Contoh Hukum Newton 1 Beserta Penjelasannya

Contoh Hukum Newton 1 Beserta Penjelasannya

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Contoh hukum newton 1 akan sangat mudah di temukan di kehidupan sehari – hari pasalnya hukum newton seringkali di pakai dan lam kehidupan. Hanya saja banyak orang yang belum memahaminya sehingga banyak yang menyadari bahwa hal tersebut masuk pada hukum Newton.

Hukum newton itu sendiri ditemukan oleh ilmuwan fisika terkenal yang bernaman Sir Isaac Newton. Nah, agar kamu memahami mengenai hukum Newton, maka cocok sekali kamu membaca artikel Media Mustakim ini. Dan untuk memahaminya kamu tinggal baca artikelnya sampai akhir.

Hukum Newton

Sebelum mempelajari mengenai contoh hukum Newton 1 maka alangkah sangat baik jika kamu mempelajari terlebih dahulu mengenai dari pengertian hukum Newton itu sendiri. Agar dalam dalam pembelajarannya dapat dipahami dengan mudah.

Dan dikutip dari halaman gramedia.com Hukum Newton adalah hukum gerak yang menjadi hukum dasar dinamika dengan merumuskan gaya terhadap pengaruh gerak pada benda tertentu. Rumus ini kemudian dikenal dengan Hukum Newton 1, Hukum Newton 2 dan Hukum Newton 3 yang dimana saling berkaitan.

Istilah Newton ini kemudian dijadikan sebagai satuan gaya demi menghormati Sir Isaac Newton atas penemuannya. Namun pada pembahasan kami kali ini akan berfokus pada penjelasan mengenai Hukum Newton 1.

Pengertian Hukum Newton 1

Hukum Newton 1 menunjukan resultan gaya yang bekerja pada benda dengan komposisi yang sama dengan nol, maka benda yang awalnya diam akan selamanya terus diam. Sedangkan benda yang awalnya bergerak lurus beraturan, maka akan selamanya terus bergerak lurus beraturan dalan kecepatan tetap.

Artinya dalam hukum Newton 1 percepatan benda berbanding lurus dengan gaya yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massa atau berat itu sendiri. Dan sifat benda pada hukum newton 1 cenderung mempertahankan keadaannya dengan kadar inersia yang sama.

Dan hukum Newton 1 disebut juga dengan istilah Hukum Kelembaman. karena bentuk dari momen inersia pada hukum Newton 1 terjadi beragam, misalnya momen inersia linear, momen inersia massa, dan momen inersia polar atau kutub.

Bunyi Hukum Newton 1

Untuk bunyi dari hukum Newton 1 adalah “Saat resultan gaya yang bekerja pada benda yang komposisinya sama dengan nol, maka benda yang awalnya diam akan tetap terus diam.

kemudian benda yang awalnya bergerak lurus beraturan maka akan tetap bergerak lurus beraturan dengan kecepatan yang tepat”.

Rumus Hukum Newton 1

Setelah kamu mengetahui penjelasan mengenai hukum Newton 1 maka langkah selanjutnya yaitu mengetahui tentang rumus hukum Newton 1. dan diambil dari kutipan orami.co.iad rumus dari hukum Newton 1 adalah Sigma F = 0 dengan satuan Kg m/s2.

Dan setiap hukum newton tentunya rumus yang digunakan akan berbeda beda.

Contoh Hukum Newton 1

Ilustrasi yang menjelaskan mengenai hukum newton 1 bisa kamu perhatikan saat laju mobil dengan kecepatan tetap (konstan), tentunya penumpang akan ikut berada dalam keadaan tetap diam. Namun jika tiba – tiba rem mobil di tekan maka tubuh penumpang akan bergerak terdorong ke depan.

Hal ini terjadi karena mobil yang di tunggangi tiba – tiba berhenti. Dan sebaliknya jika mobil berjalan dengan pelan dan tiba – tiba di gas maka penumpang di kursi mobil dalamnya akan terdorong ke arah belakang.

Selain itu hukum ini juga sudah dibuktikan oleh para astronom saat berada di luar angkasa dengan mencoba mendorong sebuah pensil, dan pensil bergerak lurus dengan kecepatan tetap, dan kemudian berhenti bergerak setelah menabrak dinding pesawat luar angkasa. Dan ini terjadi karena tidak ada udara.

Contoh Hukum Newton dalam Kehidupan Sehari Hari

penjelasan mengenai contoh di atas tentunya memang bisa terjadi di kehidupan sehari – hari, karena memang sejatinya kejadian itu dapat dirumuskan oleh rumus newton dan termasuk pada hukum Newton.

Namun sebenarnya sangatlah banyak kejadian yang terjadi dalam kehidupan sehari – hari mengenai hukum newton. Dan berikut ini contoh hukum newton dalam kehidupan sehari – hari.

  • Yang pertama saat menginjak rem mobil dalam keadaan kecepatan mobil yang konstan, maka mobil akan berhenti karena gaya gesek anatar ban dan jalan menghentikan gerakan
  • Saat bola dilempar ke udara, maka bola akan bergerak dengan kecepatan konstan serta sejajar dengan arah lemparan, sebelum dipengaruhi oleh gaya gravitasi dan hentakan
  • Saat kereta api yang bergerak dengan kecepatan konstan berhenti tiba – tiba, penumpang dalam kereta akan terdorong ke depan karena hukum inersia menyebabkan tubuh cenderung untuk tetap bergerak maju
  • Saat bedan dilempar ke atas di dalam mobil yang bergerak dengan kecepatan kontan, benda tersebut akan terlihat bergerak mundur. Sebab, pelempar dan benda tersebut, bergerak dengan kecepatan yang sama
  • Contoh selanjutnya yaitu pipa lurus, air akan mengalir dengan kecepatan konstan jika tidak ada gaya eksternal yang mempengaruhinya
  • Saat aliran air dari selang dimatikan mendadak (dengan cepat), air di dalam selang akan terus bergerak keluar sejenak sebelum berhenti
  • Ketika dilempar ke atas, koin akan mencapai ketinggian maksimum sesat sebelum turun kembali ke tanah hal ini karena gerakan terhenti oleh gaya gravitasi
  • Penumpang akan terdorong ke belakang saat mobil yang semual diam tiba – tiba bergerak, terutama jika kecepatan tinggi
  • Ketika taplak penutup meja ditarik secara cepat, benda di atasnya seperti vas bunga atau piring biasa tetap benda dalam keadaan diam

Kesimpulan

Dan itulah pembahasan mengenai contoh hukum Newton 1 dengan penjelasan lainnya yang relevan terhadap materi yang di bahas. Dan dapat disimpulkan bahwa

  • Hukum Newton adalah hukum gerak
  • Hukum Newton 1 adalah percepatan benda berbanding lurus dengan gaya yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massa atau berat itu sendiri
  • Rumus hukum newton 1 yaitu Sigma F = 0 dengan satuan Kg m/s2
  • Contoh hukum newton 1 seperti pergerakan yang asalnya tenang tiba – tiba berhenti

Semoga informasi yang kamu sampaikan bermanfaat. Akhir kata kami ucap terimakasih.

Seorang guru di pelosok Garut yang punya hobi menulis dan coba menuangkannya ke dalam blog. Terimakasih sudah membaca artikel dan tulisan sederhana saya di sini.

Artikel Menarik Lainnya: