikarkum

Yaitu lapisan terluar buah yang biasanya disebuh kulit buah. Fungsi epikarkum biasanya disebut kulit buah. Fungsi epikarkum adalah melindungi isi buah dari kerusakan fisik. Cuasa buruk, dan serangan hewan pemangsa.

Epikarkum sering memiliki beragam tekstur, ketebalan dan warna tergantung pada jenis buah.

3. Mesokarpium

Yaitu lapisan tenagh buah yang mengelilingi biji dan terletak di antara epikarpium dan endokarpium. Mesokarpium seringkali mengandung jaringan yang mengundang banyak air dan nutrisi yang penting untuk perkembangan biji.

4. Endokarpium

Yaitu lapisan terdalam buah yang mangusung mengelilingi biji. Fungsi utama endokarpium adalah melindungi biji dari lingkungan eksternal dan mengatur akses ke biji. Pada beberapa buah, endokarpiumm dapat menjadi keras atau berdaging tergantung jenisnya.

Dan setiap bagian ini memiliki peran penting dalam struktur buah dan berkontribusi pada kelangsungan hidup tumbuhan melalui penyebaran biji. Kombinasi dari berbagai lapisan ini membuat buah-buahan memiliki beragam bentuk, tekstur dan rasa yang khas.

Akhir Kata

Jadi, buah majemuk adalah buah hasil perkembangan bunga majemuk dengan demikian buah ini berasal dari banyak bunga dan banyak bakal buah yang tumbuh sedemikian sehingga pada akhirnya seakan-akan menjadi satu buah saja.

Dan contoh dari buah majemuk adalah buah nangka, buah nanas, bunga matahari, jagung dan masih banyak lagi lainnya. semoga bermanfaat.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: