4 Contoh Cerita Inspiratif Kehidupan Nyata Paling Seru

Kamu sedang mencari contoh cerita inspiratif kehidupan nyata? Kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena di sini akan di bahas beberapa cerita inspiratif yang mungkin bisa menjadi rekomendasi kamu dalam membuat cerita simak sampai akhir ya!

Contoh Cerita Inspiratif Kehidupan Nyata

Berikut beberapa kisah inspiratif yang bisa kamu jadikan sebagai contoh cerita inspiratif kehidupan nyata.

1. Contoh Cerita Inspiratif Kehidupan Nyata Satu

“Berburuk Sangka”

Suatu hari seorang ibu baru pulang belanja dari pasar dan ia membeli dua buah apel serta 1 kg jeruk untuk keluarganya. Setelah sesampainya di rumah Ibu Rina ini menata buah-buahan tersebut dalam sebuah nampan.

Sang anak usia 4 tahun bernama Rara meminta buah apel kepada ibunya. Dan sang ibu memberikan kedua kedua buah apel tersebut.

Lalu sang ibut berkata kepada anaknya.

“Nak, bolehkan ibu meminta 1 buah apelnya?”

Sang anak yang sedang memegang buah apel itu mencoba melirik buah apel yang ada di sebelah kirinya dan mencoba menggitnya.

Dan sang ibu berpikir ia akan menerima buah apel yang ada di tangan sebelah kanan anaknya. Namun, ternyata itu salah. Sang anak malah memakan semua apel yang ada di kedua tangannya dengan satu gigitan dari kedua buah tersebut.

Dang ibu terlihat kaget karena ia tidak menyangka sang anak yang ia sayangi tidak memberikan apel yang ia minta dan malah menggigit keduanya.

Meski kecewa si ibu tetap menatap anaknya tersebut dengan kecewa. Namun sang anak langsung memberikan satu buah apel yang ada di tangan kirinya kepada ibunya.

Dan berkata.

“Ibu, maaf aku gigit buah apelnya sedikit. Aku hanya ingin memastikan jika buah apel tersebut manis dan bisa dimakan oleh ibu”.

Dan seketika ibu terdiam, dan meneteskan air mana ia mengira anaknya menjadi seorang anak yang pelit tapi ternyata ia sangat menyayangi ibunya.

2. Contoh Cerita Inspiratif Kehidupan Nyata Dua

“Penyesalan Tiada Akhir”

Suatu ketika hiduplah sebuah pasangan yang memiliki seorang anak tunggal perempuan cantik bernama Dita dia baru berusia 4 tahun. Dia sangat cantik dan lincah dan juga sangat aktif.

Setiap harinya ia habiskan dengan bermain memetik bunga di halaman, bermain tanah, ayunan dan lainnya dan ia bermain sendiri sementara sang pembantu rumah tangga sibuk mengerjakan pekerjaannya.

Di halaman belakang ia menemukan paku berkarat dan mencoba mencoret kramik marmer namun tidak melihat apapun sehingga ia mencoba mencoretnya di badan mobil milik ayahnya yang baru di beli 1 minggu yang lalu.

Dan ayah ibu Dita ini bekerja menggunakan motor agar terhindar dari kemacetan. Dita yang senang karena coretan itu berhasil ia lakukan dia mencoba menggambar sesuai imajinasinya.

Ada gambar ayah, ibu dan dirinya gambar kucing, bunga, dan gambar lainnya sesuai imajinasinya. Dan saat orang tuanya pulang di sore hari sangat terkejut banyak goresan di mobil barunya.

Lalu berteriak “Siapa yang melakukan ini?” lalu sang pembantu tergopoh-gopoh datang dan sangat takut melihat sikap bengis tuannya. “Saya tidak tahu tuan”. Lalu sang majikan perempuan menimpali.

“Kamu di rumah ngapain saja ? masa ada yang melakukan ini tidak tahu?” dan tidak lama kemudian Dita datang dan berkata “itu gambar buatan aku ayah, bagus kan?” sambail bergelayut manja ke ayahnya seperti yang biasa ia lakukan.

Dan sang ayah langsung murka dan mengambil ranting pohon di halaman lalu memukul tangan gadis itu cukup lama. Dan sang ibu hanya diam seakan mengiyakan perbuatan suaminya itu.

Pukulan demi pukulan terus gadis itu dapatkan meski sudah meminta maaf berkali-kali tapi sang ayah seperti kerasukan. Dan setelah ia puas baru meminta pembantunya untuk membawa anak itu ke dalam.

Dan selama berhari-hari Dita tidur di kamar pembantu karena ibu dan ayahnya sama sekali tidak menegurnya. Dan kini Dita demam dan setelah luka di tangannya bernanah dan tak kunjung sembuh selama 5 hari.

Baru ayah ibunya membawa ia ke klinik. Namun, pihak klinik tidak sanggup akhirnya di bawa kerumah sakit. Dan paling buruk tangan Dita harus diangkat karena sudah infeksi.

Lantas ayah dan ibu Dita meraung-raung menyesal atas tindakannya tersebut. Karena emosinya dia harus kehilangan tangan putrinya.

3. Contoh Cerita Inspiratif Kehidupan Nyata 3

Adik Yang Tidak Membanggakan”

Namaku Tika aku memiliki kakak bernama Baron dari dulu aku selalu nomber dua karena kak Baron selalu dibanggakan oleh ibuku. Bahkan saat kelulusan kuliahku ibuku tidak bangga sama sekali ia malah pergi ke rumah kakakku yang seorang pengusaha.

Hingga kini aku berkeluarga ibu sama sekali masih selalu membandingkan aku dengan kakakku dari segi apapun dan ia selalu memuji-muji mas Baron.

Namun, suatu ketika Mas Baron mengalami kebangkrutan sehingga ia harus menagih uang yang dipinjam ibu sebesar 100 juta. Kalau tidak ibu bisa masuk penjara atau rumah harus dijual.

Dari sana ibunya sadar bahwa anak yang ia banggakan selama ini meminta balas budi yang selama ini ia berikan ia ternyata tidak rela jika hartanya dimakan oleh ibunya apalagi menantunya seakan tidak mau ibu Baron datang ke rumahnya.

Namun, aku sebagai anak perempuan ibu selalu menerima ibu dengan lapang meski kehidupan kami sederhana. Dan kini ibu merasa bersalah selalu membanggakan salah satu anaknya saja.

4. Contoh Cerita Inspiratif Kehidupan Nyata Empat

“Penjual Bakso Baik Hati”

Suatu ketika di depan warung bakso ayahku aku melihat ada seorang anak sedang di pukul wanita tua karena ketahuan membeli obat tapi malah kabur karena tidak memiliki uang dan ia dikejar dan di tangkap lalu dimarahi sang pemilik toko obat.

Dan ayahku yang melihat hal itu, lansung menenangkannya dan menanyai duduk permasahannya.

Kemudian ayah membayar obat tersebut ke si pemilik toko obat dengan wajah menunduk anak laki-laki itu menceritakan bahwa ibunya sedang sakit di rumah ia butuh obat tersebut tapi tidak memiliki uang.

Lalu kemudian ayahku menyuruh untuk membungkus dua bungkus bakso untuk anak laki-laki tersebut bawa dan dimasukkan ke keresek obat yang ia beli. Dengan terharu anak itu lalu membawanya dan mengucapkan terimakasih.

Dan 25 tahun berlalu. Kini ayahku sudah semakin tua dan ia tidak sengaja pingsan karena kelelahan dan kepalanya membentur sudut meja. Dan harus di operasi aku yang bingung karena warung bakso sedang sepi mencoba ingin menjual kios tersebut.

Untuk biaya operasi ayah yang tidak sedikit dan saat melihat struk pembayaran telah lunas dengan dua bungkus bakso dan obat. Seketika aku terisak dan teringat kejadian 25 tahun yang lalu. Ternyata anak itu sudah menjadi dokter di rumah sakit ini.

Akhir Kata

Demikian 4 contoh cerita inspiratif kehidupan nyata yang ada di dunia ini semoga bisa membantu dan tentunya memiliki pesan moral yang tinggi dan menjadikan kita manusia yang lebih baik lagi. semangat!

Artikel Menarik Lainnya: