Contoh Hewan Ovipar Eksternal Dan Internal Beserta Cirinya

Contoh Hewan Ovipar Eksternal dan Internal Beserta Cirinya

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Tahukah kamu contoh hewan Ovipar eksternal dan internal? Yaitu hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Dan terdapat dua jenis cara hewan bertelur yaitu dengan cara eksternal atau di luar dan juga Internal atau bertelur di dalam.

Untuk lebih jelas mengenai pembahasan nya, maka media Mustakim akan menjelaskan mengenai beberapa contoh hewan Ovipar yang berkembang biak dengan bertelur eksternal dan Internal beserta pembahasan lain yang relevan. Silahkan kamu baca artikelnya sampai akhir.

Apa Itu Hewan Ovipar?

Sebelum kamu masuk pada pembahasan inti yaitu mengenai contoh hewan ovipar eksternal dan internal, maka sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai makna dari Ovipar. Agar pembahasan selanjutnya bisa dimengerti.

Dikutip dari halaman artikel p2k.stekom.ac.id Ovipar adalah salah satu cara berkembang biak hewan dengan cara bertelur yang pada umumnya memiliki ciri – ciri telurnya dierami sampai menetas. Dan kata Ovipar sendiri berasal dari kata OVUM yang artinya telur.

Jadi Hewan Ovipar adalah jenis hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Dan perlu kamu ketahui bahwa hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur ada dua yaitu; Bertelur dengan proses pembuahan di dalam (Internal) dan bertelur dengan pembuahan di Luar (Eksternal).

Ciri – Ciri Hewan Ovipar

Selanjutnya untuk membedakan dengan mudah yang disebut dengan hewan yang bertelur atau Ovipar tentunya kamu harus mengetahui ciri – ciri hewan tersebut. Dan ciri – ciri hewan ovipar dapat kamu lihat seperti;

  • Hewan Ovipar tidak memiliki daun telinga
  • Hewan Ovipar memiliki darah yang bersifat panas
  • Kebanyakan hewan ovipar berbulu tebal
  • Hewan ovipar memiliki sifat mengasuh. Yaitu mengasuh anaknya
  • Jenis hewan ovipar tidak memiliki kelenjar susu
  • Terakhir Hewan ovipar tidak menyusui anak nya (Kecuali platypus)
  • Induk mengeram telur nya hingga menetas
  • Telur berada di luar tubuh induk

Itulah beberapa ciri secara umum hewan ovipar atau hewan yang bertelur. Tentunya kamu akan dengan mudah menemukan beberapa jenis hewan yang bisa di lihat di lingkungan kita sehari hari untuk spesies hewan Ovipar.

Contoh Hewan Ovipar Eksternal dan Internal

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa hewan yang berjenis ovipar terdapat dua jenis menurut cara perkembangbiakan nya. Yaitu bertelur dengan pembuahan di luar (Eksternal) dan bertelur dengan cara pembuahan di dalam (Internal).

Dan berikut ini beberapa contoh hewan Ovipar yang bertelur dengan cara pembuahan Eksternal dan Internal.

1. Contoh Hewan Ovipar Eksternal

Dan berikut ini beberapa hewan ovipar yang berkembang biak dengan pembuahan di luar;

1.1 Katak

Katak merupakan hewan amfibi yaitu hewan yang hidup didalam 2 alam yaitu mampu hidup di air dan di darat. Cara berkembang biak hewan ini yaitu dengan cara bertelur. Hanya katak jantan membuahi telur yang sudah dikeluarkan betina di dalam air.

Setelah telur dibuahi oleh katak jantan selanjutnya akan berkembang dan menetas di dalam air menjadi kecebong atau berudu. dengan proses metamorfosis dimana muncul paru – paru kaki selanjutnya tumbuh dewasa.

1.2 Ikan

Yang selanjutnya ikan ikan merupakan hewan yang hidup di air. Cara perkembangbiakan ikan juga dengan cara bertelur dan jantan mengeluarkan sperma nya di luar setelah telur di keluarkan dari betina.

1.3 Salamander

Salamander dari keluarga Hynobiidae dan Cryptobranchidae melakukan fertilisasi eksternal dengan cara melepaskan telur dan sperma nya di air seperti kolam, danau dan juga sungai. Sel telur dan sperma kemudian akan bertemu secara tidak sengaja dan terjadi pembuahan eksternal.

1.4 Terumbuk Karang

Terumbuk karang juga merupakan hewan yang mengalami fertilisasi eksternal. reproduksi eksternal terjadi ketika semua spesies karang di suatu daerah melepaskan telur dan sperma pada waktu yang hampir bersamaan.

1.5 Udang

Proses perkembangbiakan udang memang dengan cara bertelur. Dalam proses ini sperma yang terbungkus dalam spermatophora dilepaskan oleh udang jantan dan disimpan dalam thelicum. Bila gomad udang betina sudah matang, maka telur akan dilepaskan dan dibuahi oleh sperma.

Artinya proses ini melakukan pembuahan dengan cara eksternal.

1.6. Tiram

Dikutip dari app.com kerang berkembang biak dengan cara melepaskan sel telur dan sperma di air. Proses reproduksi ini terjadi saat pertengahan musim panas di mana air hangat dan makanan planktonik berlimpah.

1.7 Bulu Babi

Proses perkembangbiakan bulu babi memang dengan cara peleburan antara sel sperma dan sel jantan (Fertilisasi) pada landak lamut umumnya terjadi secara eksternal atau melakukan pembuahan di luar.

1.8 Cumi – Cumi

Cumi – cumi merupakan hewan yang hidup di air. Proses perkembangbiakan cumi – cumi yaitu dengan cara bertelur. Dalam proses bertelur tersebut pembuahan nya dilakukan dengan cara pembuahan di luar atau eksternal.

2. Contoh Hewan Ovipar Internal

Setelah kamu mengetahui mengenai sistem perkembangbiakan pada hewan ovipar secara eksternal, maka selanjutnya kamu akan mempelajari mengenai proses perkembangbiakan hewan Ovipar dengan cara Internal. Atau melakukan proses pembuahan didalam.

Dan dibawah ini beberapa contoh hewan yang melakukan proses pembuahan telur di dalam induk. Yang diantaranya;

2.1 Hewan Jenis Aves/ Unggas

Yang pertama yaitu hewan jenis unggas, tentunya kamu akan sering menemukan hewan unggas di lingkungan kamu sendiri. Dan unggas berkembang biak dengan cara bertelur. Hanya saja proses pembuahan nya dilakukan di dalam atau dalam istilahnya proses pembuahan internal.

Dalam proses pembuahan telur tentunya adanya pertemuan sperma jantan dengan sel telur yang terjadi karena adanya pertemuan di dalam alat kelamin betina.

2.2 Hewan Jenis Insekta

Yang kedua hewan yang bertelur dengan proses internal yaitu jenis insekta atau serangga yaitu terjadi pada semut. Semut mampu bertelur hingga 100.000 hingga 300.000 telur dalam waktu beberapa hari.

Perkembangbiakan sel telur ini diemban oleh sang ratu, dan para pejantan memiliki tugas untuk kawin dengan ratu. Sementara telur yang menetas nantinya akan menjadi pekerja, tentara, pejantan atau menjadi ratu baru.

2.3 Buaya

Selanjutnya yaitu buaya. Buaya merupakan hewan yang hidup di dua alam yaitu mampu hidup didalam air dan juga di darat. Hewan ini berkembangbiak dengan cara bertelur setelah melakukan proses perkawinan antara jantan dan betina melalui alat kelaminnya.

2.4 Platypus

Selain buaya terdapat pula hewan Platypus. dan hewan ini melakukan proses perkembangbiakan dengan cara bertelur setelah melakukan proses perkawinan dengan jantan. Unik nya hewan ini yaitu memiliki kelenjar susu yang terdapat pada perut induk.

2.5 Ular

Yang terakhir adalah ulah. Ular juga melakukan proses perkembangbiakan dengan cara bertelur setelah melakukan proses perkawinan antara jantan dan betina melalui kelamin nya. Dan proses pembuahan sel telur terjadi di dalam rahim betina.

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai contoh hewan ovipar eksternal dan Internal yang dapat media Mustakim sampaikan. Dari pembahasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa;

1. Ovipar adalah hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur

2. Ovipar eksternal adalah hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur dan pembuahan nya dilakukan di luar rahim induk. Contoh hewannya seperti;

  • Katak
  • Ikan
  • Terumbuk karang
  • Cumi – cumi
  • Udang
  • Salamander
  • Tiram
  • Bulu Babi

3. Ovipar Internal adalah hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur dengan proses pembuahan didalam rahim induk. Contoh hewannya yaitu;

  • Unggas
  • Insekta
  • Buaya
  • Platypus
  • Ular

Seorang guru di pelosok Garut yang punya hobi menulis dan coba menuangkannya ke dalam blog. Terimakasih sudah membaca artikel dan tulisan sederhana saya di sini.

Artikel Menarik Lainnya: