Contoh Keadilan Distributif dan Penjelasannya (Lengkap)

Nah, ternyata keadilan itu ada bermacam-macam ada keadilan komunikatif, kodrat alam, konvensional, distributif dan lainnya. lantas apa itu contoh keadilan distributif? Kamu bisa simak artikel ini sampai selesai.

Di sini akan dijelaskan apa itu keadilan dan juga pengertiannya menurut para ahli serta apa saja contoh dari keadilan-keadilan tersebut. Yuk, simak penjelasannya sampai akhir ya agar kamu tidak ketinggalan informasi mengenai artikel ini.

Pengertian Keadilan Menurut Para Ahli

Sebelum beranjak ke penjelasan mengenai mari kita bahas dulu mengenai pengertian keadilan dan berikut penjelasannya di bawah ini yaitu.

1. Menurut KBBI

Adil menurut KBBI berarti yaitu:

  • Tidak berat sebelah atau tidak memihak
  • Berpihak kepada yang benar atau berpegang kepada kebenaran
  • Tidak sewenang-wenang atau sepatutnya.

Dengan demikian pada hakikatnya makna dari adil ialah tidak memihak pada satu kubu tertentu atau pun tidak membeda-bedakan serta tidak berbuat sewenang-wenang.

Terdapat beberapa filsafat terkenal yang telah turut menuturkan pendapat mereka mengenai keadilan sendiri.

2. Menurut Plato

Menurut plato sendiri keadilan lebih ditekankan kepada harmonisasi atau keselarasan ia mendefinisikan keadilan sebagai “the supreme virtue of good state” sedangkan seseorang yang berbuat adil merupakan.

the self disciplined man whose passions are controlled by reasons” plato sendiri beranggapan bahwa keadilan dan hukum tidaklah dapat dihubungkan secara langsung.

2. Menurut Aristoteles

Keadilan menurut aristoteles merupakan pandangan keadilan yang bertolak pada aliran filsafat realisme. Keadilan adalah tindakan yang terletak diantara memberikan terlalu banyak dan sedikit yang dapat diartikan memberikan sesuatu kepada setiap orang sesuai dengan apa yang menjadi haknya.

3. Menurut Frans Magnis Suseno

Keadilan adalah keadaan antara manusia yang diperlakukan dengan sama sesaui dengan hak dan kewajibannya masing-masing.

Apa Itu Keadilan Distributif

Seperti yang telah kita ketahui bahwa menurut aristoteles pandangan keadilan yang bertolak pada aliran filsafat realisme. Aliran filsafat realisme merupakan bentuk reaksi dari munculnya aliran filsafat idealisme.

Filsafar realisme berpandangan bahwa segala objek indera adalah riil dan dapat berada sendiri tanpa bersandar kepada pengetahuan lain atau pun kesadaran akal.

Dengan demikian aristoteles menekankan konsep keaslian menurut dirinya menekankan konsep keaslian menurut dirinya ada pada proporsi atau pertimbangan. Dalam kata lain, konsep keadilan menurut Aristoteles didasarkan pada prinsip persamaan.

Selain itu Aristoteles didasarkan pada prinsif persamaan selain itu Aristoteles juga memberikan pembedaan mendasar kepada konsep keadilan itu sendiri, menurutnya keadilan dapat dibedakan menjadi lima jenis keadilan, yaitu:

  • Keadilan Komunitatif
  • Keadilan distributif
  • Keadilan kodrat alam
  • Keadilan konvensional
  • Dan keadilan Perbaikan

Lalu apa yang di maksud dari keadilan distributif? Jadi, keadilan distributif ini merupakan salah satu keadilan menurut Aristoteles.

Dimana keadilan ini adalah sebuah keadilan yang menuntut bahwa setiap orang mendapatkan apa yang menjadi haknya dengan melihat porsi prestasinya masing-masing.

Jadi sifat dari keadilan distributif sendiri ialah proporsional. Dalam kata lain keadilan dengan makna ini memberikan perlakuan yang sama terhadap semua orang yang sama terhadap semua orang sesuai dengan jasa-jasa yang telah dilakukan.

Selain itu keadilan distributif juga memberikan perlakuan yang sama kepada setiap orang yang sama kepada setiap orang yang sedang dalam situasi yang sama.

Keadilan distributif juga memberikan perlakuan yang sama kepada setiap orang yang sedang di dalam situasi yang sama kepada setiap orang yang sedang di dalam situasi yang sama. Keadilan distributif juga membahas mengenai penentuan hak yang adil antara masyarakat dengan negara.

Contoh Keadilan Distributif

Nah, setelah memahami keadilan distributif itu apa yaitu mengenai penentuan hak serta pembagian hak yang adil antara masyarakat dengan negara. Hak yang di maksud di sini dapat dibagi undivided goods seperti kemanfaatan bersama dalam bentuk fasilitas publik, perlindungan, dan lain-lain.

Selain itu ada undivided goods, benda yang dapat habis dibagi. Jadi, keadilan distributif yang dimaksud oleh aristotoles sendiri berfokus pada distribusi kekayaan, honor, dan berbagai barang lain yang sama-sama di peroleh di dalam masyarakat.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa keadilan distributif membicarakan pembagian hak dan kewajiban secara adil dan proporsional sesuai dengan peran masing-masing individu di dalam masyarakat.

Contoh keadilan distributif yaitu adalah karyawan yang telah bekerja selama 30 tahun maka ia pantas mendapatkan kenaikan jabatan atau pangkat sebagai sebuah apresiasi keadilan yang harus ia miliki karena sudah mengabdi cukup lama kepada perusahaan ia bekerja.

Prinsif Keadilan Distributif

Nah, selain memahami apa itu contoh keadilan distributif kamu juga perlu mengetahui apa saja prinsif keadilan distributif dan berikut beberapa prinsif keadilan distributif yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. The Greates Equal Prnciple

Maksudnya ialah setiap orang harus memiliki hak yang sama atas kebebasan dasar paling luas, seluas kebebasan yang sama bagi semua orang. Prinsip ini merupakan prinsif paling mendasar yang harus dimiliki setiap orang.

Maksud dari prinsip ini ialah bahwa dengan jaminan kebebasan yang sama bagi semua orang maka makna keadilan sendiri itu dapat dicapai.

2. Ketidaksamaan Sosial

Yaitu ekonomi haruslah diatur sedemikian rupa sehingga harus diperhatikan asas The Different Principle. Dan asas The Principle of fair equality of opportunity.

Macam-Macam Keadilan

Dan berikut beberapa macam keadilan yang perlu kamu ketahui selain dari keadilan distributif, diantaranya adalah:

1. Keadilan Komunikatif

Yaitu keadilan adalah yang memberikan kepada masing-masing orang terhadap apa yang menjadi bagiannya dengan berdasarkan hak seseorang pada suatu objek tertentu.

Contoh keadilan komunikatif adalah Iwan membeli tas Andri yang harganya Rp.100.000. Maka Iwan membayar Rp.100.000 ribu juga seperti yang telah disepakatinya.

2. Keadilan Distributif

Yaitu keadilan yang memberikan kepada masing-masing terhadap apa yang menjadi hak pada suatu subjek hak yaitu individu.

Contohnya adalah karyawan yang telah bekerja selama 30 tahun maka ia pantas mendapatkan kenaikan jabatan atau pangkat.

Yaitu keadilan menurut undang-undang dimana objeknya adalah masyarakat yang dilindungi UU untuk kebaikan bersama. Contohnya keadilan legal adalah semua pengendara wajib menaati rambu-rambu lalu lintas.

4. Keadilan Vindikatif

Yaitu keadilan vidikatif adalah keadilan yang memberikan hukuman atau denda sesuai pelanggaran atau kejahatannya. Contoh keadilan ini adalah pengedar narkoba yang pantas di hukum berat.

5. Keadilan kreatif

Keadilan yang memberikan masing-masing orang berdasarkan bagiannya yang berupa kebebasan untuk mencapai kreatifitas contoh kebebasan dalam menulis, bersyair dan lainnya.

6. Keadilan Protektif

Yaitu keadilan yang memberikan penjagaan atau perlindungan kepada pribadi dari ketidaksewenangan pihak lain contoh polisi menjaga masyarakat dari penjahat.

7. Keadilan Sosial

Yaitu keadilan yang tergantung dari struktur ekonomi, politik, sosial, budaya, dan ideologis dalam masyarakat.

Akhir kata

Demikian penjelasan mengenai contoh keadilan distributif yang perlu kamu ketahui begitu prinsif dan juga macam-macamnya semoga artikel ini dapat membantu ya!

Artikel Menarik Lainnya: