14 Contoh Gunung Di Indonesia Yang Ada Di Berbagai Wilayah

14 Contoh Gunung di Indonesia yang Ada di Berbagai Wilayah

Indonesia memiliki pegunungan yang cukup banyak dan diantaranya ada yang masih aktif dan tidak. Adapun dalam kesempatan kali ini tim Mustakim Media akan menjelaskan beberapa contoh gunung di Indonesia yang cukup eksotis baik yang masih aktif atau tidak.

Tidak hanya itu, akan kami berikan gambar juga supaya kamu semakin tertarik untuk membaca lebih lanjut mengenai gunung-gunung yang ada di Indonesia. Simak sampai akhir ya!

1. Gunung Tambora

Contoh Gunung di Indonesia

Contoh gunung di Indonesia yang masih aktif pertama ada gunung Tambora dimana gunung ini terletak di Pulau Sumbawa dan gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2.850 di atas permukaan laut.

Gunung ini pernah meletus dahsyat pada Tahun 1815 dan klasifikasi letusan disebut paling besar bahkan terdahsyat sepanjang sejarah. Dan luas gunung ini mencapai sekitar 37 km.

2. Gunung Kelud

Contoh Gunung di Indonesia

Selanjutnya ada gunung kelud termasuk salah satu jenis gunung berapi yang aktif di Indonesia. Dimana Gunung Kelud ini mengalami letusan sejak 1.000 M dan letusan terakhir tahun 2014.

3. Gunung Kerinci

Contoh Gunung di Indonesia

Selanjutnya ada Gunung Kerinci dimana gunung ini merupakan gunung tertinggi di Sumatera, sekaligus Indonesia di luar Puncak jaya, Papua. Dimana letaknya berada diperbatasan Jambi dan Sumatera Barat dan masih jajaran Bukit Barisan.

Gunung ini termasuk gunung yang aktif dan memiliki tipe stravolcano dan terakhir meletus pada tahun 2009.

4. Gunung Merapi

Contoh Gunung di Indonesia

Gunung Merapi ini merupakan gunung yang terletak di Pula Jawa dengan jenis gunung paling aktif di Indonesia. Di letakkan berada di perbatasan Yogyakarta dengan Jawa tengah dan mencakup 4 wilayah kabupaten yaitu Sleman, Magelang, Boyolali dan Klaten.

Menurut tim yang memantau aktivitas gunung Merapi, gunung ini termasuk jenis gunung yang berbahaya karena mengalami letusan sudah sebanyak 68 kali sejak tahun 1548.

Dan catatan terkini setelah mengalami erupsi pada 21 Juni 2020 lalu, tingkat isyarat atau status makna tindakan Merapi berketinggian 2.968 mdpl ini, tidak lagi berada pada siaga melainkan sudah level II yakni waspada.

5. Gunung Bromo

Contoh Gunung di Indonesia

Contoh gunung di Indonesia selanjutnya ada Gunung Bromo dimana gunung ini memiliki ketinggian 2.329 mdpl dengan status gunung berapi aktif dan dipercaya sebagai gunung suci oleh warga setempat.

Letusan Gunung Bromo terjadi pada abad ke-20 dengan letusan paling terbesar terjadi tahun 1974. Sisi unik dari Gunung Bromo ini tetap menjadi destinasi wisata yang diminati wisatawan saat menjelajah alam Jawa Timur.

6. Gunung Dukono

Contoh Gunung di Indonesia

Gunung Dukono ini terletak di Halmahera Utara Maluku, dengan ketinggian sekitar 1.229 mdpl. Dan gunung ini menghembuskan material lava tahun 1550 dan sejak saat itu sampai sekarang masih aktif mengeluarkan letusan-letusan kecil.

7. Gunung Agung

Contoh Gunung di Indonesia

Contoh gunung di Indonesia selanjutnya ada Gunung Agung yaitu merupakan gunung yang memiliki ketinggian mencapai 3.031 mdpl. Dan gunung berapi ini bertipe stratovolcano yang memiliki kawah sangat besar.

Gunung Agung ini pertama kali menunjukkan aktivitas vulkanik tahun 1808 dan terakhir mengeluarkan letusan pada 2 juli 2018. Masyarakat Hindu di Bali percaya bahwa Gunung Agung adalah tempat bersemayam dewa-dewa.

8. Gunung Soputan

Contoh Gunung di Indonesia

Selanjutnya ada Gunung Soputan yaitu merupakan gunung berapi yang terletak di Sulawesi Utara, terbentuk pada masa kuartener dan termasuk jenis gunung api paling aktif.

Terbukti dengan seringnya terjadi letusan kecil dalam beberapa tahun sekali. Dan titik lokasi gunung ini berjarak sekitar 50 km di sebelah barat daya Kota Manado. Dan berdasarkan catatan, Gunung Soputan meletus pertama kali tahun 1785.

9. Gunung Slamet

Contoh Gunung di Indonesia

Contoh gunung di Indonesia selanjutnya yaitu ada Gunung Slamet yang memiliki ketinggian 3.438 mdpl. Dan gunung Slamet ini merupakan tipe gunung berapi kerucut yang terletak di lima kabupaten di Jawa Tengah. Yakni Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal dan Pemalang.

Gunung Slamet termasuk puncak tertinggi kedua di pulau Jawa dan terkenal dengan kawah yang masih aktif sampai sekarang. Tidak hanya itu, Gunung Slamet ini juga dijadikan objek wisata pendakian para wisatawan saat berkunjung ke Jawa tengah.

10. Gunung Sinabung

Contoh Gunung di Indonesia

Gunung Sinabung terletak di dataran tinggi Tanah Karo, gunung tersebut merupakan puncak tertinggi kedua di Sumatera Utara dengan ketinggian 2.452 mdpl. Dan Gunung Sinabung ini pertama ali meletus di tahun 2010 dan hampir setiap tahun menunjukkan aktivitas status level 3 atau siaga.

11. Gunung Raung

Contoh Gunung di Indonesia

Gunung Raung ini memiliki ketinggian mencapai 3.332 mdpl dan berada di Jawa Timur. Gunung Raung ini terletak lebih tepatnya di perbatasan wilayah Kabupaten banyuwangi, Jember dan Bondowoso.

12. Gunung Salak

Contoh Gunung di Indonesia

Contoh gunung di Indonesia lainnya adalah Gunung Salak dimana gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2.211 mdpl dan gunung ini berada di Jawa barat. Gunung Salak berada di wilayah Bogor dan Sukabumi, Jawa barat.

12. Gunung Tangkuban Perahu

Contoh Gunung di Indonesia

Gunung Tangkuban Perahu ini memiliki ketnggian mencapai 2.084 mdpl, Jawa Barat pegunungan ini terletak di Pulau Jawa di Kabupaten Bandung Jawa Barat dan kini wilayah ini dijadikan tempat wisata populer di Jawa Barat.

13. Gunung Sindoro

Contoh Gunung di Indonesia

Gunung Sindoro ini berada di Provinsi Jawa Tengah dan lebih tepatnya berada di Kabupaten Tumenggung dan Gunung Sindoro ini memiliki ketinggian mencapai 3.150 mdpl dari permukaan laut.

14. Gunung Galunggung

Contoh Gunung di Indonesia

Contoh gunung di Indonesia terakhir ada Gunung Galunggung yang memiliki ketinggian mencapai 2.167 mdpl dan berada di Provinsi Jawa Barat di kabupaten Tasik Malaya.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai beberapa contoh gunung di Indonesia baik yang masih aktif atau juga yang tidak aktif serta luas dan ketinggiannya. Semoga bermanfaat!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: