17 Contoh Gerak Lokomotor Dalam Kehidupan Sehari-Hari

17 Contoh Gerak Lokomotor dalam Kehidupan Sehari-Hari

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Penting sekali kamu mengetahui beberapa contoh gerak lokomotor sebagai pengembangan untuk melatih keterampilan Motorik seseorang dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Gerakan tersebut bukan hanya menjadi aspek penting dalam keseharian, namun untuk kesehatan jasmani.

Untuk itu di kesempatan kali ini Media Mustakim akan membahas beberapa contoh yang disebut dengan gerakan Lokomotor. Untuk itu silahkan kamu pelajari materi nya sampai pada akhir artikel ini dengan cara membacanya.

Pengertian Gerakan Lokomotor

Sebelum sampai pada pembahasan mengenai beberapa contoh gerakan lokomotor tentunya kamu harus mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu Gerakan lokomotor. Dan pengertian ini kamu ambil dari beberapa artikel lain seperti;

1. Kutipan dari sport.okezone.com Gerakan lokomotor adalah gerakan fisik yang melibatkan perpindahan tubuh secara keseluruhan atau sebagai dari satu tempat ke tempat lainnya. Jenis gerakan ini memerlukan pergerakan yang signifikan dalam ruang

2. Kutipan dari cnnindonesia.com gerakan lokomotor adalah sebagai berikut ini;

  • Rangkuman dari buku subject pedagogy tematik integratif berbasis keterampilan abad 21 (2020), gerakan lokomotor adalah keterampilan berpindahnya individu dari satu tempat ke tempa lainnya
  • Gerakan lokomorot termasuk gerakan – gerakan yang perginya bisa kemana saja
  • Gerakan lokomotor adalah gerakan dasar bagi perkembangan koordinasi yang melibatkan kerjasama antara otot – otot besar (gross-muscles), pertumbuhan otot, daya tahan tubuh dan stamina

Dan pengertian dari beberapa artikel lain yang kami temukan, pengertiannya sama dengan keterangan diatas.

Contoh Gerakan Lokomotor

Setelah kamu memahami mengenai gerakan locomotor diatas maka tentunya kamu sudah memiliki gambaran mengenai contoh – contoh gerakan lokomotor. Namun jika kamu masih bingung mengenai contoh gerakan lokomotor dibawah ini beberapa contoh nya;

1. Berlari

Yang pertama yaitu berlari, berlari merupakan kegiatan olah raga yang mudah dan murah namun memiliki efek yang sangat baik untuk tubuh. Dan gerakan berlari merupakan gerakan yang menggunakan seluruh tubuh.

2. Berjalan

Selanjutnya yaitu berjalan. Berjalan merupakan bagian dari contoh gerakan lokomotor hal ini karena pergerakan tubuh yang masuk dalam perpindahan dan juga pergerakan kaki.

3. Melompat

Yang ke tiga yaitu melompat. Melompat merupakan gerakan pindah dari satu tempat ke depan dengan perhitungan dan ketepatan tumpuan. Hal ini tentunya sangat berpengaruh dalam melatih motorik seseorang

4. Meloncat

Sama hal nya dengan melompat kegiatan meloncat juga tentunya harus menggunakan perhitungan yang tepat, karena jika salah dalam tumpuan maka akan berakibat fatal pada fisik. dan gerakan ini tentunya menggunakan kaki.

5. Meluncur

Ke lima yaitu meluncur. Meluncur adalah gerakan melompat ke samping kiri atau kanan dengan kaki selalu berada di depan, kemudian posisi kedua kaki terbuka lebar.

6. Memanjat

Yang ke enam yaitu memanjat. Kegiatan memanjat membutuhkan keterampilan kaki dan tangan karena selain menjadi tumpuan kaki dan tangan juga perlu pergerakan agar terus menggeser semakin tinggi. Dalam kegiatan ini membutuhkan keseimbangan agar tidak jatuh.

7. Menderap

Menderap adalah aktivitas gerakan berjalan yang dipadukan dengan lompatan. Menderap bisa mengarah ke depan maupun ke belakang dan dilakukan dengan dua kaki.

8. Merayap

Selanjutnya contoh gerakan lokomotor adalah merayap. Kegiatan merayap adalah gerakan memindahkan tubuh dari tempat A ke tempat B atau juga sebaliknya dengan posisi tubuh telungkup di atas permukaan.

9. Berjingkat

Berjingkat adalah berdiri atau berjalan dengan ujung jari kaki yang berjejak. Berjingkat dalam istilah olahraga memiliki arti lompat bertumpu dan mendarat dengan kaku yang sama pada nomor lompat jangkit.

10. Berguling

Gerakan berguling atau rolling adalah gerakan berputar tanpa berhenti di sepanjang permukaan. Gerakan ini bisa dilakukan dengan arah ke depan atau ke belakang maupun ke samping.

11. Berjalan Jongkok

Berjalan jongkok adalah kegiatan duduk namun untuk dubur tidak sampai menyentuh lantai, hanya kami yang menjadi tumpuan untuk menahan keseimbangan

12. berjalan Jinjit

berjalan jinjit adalah pergerakan yang dilakukan hanya dengan menggunakan sebagian kaki saja, dan menahan seluruh anggota tubuh.

13. Menggeser Benda

Terakhir yaitu gerakan menggeser benda. Hal ini tentunya dilakukan sebagai memindahkan beban. Dengan gerakan tentunya menggunakan otot dan juga keseimbangan tubuh.

Manfaat Gerakan Lokomotor

Setelah kamu mengetahui beberapa contoh gerakan lokomotor maka tentunya kamu harus mengetahui beberapa manfaat dari gerakan lokomotor. Dan diantara manfaat dari gerakan lokomotor yaitu sebagai berikut ini;

  • Melatih kesadaran tubuh sendiri
  • Melatih kesadaran konsep arah
  • Melatih kelincahan dan ketangkasan
  • Sebagai gerakan dasar yang bisa dilakukan manusia
  • Melatih keterampilan dan keberanian dalam melakukan suatu gerakan
  • Melatih kekuatan dan keseimbangan tubuh
  • Mengembangkan kemampuan mengenai ruang
  • Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh

Contoh Permainan Lokomotor

Terdapat beberapa contoh permainan yang bisa melatih lokomotor atau merupakan gerakan lokomotor. Dan diantara permainan tersebut diantaranya;

1. Egrang

Egrang merupakan permainan tradisional. Permainan ini membutuhkan dasar – dasar gerakan koordinasi, kelenturan, kelincahan, dan keseimbangan gerakan kaki dan tangan. Permainan ini dimainkan dengan menggunakan bambu atau batok kelapa.

2. Gobak Sodor

Gobak sodor juga dikenal dengan permintaan gasin atau galasin. permintaan ini biasanya dimainkan banyak orang yang terbagi kedalam 2 tim. Gerakan yang dilakukan yakni masing – masing tim melakukan pola menyerang dan menghadang.

Bagi tim penyerangan diharuskan melewati garis – garis pembatas sampai akhir, sedangkan tim yang bertahan harus menahan tim penyerangan agar tidak melewati garis – garis pembatas yang di jaga.

3. Engklek

Permainan tradisional ini merangsang kecerdasan gerak kinestetik karena dalam permainan ini para permainan ini para pemainnya di ajak untuk melakukan berbagai gerakan. Gerakan – gerakan tersebut antara lain melemparkan oncak (benda pipih berupa pecahan genting, marmer atau batu).

Pada gambar kotak – kotak yang dibuat di atas tanah serta berjalan dengan melompat menggunakan satu atau dua kaki.

4. Patil Lele

permainan tradisional bernama patil lele (tek tek atau gatrik atau benthik) menggunakan banyak gerakan fisik. Permainan ini merupakan permainan tim.

Ada tim yang melempar serta memukul kayu kecil dan tim yang menangkap kayu kecil yang dilemparkan dengan satu tangan maupun kedua tangan. Gerakan melempar dan menangkap dalam permainan ini melatih gerak lokomotor.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas maka dapat di tarik kesimpulan mengenai contoh gerakan lokomotor yaitu;

  • Gerakan lokomotor adalah gerakan yang menggerakkan tubuh untuk untuk ketangkasan, kelincahan dan kelenturan serta melatih perkembangan motorik
  • Manfaat dari Gerakan lokomotor adalah meningkatkan stamina tubuh dan juga meningkatkan kinerja saraf motorik
  • Contoh dari gerakan lokomotor yaitu;
    • Berlari
    • Berjalan
    • Melompat
    • Meloncat
    • Meluncur
    • Memanjat
    • menderap
    • Merayap
    • Berjingkat
    • Berguling
    • Berjalan Jongkok
    • Berjalan Jinjit Menggeser Benda
  • Contoh Permainan Lokomotor yaitu;
    • Egrang
    • Gobak Sodor
    • Engklek
    • Patil Lele

Akhir kata

Demikian pembahasan mengenai contoh gerakan lokomotor yang bisa media Mustakim sampaikan beserta pembahasan lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu semua. Dan akhir kata kami ucapkan terimakasih.

Seorang guru di pelosok Garut yang punya hobi menulis dan coba menuangkannya ke dalam blog. Terimakasih sudah membaca artikel dan tulisan sederhana saya di sini.

Artikel Menarik Lainnya: