Contoh Cerita Fiksi Karangan Sendiri Yang Menarik

Contoh Cerita Fiksi Karangan Sendiri yang Menarik

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Bagi kamu yang bingung bagaimana contoh cerita fiksi karangan sendiri tapi kamu belum mahir membuat cerita fiksi? Tenang, kamu tidak perlu khawatir tim Mustakim Media akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah membuat cerita fiksi dan beberapa contohnya.

Maka dari itu, kamu bisa simak artikel ini sampai selesai agar kamu bisa paham penjelasan lengkap di bawah ini ya!

Langkah-Langkah membuat Cerita Fiksi

Contoh Cerita Fiksi Karangan Sendiri

Cerita fiksi ini merupakan cerita yang di buat oleh pengarang berdasarkan khayalan atau dunia pengarang, bukan kenyataan. Dan untuk membuat cerita fiksi ini kamu memerlukan beberapa langkah cara.

Nah, sebelum membahas mengenai contoh cerita fiksi karangan sendiri kita pahami dulu bagaimana langkah-langkah membuat cerita fiksi dan berikut penjelasan lengkapnya.

1. Tentukan Ide Cerita yang Tepat

Sebelum menulis cerita fiksi, pastikan cerita apa yang ingin disampaikan pembaca. Kamu bisa tulis ide cerita tersebut dengan kalimat yang singkat. Dan setelah menemukan kamu bisa mengembangkan garis besar cerita.

Lalu membangun karakter, mengisi plot dan melakukan riset untuk memperkuat atau premis seperti pondasi memulai sebuah cerita.

2. Riset dan Observasi

Selanjutnya kamu bisa melakukan riset dan observasi karena sebuah karya biasanya lahir dari sebuah pengalaman seperti cerita Jurasicc World dimana penulis mencoba riset beberapa dinosaurus yang pernah ada.

3. Menggunakan Outline

Selanjutnya buatlah outlen dan ini menentkan ide kamu akan menjangkau kemana kamu bisa menambahkannya jika memang di rasa ada yang kurang.

4. Menciptakan Karakter

Jangan lupa untuk memperkuat karakter tokoh dalam cerita fiksi dan harus dijelaskan rinci dan tokoh ini bisa dibangun bervariasi sesuai dengan idealis penulis.

5. Kembangkan Konsep

Elemen ini merupakan tolak ukur berhasil atau tidak cerita yang dibuat. Dan perhatikan kata-kata sesuai standar yang berlaku.

6. Kritis Ceritamu Sendiri

Dan langkah terakhir sebelum ceritamu dibaca yang lain yaitu kritisi ceritamu ini akan terkesan sulit karena kita cenderung menganggap apa yang kita buat adalah yang terbaik.

Contoh Cerita Fiksi Karangan Sendiri

Setelah kamu mengetahui beberapa langkah cara membuat cerita fiksi berikut kami sediakan beberapa contoh dari cerita fiksi karangan sendiri dan berikut beberapa contohnya.

1.Contoh Cerita Fiksi karangan Sendiri 1

“ Ayah Pulang”

Aku seorang ayah yang harus rela berjauhan dengan putra kesayangannya untuk mencari nafkah di perantauan. Gibran Raka Pratam adalah nama yang aku putuskan setelah kelahirannya.

Hidup di kampung begitu sulis sehingga aku yang seorang buruh nyangkul merasa semua terlalu berat. Namun, sebagai seorang ayah aku harus memilih untuk bisa membahagiakan mereka yang aku sayangi.

“Aa gak kuat pisah sama kalian” gumamku dan menahan sesak di dada. Saat kerja di ladang saja Aa selalu rindu. Namun, jiak AA masih di sini akan semakin berat. Dan Neng akhirnya memelukku dimana kami menangis bersama kala itu.

Dan kini sudah satu tahun aku berada di Jakarta menjadi seorang kuli bangunan aku yang selalu memberi beberapa kabar lewat pesan dan telpon sesekali sambil memberikan uang yang tidak seberapa untuk kehidupan mereka di kampung.

Hingga suatu hari ada panggilan beberapa kali dari nomor telepon temanku yang awalnya tidak ia angkat namun setelah ada pesan masuk ternyata telepon itu mencari namaku.

Ternyata Neng istriku yang menelpon menggunakan HP tetangga. “Gibran kena demam berdarah, A… belum sempat di bawa ke rumah sakit…” lalu tangisnya pecah seiring dengan otot-ototku yang seketika lemas.

Menangis aku sambil bersujud di dalam kamar berisi beberapa orang itu, dan mereka mencoba menguatkan aku yang memang sudah lemah setengah mati.

5 jam perjalanan begitu tidak terasa otakku sudah tak ada lagi di tempatnya ia terus berkelana dan juga bayang-bayang wajah anakku terus menguasainya. Lalu aku setelah sampai di terminal aku langsung menyewa ojeg agar bisa sampai lebih cepat.

Gibran Raka Pratama putraku terlihat baru saja dimandikan dan terlihat puat terbaring di atas meja. “AA…” ku dengar Neng menatapku dengan wajah berurai air mata. Ingin memeluk, tapi aku menahannya.

Bukan karena tak merindukannya, atau tak memahami perasaannya. Tapi….,

Ku angkat tubuh dingin Gibran. Lebih berat dari terakhir kali aku menggendongnya dan tubuhnya sudah kian membesar ku sandarkan kepalanya di bahuku lalu menimang tubuh pucat telanjang itu dan menepuk pantatnya seperti yang ia sukai dulu.

Satu persatu warga mulai menyingkir sambil mengusap airmata dan menahan isak tangis melihat apa yang aku lakukan. Aku mencium bahu dingin Gibran.

“Kangen Ayah, Nak,” bisikku di telinganya. Namun, hening tidak kudengat suara kecil itu.

“Ayah pulang, Nak”.

2. Contoh Cerita Fiksi Karangan Sendiri Dua

“Salah Gaul”

Aku bernama Sania dimana kini aku dudu di kelas 2 SMA aku memiliki pacar bernama Indra. Dan saat ini kamu selalu dekat dan kemana pun selalu berdua.

Suatu ketika tepat di hari ulang tahunnya Indra ia meminta kado terindah dariku. Dan entah apa yang harus aku berikan karena aku belum paham apa kado terindah yang akan aku berikan kepadanya.

Kemudian di kosannya kami merayakan sebuah pesta kecil-kecilan dimana hanya aku dan Indra di dalamnya. Ada sebuah kue cake kecil sebagai penanda bahwa acar tipu lilin ini akan segera di mulai.

Dan aku yang bersemangat pun mulai memberikan hadiah yang aku bawa yaitu jam tangan bermerek dan jaket Hoody yang ia sukai.

Dan saat itu, aku benar-benar tenggelam dalam suasana bahagia dimana aku benar-benar mencintainya atau memang setan sedang memasang ranjau-ranjau cinta di dalam hatiku sehingga aku terlena dan akhirnya kejadian itu pun terjadi.

Indra memintanya di waktu yang tidak tepat. Ia mendahulinya sebelum menghalalkannya di depan penghulu. Ya, ia merenggut hal yang paling berharga di diriku sebagai wanita.

Pada saat kejadian itu, aku benar-benar tidak sadar karena aku begitu terlena dengan segala bujuk rayunya hingga semua yang aku pakai terlepas begitu saja. dan kami melakukan penyatuan nikmat yang masih haram

Indra meminta maaf ia tidak bisa menahan hasrat yang begitu mendalam pada saat itu sehingga ia melakukannya tanpa sadar. Aku yang di pagi hari tanpa busana dan meringkuk di pojokan dan menyesali apa yang sudah ku perbuat.

Aku benar-benar takut orang tuaku akan tahu dan kami bisa putus sekolah. Dan itu bukan hanya ketakutan semata. Itu, benar terjadi, setelah seminggu dari kejadian itu aku mengalami tanda-tanda bahwa aku sedang hamil.

Hancurlah masa depan kami. Yang harus menikah di saat belum selesai SMA karena nafsu dan juga melanggar larangan orang tua.

Akhir Kata

Demikian beberapa contoh cerita fiksi karangan sendiri serta beberapa langkah cara membuat cerita fiksi semoga bermanfaat ya!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: