Contoh Irama yang Mengiringi Gerak Ritmik Kecuali

Buat kamu yang mencari contoh irama yang mengiringi gerak ritmik kecuali joged maka kamu akan sangat mudah menemukannya. Karena gerak ritmik adalah gerakan olahraga dasar yang dilakukan dengan menggunakan alunan musik.

Pentingnya melakukan gerakan ritmik untuk meningkatkan imun tubuh. Yaitu menjaga kesetabilan tubuh dan tidak mudah sakit. Dan di pembahasan kali ini Media Mustakim akan membahas Irama yang mengiringi gerak ritmik kecuali joged. Untuk itu simak pembahasan-nya sampai akhir.

Pengertian Gerak Ritmik

Sebelum masuk pada pembahasan mengenai contoh irama yang mengiringi gerak ritmik kecuali joged, alangkah sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu apa yang disebut dengan gerak ritmik itu sendiri. Agar mudah memahami materi-nya.

Dikutip dari halaman liputan6.com gerakan ritmik adalah kombinasi gerakan olah raga dasar yang dilakukan dengan alunan musik. Dan gerak ritmik juga merupakan gerakan senam irama. gerakan ritmik merupakan gerakan yang diatur.

Sebenarnya gerakan ritmik yang asli dilakukan dengan menggunakan alat – alat yang dipegang (hand aparatus) seperti bola, tali, pita, dan gada. Namun pada umumnya gerak ritmik tidak menggunakan alat. Dan seiring berjalannya waktu gerak ritmik berubah nama menjadi gerak senam ritmik modern.

Irama Yang Mengiringi Gerak ritmik

Pada kemunculan gerak ritmik, irama ritmik yang digunakan untuk gerak ritmik adalah lagu – lagu berirama 3/4 atau 6/8 seperti lagu Desaku atau Kelinciku. Dan pada awalnya gerakan ritmik adalah gerakan kalestenik (latihan bebas) yang bersifat lambang dengan iringan musik dilakukan secara massal.

Namun seiring dengan berkembangnya zaman gerakan ritmik modern (modern rhythmic gymnastics) karena sifatnya yang lebih kompetitif. dan sejak saat itulah gerakan senam ritmik menghilang dari ruang lingkup pendidikan jasmani di sekolah.

Dan diambil dari buku berjudul Pendidikan Jasmani, Olahraga dan kesehatan oleh Moh.Gilang, fungsi gerakan ritmik adalah paling utama menyalurkan rasa seni atau menikmati keindahannya, sekaligus membina atau meningkatkan seni gerak.

Contoh Irama Yang mengiringi Gerak Ritmik Kecuali Joged

Selanjutnya untuk irama yang mengiringi gerak ritmik kecuali joged bisa kamu lihat seperti dibawah ini.

Perlu kamu tahu dalam senam ritmik irama memainkan peran penting dalam mengiringi gerakan ritmik yang dilakukan pesenam. Irama musik yang digunakan dalam senam ritmik memiliki karakter tertentu yang sesuai dengan tuntutan gerakan yang dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa contoh irama yang mengiringi gerak ritmik dalam senam, namun tidak termasuk joged.

1. Irama 2/4

Yang pertama irama 2/4 yaitu merupakan irama yang cukup umum digunakan dalam senam ritmik. Irama ini memiliki hitungan 1,2,1,2, yang di hitung berulang. Ketukan yang teratur dan stabil pada irama 2/4 membuat gerakan menjadi teratur dan sinkron dengan musik yang mengiringinya.

2. Irama 3/4

Yang kedua irama 3/4 yang memiliki ketukan 1,2,3,1,2,3, dan di ulang-ulang. Irama ini memberikan kesan yang lebih melambat dan melodi yang melambat. gerakan pesenam dalam gerak ritmik yang mengikuti irama 3/4 akan lebih anggun dan mengalir dengan lembut.

3. Irama 4/4

Yang ketiga Irama 4/4 yaitu irama yang paling umum digunakan dalam musik secara umum, termasuk dalam senam ritmik. Hitungan irama 4/4 yaitu 1,2,3,4,1,2,3,4. Irama ini memberikan kestabilan dan ritme yang kuat, sehingga gerakan senam ritmik akan terlihat energik dan dinamis.

4. Irama 6/8

Selanjutnya irama 6/8 yaitu memiliki pola ketukan yang lebih kompleks, dimana bilangannya 1,2,3,4,5,6,1,2,3,4,5,6. Irama ini memberi nuansa yang lebih berirama dan terkadang terasa seperti irama yang mengajak pesenam untuk mengikuti alur musik dengan lebih ekspresif.

5. Irama 5/4

Yang ke lima irama 5/4 yaitu irama yang memiliki ketukan yang unik dan jarang digunakan dalam senam ritmik. Pola ketukan irama 5/4 yaitu 1,2,3,4,5,1,2,3,4,5. Irama ini memberikan variasi yang menarik dan kompleks pada gerakan pesenam dalam senam ritmik.

6. Irama 7/8

yang selanjutnya irama 7/8 yangmemiliki pola ketukan yang sangat kompleks dan terdiri dari 7 ketukan, yaitu 1,2,3,4,5,6,7. Irama ini memberikan nuansa yang lebih eksperimental dan menantang bagi pesenam dalam mengikuti gerakan dan ketukan musik yang kompleks.

7. Irama 9/8

Ke tujuh irama 9/8 yaitu irama yang memiliki ketukan yang lebih panjang dan kompleks, yaitu 1,2,3,4,5,6,7,8,9. Irama ini memberikan variasi yang menarik dan tantangan dalam mengatur gerakan pesenam agar tetap sinkron dengan ketukan musik yang terus berubah.

8. Irama 12/8

Yang ke 8 irama 12/8 dimana pola ketukan yang panjang dan kompleks, yaitu 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12. Irama ini memberikan ruang yang luas bagi pesenam dalam melakukan variasi gerakan dan mengekspresikan diri dengan lebih leluasa.

9. Irama 6/4

Yang selanjutnya irama 6/4 dimana ketukan yang unik dengan pola 1,2,3,4,5,6. Irama ini memberikan variasi dan keunikan dalam gerakan pesenam dalam mengikuti gerakan dan ketukan musik yang kompleks.

10. Irama 7/4

Terakhir yan gmemiliki irama 7/4 yaitu ketukan yang sangat kompleks dengan pola 1,2,3,4,5,6,7. Irama ini memberikan variasi dan tantangan bagi pesenam dalam mengikuti gerakan dan ketukan musik yang kompleks.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai contoh irama yang mengiringi gerak ritmik kecuali joged. Dari pembahasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa;

1. Gerakan ritmik adalah kombinasi gerakan olah raga dasar yang dilakukan dengan alunan musik.

2. Contoh irama yang mengiringi gerak ritmik kecuali joged

  • Irama 2/4
  • Irama 3/4
  • Irama 4/4
  • Irama 6/8
  • Irama 5/4
  • Irama 7/8
  • Irama 9/8
  • Irama 12/8
  • Irama 6/4
  • Irama 7/4

Semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat untuk kamu semua dan akhir kata kami ucapkan terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya: