Contoh Gambar 3 dimensi Beserta Teknik Gambarnya

Banyak sekali contoh gambar 3 dimensi yang bisa kamu temui untuk menjadi referensi. Dan gambar 3 dimensi sebenarnya gambar 2 dimensi namun dibuat seolah – olah seni rupa 3 dimensi yang seakan – akan memiliki ruang.

1 Fashion murah

Namun meski tidak memiliki ruang gambar 3 dimensi dibuat oleh penggambar yang memang bisa menipu mata yang melihat nya. Untuk itu berikut di dalam artikel ini akan dibahas mengenai gambar 3 dimensi beserta penjelasan yang relevan.

fashion muslim murah

Gambar 3 Dimensi

Sebelum kamu masuk pada contoh gambar 3 dimensi, maka sebaiknya kamu haru mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu gambar 3 dimensi. Agar dalam pembahasan selanjutnya mudah untuk di mengerti.

Dikutip dari halaman liputan6.com Gambar 3 dimensi adalah gambar yang seolah – olah memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Dan menurut kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), tiga dimensi adalaah ilustrasi yang menyajikan kedalaman atau jarak yang berbeda.

Dan contoh gambar 3 dimensi memang dapat diciptakan perspektif yang menipu mata, dan membuat gambar terlihat timbul. Dan jika kamu mengetahui seni rupa 3 dimensi tentunya akan dengan mudah kamu temukan seperti patung dan lain sebagainya.

Contoh Gambar 3 Dimensi

Setelah kamu mempelajari mengenai pengertian gambar 3 dimensi maka langkah selanjutnya tinggal kamu melihat beberapa contoh gambar 3 dimensi dibawah ini yaitu dari gambar yang di ambil dari beberapa sumber.

1 Fashion murah

1. Yang Pertama Gambar Kacamata

image

Yang pertama gambar kacamata yang tampak terlihat nyata dengan gaya arsir yang sangat apik.

2. Contoh Gambar 3 Dimensi Jerapah

image 1

Yang kedua yaitu gambar jerapah yang tampak jelas seperti sedang meminum air. padahal hal ini hanyalah karena ada gambar seolah – olah bayangan seekor jerapah.

3. Contoh Gambar 3 Dimensi Tangan Memegang Pensil

image 2

Yang terakhir adalah gambar tangan yang sedang memegang pensil. Dan memang terlihat sangat nyata ketika di dekatkan dengan seseorang sebagai pelukis nya yang sedang memegang pensil

Cara membuat Gambar 3 Dimensi Sederhana

Buat kamu yang ingin membuat gambar 3 dimensi sebenarnya bukan hal yang sangat sulit. Hanya saja perlu banyak latihan agar dalam membuat gambar 3 dimensi tidak selalu gagal. Dan untuk cara membuat gambar 3 dimensi adalah sebagai berikut ini.

  1. Yang pertama buat terlebih dahulu pola gambar. Seperti persegi agar terlihat timbul
  2. Selanjutnya agar gambar terlihat timbul maka silahkan kamu buat gelap terang. Seolah oleh cahaya timbul pada gambar. Dan jangan salah menerangi juga memberi kesan gelap di gambar
  3. Kesan gelap terang tentunya sangat perlu di perhatikan baik pada bagian kanan atau kiri. Agar gambar tersebut memiliki kesan pencahayaan

Teknik Membuat Gambar 3 Dimensi

Selain dengan cara menggambar 3 dimensi, terdapat pula teknik membuat gambar 3 dimensi. Dan teknik sederhana nya adalah menggunakan teknik kering, yaitu menggunakan peralatan, seperti pensil. Dan berdasarkan teknik kering teknik membuat 3 dimensi yaitu;

1. Teknik Arsir

Untuk membuat gambar 3 dimensi teknik yang sering digunakan yaitu teknik arsir. Karena arsir adalah membuat goresan dengan ketebalan berbeda agar muncul kesan 3 dimensi pada gambar. Dan jenis arsir diantaranya arsir halus, arsir sedang, arsir kasar, dan arsir campuran.

1 Fashion murah

2. Teknik Dusel

Teknik dusel juga sebenarnya memiliki tujuan sama, yaitu memberi efek keruangan atau kedalaman pada suatu gambar 2 dimensi sehingga tampak tiga dimensi. Dusel yaitu teknik menggoreskan pensil berkarakter lunak dan pekat.

Yang selanjutnya hasil goresan tersebut diusap atau di gosok dengan bahan lembut (kain atau tisu). Dan ini memunculkan efek bayangan yang lembut.

3. Teknik Pointilis

Seperti namanya, pointilis yaitu teknik dengan cara membuat poin atau titik – titik dengan kuantitas meningkat dari jumlah titik yang sedikit sampai banyak. Ini juga memberikan efek bayangan pada lukisan.

4. Teknik Kombinasi

Terakhir teknik kombinasi yaitu teknik memadukan ketiga teknik diatas yang diterapkan pada satu gambar. Dan akan membuat gambar lebih real dan seolah – olah 3 dimensi.

Prinsip Membuat Gambar 3 Dimensi

Yang selanjutnya mengenai prinsip membuat gambar 3 dimensi yaitu gambar dua dimensi yang diciptakan menjadi 3 dimensi. Adapun prinsip yang digunakan yaitu;

1. Komposisi

Yang pertama terciptanya efek 3 dimensi, yaitu memperhatikan komposisi, dimana komposisi tersebut mencakup;

1 Fashion murah
  • Arah Objek, Kita harus menentukan masing – masing objek gambar kita menghadap kearah mana
  • Irama, Buatlah gambar dengan objek yang ukurannya atau bentuknya bervariasi agar tidak monoton
  • Keseimbangan dan harmoni, yaitu penempatan objek harus seimbang dan harmoni

2. Karakter

Yang kedua mengenai karakter. Karena untuk menerapkan gambar tiga dimensi, kita harus tahu karakter objek yang kita gambar. Karakter kain berbeda dengan dengan karakter kertas, begitu juga karakter logam, tanah, dan buah.

3. Perspektif

Perspektif adakah sudut pandang. Ini merupakan prinsip dan teknik dalam menggambar objek – objek berupa benda, ruangan, dan lingkungan. Dan tentunya dengan demikian membuat lukisan terlihat seperti yang dilihat oleh mata manusia dengan keterbatasan jarak pandangnya.

Semakin jauh objek maka akan semakin kecil dan hilang. Sebaliknya, semakin dekat benda maka semakin besar. Dan tentunya hal ini sangat perlu diperhatikan bersama dengan komposisi.

4. Gelap Terang

Berdasarkan buku Mastering pencil: 3 tahapan praktis mahir menggambar dari Nol (2020) oleh Tri Edy Marga, gelap terang adalah prinsip mengenai pembuatan bayangan sesuai arah datangnya cahaya. Efek gelap terang memberikan efek bentuk benda secara jelas.

Kesimpulan

Demikian uraian mengenai contoh gambar 3 dimensi yang dapat media mustakim sampaikan. Dan dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa;

  • Gambar 3 dimensi adalah Gambar yang seolah olah memiliki ruang. Padahal hanyalah gambar biasa yang dibuat di kertas
  • Teknik membuat gambar 3 dimensi yaitu;
    • Teknik arsir
    • Teknik Dusel
    • Teknik Pointilis
    • Teknik Kombinasi
  • Prinsip membuat gambar 3 dimensi;
    • Komposisi
    • Karakter
    • Perspektif
    • Gelap terang

Semoga informasi yang media Mustakim berikan dapat membantu saat mencari referensi. Terimakasih.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya: