Contoh Deskripsi Diri Sendiri Singkat Lulusan SMA-S1

Masih bingung cara menulis deskripsi diri? Kenali lewat contoh deskripsi diri sendiri singkat. Pelajar SMA, SMK, mahasiswa, harus mulai mempelajari penulisan deskripsi singkat terutama yang mau melamar pekerjaan.

1 Fashion murah

Berikut ini beberapa contoh deskripsi diri sendiri singkat untuk pelajar, anak SMA, mahasiswa secara lengkap.

fashion muslim murah

Struktur Penulisan Deskripsi Diri Sendiri

Umumnya, deskripsi diri sendiri singkat hanya terdiri dari 30-50 kata tidak melebihi 100 kata sekitar 300 karakter. Oleh sebab itu deskripsi diri sifatnya singkat, padat, dan jelas.

Dalam menuliskan deskripsi diri secara singkat, tentu ada strukturnya berikut ini informasi lengkapnya.

1. Latar Belakang

Kalau menurut Vina Maulina, rumus untuk menulis deskripsi diri adalah LAPISAN (latar belakang, aspirasi karir, dan kemampuan relevan). Bagian latar belakang biasanya menyebutkan universitas tempat belajar dan jurusan yang diambil.

2. Aspirasi Karir

Sementara itu, pada aspirasi karir kamu harus menambahkan minat karir sesuai kemampuan yang dimiliki.

1 Fashion murah

3. Kemampuan Relevan

Terakhir, masukkan kemampuan relevan yaitu jelaskan daftar kemampuan secara lengkap yang nantinya akan mendukung pekerjaan kamu. Kalau menulis deskripsi diri untuk kebutuhan organisasi tetap masukkan identitas lengkap hingga kemampuan.

Contoh Deskripsi Diri Sendiri Singkat Pelajar

Kalau kamu sudah berada di tahun terakhir SMA, maka persiapkan CV yang bagus untuk melamar pekerjaan salah satunya mulai dengan penulisan deskripsi diri. Berikut ini berbagai contoh deskripsi diri sendiri singkat yang bisa kamu tiru terutama bagi mahasiswa semester akhir.

1. Contoh Deskripsi Diri Lulusan SMA

Kalau kamu lulusan SMA dan ingin melamar sebagai admin sosial media, berikut contoh deskripsi diri yang dapat kamu tiru.

Lulusan SMA 8 Jakarta jurusan IPS dan spealisasi dalam administrasi. Mahir menggunakan komputer dan tertarik pada pekerjaan administrasi kantor hingga marketplace. Mengetahui fitur-fitur pada Microsoft Excel serta berbagai menu di dalam aplikasi marketplace.

2. Contoh Deskripsi Diri Sendiri Singkat Lulusan SMK

Belakangan ini lowongan pekerjaan di bidang food and beverages sangat banyak. Kalau kebetulan kamu lulusan tata boga, contoh deskripsi diri ini bisa jadi referensi.

Lulusan SMK Tata Boga Bandung, spesialisasi Food and Beverages, tertarik pada bidang service dan F&B. Sudah pernah makan 3 bulan di hotel Ibis Bandung Trans Studio. Memahami cara penyajian makanan dan sangat baik dalam mengatur waktu.

1 Fashion murah

3. Contoh Deskripsi Diri Sendiri Singkat Pelajar SMA

Lulusan SMA dapat berkarir menjadi staf admin, customer service, dan masih banyak lagi. Agar berhasil, tuliskan deskripsi diri seperti berikut.

Mahir menggunakan komputer dan sudah memperoleh sertifikat selama pelatihan. Sebagai lulusan SMA spesialisasi ilmu sosial, saya sangat terbuka untuk mempelajari hal baru. Saya bisa mengerjakan administrasi, menjadi customer service, dan mengolah berbagai data lewat Microsoft excel.

Contoh Deskripsi Diri Sendiri Singkat untuk Sarjana

Berikut ini beberapa contoh deskripsi diri sendiri singkat sesuai posisi yang kamu lamar.

1. Untuk Pekerjaan Admin

Lulusan S1 dari Universitas Indonesia dengan spesialisasi bidang Administrasi Publik. Senang belajar hal baru dan berorientasi pada detail serta memiliki aspirasi untuk bekerja di bidang administrasi di industri FMCG, ritel, hingga keuangan. Menguasai bidang administrasi umum, sistem pendataan digital, keuangan, dan pembukuan.

2. Contoh Deskripsi Diri Sendiri Singkat untuk Melamar jadi Admin Penjualan

Nama saya Intan Mustikasari, berusia 28 tahun dan lulusan Ilmu Manajemen di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Saya sangat tertarik pada bidang pekerjaan administrasi dan pemasaran. Saya mengusai berbagai software pengolah data serta mampu mengatur waktu dengan sangat baik sehingga pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu.

3. Contoh Deskripsi Diri Sendiri Singkat untuk Bekerja Sebagai Copywriting

Intan Ihsanul Ramadhan, 25 tahun lulusan S1 Sastra Inggris. Menyukai desain dan dunia penulisan kreatif. Menguasai software design grafis seperti Canva dan sudah aktif menulis di platform online. Memahami teknik penulisan copywriting, content writing, menulis caption, dll. Selain itu, mempunyai kemampuan komunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.

1 Fashion murah

4. Contoh Deskripsi Diri Sendiri Singkat untuk Melamar Sebagai IT Support

Merupakan lulusan teknik informasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun 2019. Memiliki pengalaman sebagai IT Support di Skill Academy. Menguasai sistem software development, technical writing, hingga data analysis. Pengalaman sebelumnya telah meningkatkan kemampuan komunikasi, menjadikan pribadi yang lebih kritis hingga kreatif.

5. Contoh Deskripsi Diri Sendiri Singkat Tentang Desain Grafis

Lulusan desain grafis dari Universitas Gajah Mada. Memiliki pengalaman kerja 1 tahun di industri periklanan. Mahir menggunakan berbagai software penunjang desain grafis seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, CorelDraw, dll.

Tips Menulis Deskripsi Diri yang Menarik

Dalam menulis deskripsi diri harus sesuai struktur dan lengkap, berikut ini sederet tips lengkapnya.

1. Tulis Secara Singkat

Rekruter akan mencari kandidat yang relevan dengan pekerjaan yang akan dilamar. Pastikan kamu menulisnya secara singkat agar tidak dilewatkan oleh manager HRD.

2. Tulis Poin yang Relevan

Berikutnya, kamu juga harus menulis beberapa poin yang relevan dengan skill dan berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar. Lihat beberapa kata kunci dalam lowongan pekerjaan dan buat dalam deskripsi singkat.

Kalau dalam lowongan pekerjaan dibutuhkan yang menguasai bahasa Inggris, kamu bisa menuliskan kemampuan bahasa Inggris dalam score TOEFL atau IELTS.

1 Fashion murah

3. Tetap Mengedepankan Kejujuran

Lamar pekerjaan sesuai kemampuan yang dikuasai dan tetap jujur karena akan memudahkan kamu saat proses rekrutmen.

Akhir Kata

Berdasarkan contoh deskripsi diri sendiri singkat terdapat penjelasan mengenai latar belakang pendidikan, skill, dan daya tarik terhadap karir. Kamu harus menuliskannya maksimal 300 kata dengan lengkap.

Artikel Menarik Lainnya: