Contoh Essay yang Benar untuk Tugas dan Beasiswa

Essay merupakan tulisan yang dihasilkan dari pengembangan sebuah gagasan. Diperlukan melihat contoh essay yang benar sebagai referensi agar lebih mudah menuliskannya. Sebelum melihat contoh-contohnya, pastikan kamu sudah mengenal strukturnya.

Pahami cara penulisan lewat contoh esai yang benar beserta informasi pendukung lainnya berikut ini.

Struktur Penulisan Essay

Berdasarkan buku “Essay Writing” yang ditulis Otong Setiawan Djuharie, struktur essay terdiri dari paragraf pengantar, isi paragraf, dan paragraf penutup.

1. Paragraf Pengantar

Paragraf pengantar ditulis di awal, pada bagian ini terdapat pernyataan yang mengandung gagasan umum serta topik. Istilah tersebut dikenal dengan thesis statement.

2. Isi

Paragraf isi merupakan hasil pengembangan dari thesis statement. Pada bagian ini penulis mengulas gagasan atau topik untuk mendukung thesis statement. Jenis kalimat pengembangannya menyesuaikan topik utama.

Bagian kedua ini lebih fokus mengulas tentang suatu proses, perbandingan, dampak, penyebab, alasan, contoh, dan masih banyak lagi. Setiap paragraf di bagian kedua ini didukung dengan paragraf pendukung dan kalimat kesimpulan.

3. Paragraf Penutup

Pada bagian penutup merupakan rangkuman ide pokok yang sudah ditulis sebelumnya kemudian ditegaskan kembali seperti thesis statement.

Jenis-Jenis Esai

Pentingnya mengenal contoh essay yang benar sebab ada beberapa jenis esai berikut daftarnya.

1. Esai Deskriptif

Pertama adalah esai deskriptif yang menjelaskan subjek dan objek, kalau kamu ingin menjelaskan sesuatu maka tulis esai deskriptif.

2. Esai Pribadi

Jenis esai yang satu ini biasanya menjelaskan latar belakang penulis yang menceritakan tentang perjalanan hidupnya.

3. Esai Kritik

Esai kritik biasanya menguraikan tentang kritik terhadap sebuah karya seperti karya sastra, lukisan, teater, tarian, dll.

Cara Menulis Essay yang Baik

Setelah mengenal struktur di dalam penulisan esai, berikutnya pahami cara menulis esai yang baik berikut ini.

1. Tentukan atau Tulis Topik

Esai yang ditulis untuk berbagai tujuan baik itu pendidikan, beasiswa, maupun tugas sekolah harus berdasarkan suatu topik. Kalau sudah menentukan topik utama, akan lebih mudah lagi memperluas gagasan dan menyelesaikan tulisan.

2. Susun dan Rangkai Topik

Setelah menentukan topik utama, susun topik dan ubah menjadi kalimat pengantar yang jelas serta menarik. Pada bagian ini kamu harus menulis 2 penyataan yakni pernyataan tesis dan umum.

3. Tambahkan Informasi Tambahan Secara Detail

Carilah topik yang dipahami dan cari referensi bacaan untuk menambahkan informasi serta detail supaya essai tersusun secara rapi.

4. Jangan Lupa Gunakan Bahasa yang Baik

Esai merupakan tulisan yang sifatnya formal, maka tulis dengan bahasa yang baik. Kalau ditulis dalam bahasa Indonesia maka sesuaikan dengan PUEBI. 

5. Gunakan Kosakata yang Beragam dan Benar untuk Mendukung Informasi

Selain menggunakan bahasa yang baik, perkaya pengetahuan mengenai kosakata supaya kata-kata yang digunakan lebih variatif. Perhatikan berbagai contoh essay yang benar untuk referensi menulis esai yang benar.

Contoh Essay yang Benar dan Baik

Berikut ini salah satu contoh essay yang benar tentang “Dewasa”

Seseorang dikatakan dewasa kalau usianya sudah 20 tahun ke atas. Dewasa artinya tidak bergantung lagi kepada orangtua dan tidak mempunyai waktu untuk bermain. Ketika sudah berusia dewasa, seseorang harus memandang ke depan.

Setelah berusia dewasa, biasanya pola pikir akan berubah dan setiap tindakan dipikiran efektif dan efisiennya pada kehidupan. Sebenarnya, setelah lulus sekolah SMA, seseorang sudah mulai dituntut untuk memilih langkah ke depannya mulai dari memilih universitas atau bekerja.

Cara berpikir, kepercayaan diri, dan karakter akan berubah seiring waktu mengikuti lingkungan tempat berinteraksi setiap hari. Di usia dewasa, tujuan yang utama adalah mencari penghasilan yang besar bukan lagi fokus bermain tidak jelas.

Menjadi dewasa adalah kepastian dan harus siap dengan segala risiko dan tanggung jawabnya yang tidak lagi sama dengan masa remaja.

Contoh Essay yang Benar untuk Beasiswa

Selanjutnya adalah contoh essay yang benar untuk meraih beasiswa dengan judul sebuah “Perjalanan Menuju Keberhasilan dalam Hidup”.

Bagi saya, keberhasilan hidup tak hanya berusaha mencapai aspek akademis atau karir saja. Akan tetapi, keberhasilan adalah sebuah perjalanan hidup dengan pelajaran serta perjuangan. Selain itu, perjalanan hidup juga menyadarkan seseorang untuk terus meningkatkan kualitas diri.

Saya mengingat masa kecil yang berwarna meski saat itu belum didukung gawai, masih tinggal di rumah sederhana, tidak didukung fasilitas elektronik yang mumpuni, dan saat itu transportasi masih terbatas.

Dari pengalaman masa kecil itulah, timbul kesadaran untuk membangun diri sendiri menjadi lebih baik lagi. Salah satu caranya melalui pendidikan dan belajar dengan maksimal. Saya sudah mulai berjuang lewat pendidikan mulai dari tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama, hingga ke jenjang universitas.

Setiap tantangan dalam meraih mimpi tidak akan menghentikan semangat. Oleh sebab itu, dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas selalu berada di peringkat pertama. Ketika di universitas pun, saya berhasil meraih IPK yang tinggi.

Melihat teman-teman yang aktif dan berbakat semakin memotivasi saya agar lebih meningkatkan kualitas diri. Saya membuka diri untuk belajar dan berusaha mandiri dengan mengorbankan waktu bersenang-senang untuk belajar.

Meski suka belajar, hal itu tidak menutup saya dari pergaulan, saya tetap terlibat aktif dalam organisasi sekolah maupun universitas guna meningkatkan kepercayaan diri. Setelah lulus SMA, saya berhasil diterima di Universitas Negeri di Bandung dan mempunyai skor TOEFL 450.

Keberhasilan dalam pendidikan mulai terasa lebih nyata saat memenangkan berbagai perlombaan skala kecil hingga besar. Tak hanya itu, saya juga berhasil meningkatkan prestasi akademis hingga memperoleh predikat cumlaude di pendidikan strata 1.

Akhir Kata

Berdasarkan contoh essay yang benar, tulisan formal ini terdiri dari paragraf pengantar, isi, dan penutup. Untuk menulis esai yang baik dan benar, kamu harus melihat strukturnya, contoh, jenis, dan cara menulisnya.

Artikel Menarik Lainnya: