Contoh Essay Yang Baik Dan Benar

Contoh Essay yang Baik dan Benar

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Perlu kamu mengetahui mengenai contoh essay yang baik dan benar, hal ini karena akan kerap kali ditemukan oleh para pelajar atau mahasiswa sebagai tugas sekolah yang di berikan oleh seorang guru atau dosen. Sebagai tugas penilaian tentunya.

Dengan mampu melihat contoh pembuatan atau penulisan essay yang baik dan benar artinya kamu sudah bisa mengembangkan kemampuan gagasan kamu untuk karya tulis, karena memang isinya tentu merupakan sebuah gagasan atau ide penulis. Dan untuk lebih jelasnya kita bahas di artikel ini.

Pengertian Essay

Sebelum masuk pada pembahasan inti maka langkah yang pertama kita rangkum penjelasan mengenai pengertian dari essay itu sendiri. Dan media Mustakim akan memberikan penjelasannya dari teori – teori terpercaya yang didapat dari pendapat artikel lainnya.

Seperti yang di ambil dari halaman deeppublishstore.com secara singkat essay atau esai menurut Dalman adalah opini penulis tentang subjek tertentu. Dan menurut Wijayanti dkk essay merupakan karangan atau tulisan yang menyampaikan kejadian yang terjadi di masyarakat atau lingkungan baik berupa fakta atau pengalaman.

Sifat essay adalah argumentatif atau subjektif karena isinya dapat berisi pendapat penulis. Dan menurut buku panduan lengkap menulis artikel, feature dan esai oleh F.Rahardi, essay adlaah tulisan dengan menganalisis dan penulis mengambil angle dari beberapa disiplin ilmu, dengan subjektivitas yang khas dari penulisnya.

Format Essay yang Baik dan Benar

selanjutnya yang perlu harus kamu ketahui essay yang baik dan benar adalah dengan mengetahui format penulisan essay itu sendiri. dan di ambil dari halaman deepublishstore.com, ciri dari essay yang baik adalah sebagai berikut ini;

  • Tulisan berbentuk prosa (pemaparan) yang ditulis dalam sejumlah paragraf. Essay bukan puisi dan bukan pula prosa fiktif
  • Dibandingkan jenis karya tulis ilmiah lain, essay tidak perlu panjang. Bisa dikatakan relatiif singkat. Namun isinya padat dan jelas. Isu atau topik yang dikaji umumnya menarik, penting, dan kerap diperbincangkan
  • Bersifat subjektif tentang masalah aktual dengan menggunakan analisis, interpretasi, dan refleksi
  • Gaya penulisan bisa formal maupun informal dengan gaya khas penulis sesuai dengan karakter penulisan sang penulis
  • Berisi pendapat, pandangan, pikiran, sikap, dan pendirian penulis dengan didasarkan fakta, ketajaman gagasan, dan kekuatan argumentasi
  • Mempunyai tiga struktur umum yakni pendahuluan, isi dan penutup

Penting sekali kamu perhatikan yaitu dalam menuangkan pikiran menulis essay logika yang dituangkan harus runtut karena tulisan ini bersifat argumentatif. Jadi bukan hanya pembahasan yang dibuat menarik tetapi isi yang disampaikan masuk akal dan mudah dipahami.

Struktur Essay yang baik dan Benar

Seperti yang sudah disinggung diatas, bahwa dalam penulisan/ contoh essay yang baik dan benar tentunya harus memiliki struktur yang jelas. Dan struktur essay yang baik dan benar ada tiga yaitu;

1. Pendahuluan

Yang harus kamu perhatikan dalam penulisan essay yang baik dan benar yang pertama yaitu terdapat kalimat pendahuluan didalam contoh essay. Karena pendahuluan adalah pengantar kepada pembaca mengenai topik yang akan dibahas. Bagaimana ini memudahkan pembaca untuk memahami isi.

Pada bagian pendahuluan berisi ungkapan topik yang diangkat, selain itu unsur lain yang ada dalam pendahuluan adalah latar belakang penulis memilih topik tersebut. Penulis juga dapat menambah pendapatnya mengenai topik tersebut secara umum.

Sementara penjelasan lebih lanjut dapat diterangkan pada bagian selanjutnya.

2. Pembahasan

Yang selanjutnya yaitu mengenai pembahasan materi. Dan bagian pembahasan merupakan bagian inti dari essay tersebut. Pada bagian ini essay dijelaskan secara terperinci. Penulis menjelaskan sudut pandangnya mengenai topik yang dipilih. Terdapat analisis dan interpretasi penulis terhadap topik.

3. Penutup

Yang terakhir yang harus ada dalam struktur essay yang baik dan benar adalah terdapat penutup setelah isi/ pembahasan. Dan yang dibahas dalam penutup yaitu kesimpulan dari apa yang di angkat menjadi topik pembahasan essay.

Artinya bagian ini merupakan rangkuman dari pembahasan yang ditulis. Dari semua penjelasan dan pandangan penulis.

Contoh Essay yang Baik dan Benar

Setelah kamu sedikit mengenal mengenai essay maka langkah selanjutnya masuk pada pembahasan ini, dan perlu kamu ketahui bahwa topik yang di angkat menjadi essay memang sangat banyak dan beragam topik. Namun kami akan memberikan contoh topik tentang pariwisata.

Dan essay ini kami kutip dari halaman detik.com yaitu mengenai Pesona Bali. Dan berikut ini contohnya;

Pesona Bali

Siapa tak kenal Bali, pulau kecil di seberang ujung timur jawa ini? Pulau indah nan menawan yang dijuluki pulau dewata ini bagaikan magnet yang menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Bahkan sebelum mengenal nama Indonesia, banyak wisatawan asing lebih dahulu mengenal Bali.

Ada banyak hal yang dapat dinikmati ketikan mengunjungi Bali, mulai dari wisatawan pantai, gunung, budaya, dan lain sebagainya. Jutaan wisata mengunjungi Bali setiap tahunnya karena keramahan masyarakat, keindahan panorama-nya dan keunikan budaya.

Pertama, Bali yang taat menjalankan agama hindu dan adat istiadat mereka ini sangat terbuka dan menghargai para pendatang. Sistem pemerintahan desa yang kuat dengan ribuan banjar di seluruh Bali juga memberikan suasana damai dan tentram bagi para wisatawan. Dengan masyarakat yang taat adat. Bali memberikan segala keramahan bagi wisatawan.

Disamping keramahan masyarakat, wisatawan juga cinta dengan Bali karena keindahan panorama-nya. Wisatawan dapat memanjakan diri dengan berjemur di pantai dengan sinar matahari yang hangat di sepanjang garis pantainya.
Bagi mereka yang menyukai olahraga pantai seperti surfing, snorkeling, dan diving, Bali adalah surganya. Ombak Pantai Kuta yang mencapai 2 – 3 meter memberikan tantangan tersendiri bagi para peselancar.

Yang paling mengesankan adalah keunikan budaya Bali yang sudah terkenal ke seluruh dunia. Adat istiadat yang kuat dan tidak pudar dengan deras-nya industri pariwisata merupakan daya tarik tersendiri.

Perayaan dan festival, baik yang bersifat keagamaan maupun adat selalu mewarnai kehidupan masyarakat Bali. Beberapa acara keagamaan seperti Galungan, Kuningan, Nyepi, Prnama, Ngaben, dan banyak lagi lainnya mampu menghipnotis para wisatawan.

Dengan pesona yang dimiliki Bali, tidak mengherankan bila Bali didukung jutaan wisatawan setiap tahunnya. Banyak diantara mereka, sepulang liburan dari Bali, mendapatkan pengalaman unik yang sering menjadi inspirasi dan semangat hidup. Jadi, kalau Anda bingung menentukan kemana akan liburan tahun ini, mengapa tidak ke Bali.

Akhir Kata

Sebenarnya banyak sekali contoh essay yang baik dan benar dengan berbagai topik yang di angkat. Dan di atas hanya sebagian kecil saja. Namun meski begitu, semoga apa yang di sampaikan bermanfaat. Terimakasih.

Seorang guru di pelosok Garut yang punya hobi menulis dan coba menuangkannya ke dalam blog. Terimakasih sudah membaca artikel dan tulisan sederhana saya di sini.

Artikel Menarik Lainnya: