Contoh Efek Rumah Kaca Yang Sering Kita Alami

Contoh Efek Rumah Kaca yang Sering Kita Alami

Rumah kaca adalah istilah yang dianalogikan dengan suatu rumah kaca yang berdinding kaca yang dapat menahan panas matahari di siang maupun malam hari. dan hal ini merupakan proses alami yang terjadi di bumi. Yakni penyerapan radiasi atau panas matahari sehingga bumi menghangat.

Lantas apa saja contoh efek rumah kaca? Bagi kamu yang penasaran apa saja efeknya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai tim Mustakim media akan menjelaskan efek, proses dan contohnya secara lengkap

Contoh Efek Rumah Kaca

Contoh Efek Rumah Kaca

Bumi yang menghangat dikarenakan penyerapan radiasi atau panas matahari oleh gas-gas rumah kaca di atmosfer, sehingga permukaan bumi dalam kondisi hangat. Dan berikut adalah beberapa contoh efek rumah kaca dan penjelasannya.

1. Meningkatkan Suhu Bumi

Berbagai aktifitas manusia misalnya pembakaran lahan, pembakaran hutan fosil dan hasil pernapasan makhluk hidup menyebabkan meningkatnya karbondioksida yang menyebabkan naiknay suhu rata-rata bumi.

Dan menjadi penyebab signifikan perubahan iklim, meningkatnya suhu bumi tersebut terjadi secara bertahap dan terjadinya fenomena pemanasan global.

2. Dampak Ekosistem

Perubahan iklim dapat mempengaruhi ketersediaan air, hasil panen, dan kesehatan manusi, efek rumah kaca akan menyebakan kerusakan pada ekosistem seperti perubahan pola migrasi hewan, kepunahan spesies, dan peningkatan intensitas bencana alam.

3. Peningkatan Suhu permukaan Laut

Contoh efek rumah kaca selanjutnya adalah peningkatan suhu permukaan laut yang akan menyebabkan terjadinya badai semakin kuat dan sering terjadi. Badai dapat mengancam keselamatan makhluk hidup dan infrastruktur.

4. Perubahan Iklim

Dampak selanjutnya dan ini merupakan sangat serius bagi lingkungan dan kehidupan manusia, salah satunya yang cukup terasa adalah perubahan pola cuaca.

Selain itu,  intensitas hujan berubah, dan peningkatan intensitas bencana alam seperti banjir, longsor, dan kekeringan. Semua sangat berpengaruh terhadap aktivitas dan kesehatan manusia.

5. Lapisan Ozon Menipis

Lapisan ozon yang menipis bisa menyebakan bahaya sinar ultraviolet sampai ke permukaan bumi.

6. Mecairnya Es di Kutub

Contoh efek rumah kaca selanjutnya adalah mencairnya es di kutub yang juga berimbas pada keberlangsungan ekosistem, akan mengakibatkan kenaikan air laut yang dapat menenggelamkan daerah-daerah rendah.

Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

Nah, setelah mengetahui contoh efek rumah kaca selanjutnya mari kita simak proses terjadinya efek rumah kaca.

Efek rumah kaca ini terjadi melalui serangkaian proses, misalnya dalam rumah kaca yang digunakan untuk budidaya di negara yang memiliki musim salju, atau percobaan tanaman di bidang biologi dan pertanian.

Saat proses terjadinya efek rumah kaca, ada gas kaca yang keluar lalu membentuk lapisan yang menyelimuti bumi. Gas kaca tersebut berupa karbondioksida, metana, nitrogen dioksida dan beberapa gas lainnya dan merupakan reaksi alami industri.

Perlu kamu ketahui bumi yang kita tinggali dilapisi oleh lapisan atmosfer. Melalui proses terjadinya efek rumah kaca. Dan terdapat partikel gas yang melayang di antara bumi dan lapisan atmosfer itu. Hal ini mengakibatkan panas bumi memantul dan harus di bawa keluar.

Pada prosesnya, panas bumi kembali masuk yang mengakibatkan suhu bumi naik lalu akhirnya menghangat. Mulanya, kondisi bumi hanya menghangat saja. namun hal ini terus terjadi bumi tidak hanya menghangat juga memanas yang bersifat global.

Penyebab Efek Rumah Kaca

Bberikut beberapa penyebab dari efek rumah kaca, diantaranya adalah:

  • Pertama efek rumah kaca bisa disebabkan karena penebangan liar dan pembakaran hutan
  • Selanjutnya karena penggunaan bahan bakar fosil secara berlebihan atau minyak bumi yang akan mengakibatkan berdampak buruk terhadap udara dan meningkatkan konsentrasi gas rumah kaca
  • Selanjutnya karena pencemaran laut
  • Selain itu, adanya industri pertanian seperti penggunaan pupuk non organik untuk meningkatkan hasil pertanian juga berdampak buruk bagi lingkungan bisa menghasilkan gas rumah kaca
  • Limah rumah tangga
  • Industri peternakan dimana kotoran sapi dapat menghasilkan gas rumah kaca karbondioksida dan metana
  • Gaya hidup yang konsumtif karena produk-produk yang dihasilkan gas rumah kacar adalah 60% dari produk yang digunakan manusia
  • Selain itu penyebab lainnya adalah sampah plastik dan plastik ini mengeluarkan gas metana dan etilen saat terkena sinar matahari dan berakibat rusak gas metana alami atau buatan yang merusak iklim dan meningkatkan pemanasan global
  • Kemudian gas karbon monoksida  dimana ini dihasilkan oleh kendaraan bermotor dan menyebabkan polusi udara
  • Boros listrik juga bisa menjadi penyebab efek rumah kaca karena penggunaan listrik yang berlebihan dapat menyebabkan penguapan pada listrik dan menyebabkan gas karbondiosida di bumi dan menyebabkan pemanasan global
  • Bahan bakar bensin
  • Chloro four tidak terkontrol seperti yang ada di kulkas dan AC
  • Peggunaan tisu berlebihan
  • Selain itu gas industri dan terbukti negara China menjadi negara penyumbang emisi karbon dioksida terbesar di dunia dan Indonesia urutan ke enam

Cara Mengatasi Efek Rumah Kaca

Dan berikut ini beberapa cara mengatasi efek rumah kaca yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

  • Pertama kamu perlu menghemat energi listrik
  • Selanjutnya beralih dari pupuk kimia ke pupuk organik
  • Menggunakan bahan bakar ramah lingkungan
  • Mengolah limbah pertanian dengan baik
  • Menggalakkan reboisasi
  • Batasi penggunaan plastik
  • Mengolahan limah industri agar tidak mencemari lingkungan
  • Rajin berolahraga dengan berjalan kaki agar mengurangi penggunaan polusi udara akibat kendaraan

Akhir kata

Jadi, contoh efek rumah kaca ini diantaranya adalah meningkatkan suhu bumi, dampaknya kepada ekosistem, lapisan ozon yang menipis, peningkatan suhu air laut, mencairnya es di kutub juga perubahan iklim semoga bermanfaat ya!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: