11 Contoh Kerajinan Dari Sisik Ikan Yang Unik Dan Menarik

11 Contoh Kerajinan dari Sisik Ikan yang Unik dan Menarik

11 Contoh Kerajinan dari Sisik Ikan yang Unik dan Menarik

Kerajinan dari sisik ikan bisa menjadi karya seni yang memiliki keindahan dan bahkan juga nilai ekonomis. Sisik ikan dianggap sebagai limbah yang sering kali dibuat dan tidak punya nilai guna. Dengan membuat kerajinan dari sisik ikan, benda yang sebelumnya tidak berguna menjadi punya nilai.

Kreativitas seseorang akan terasah ketika mampu membuat karya seni dari benda atau barang yang sebelumnya tidak memiliki nilai guna atau sering dibuat. Sisik ikan punya potensi sebagai bahan yang bisa disulap menjadi berbagai kerajinan.

Contoh Kerajinan dari Sisik Ikan yang Menarik dan Unik

Inspirasi dalam membuat kerajinan yang berbahan sisik ikan dapat diperoleh dari contoh yang pernah ada. Ada beragam contoh kerajinan yang bisa dijadikan bahan acuan dalam membuat kerajinan berbahan sisik ikan tersebut, seperti diuraikan dalam ulasan di bawah ini.

1. Kerajinan Sisik Ikan Berupa Aksesoris

Satu contoh kerajinan yang bisa dibuat dari sisik ikan adalah Aksesoris. Ada beberapa pilihan aksesoris yang pernah dihasilkan dengan memanfaatkan sisik ikan sebagai bahan dasarnya. Berikut ini contoh aksesoris yang bisa dibuat dengan sisik ikan.

1.1. Anting – anting

Karakter sisik ikan yang berkilau dengan bentuk bulat hingga oval tersebut cocok dijadikan sebagai anting – anting. Dengan memakai anting – anting dari sisik ikan tersebut maka akan terlihat kesat yang etnik dan unik.

1.2. Bros

Selain Anting – anting, kerajinan dari sisik ikan lain yang sering dijumpai adalah bros. Dengan memanfaatkan sisik ikan, bros yang dibuat jadi lebih menarik dan pastinya unik serta berbeda dibandingkan lainnya.

1.3. Kalung

Bentuk sisik ikan yang bisa berkilau ketika terkena cahaya memang cocok dijadikan sebagai aksesoris tubuh penganti perhiasan. Salah satu aksesoris yang dapat dibuat dengan sisik ikan adalah kalung.

1.4. Pita Rambut

Pilihan aksesoris lainnya yang juga dapat dibuat dengan menggunakan sisik ikan adalah pita rambut. Dengan kerajinan ini, pita rambut bukan hanya digunakan untuk menata rambut saja melainkan juga dapat menjadi mahkota yang memperindah kepala serta rambut seseorang.

1.5. Gantungan Kunci

Gantungan kunci jadi pilihan kerajinan yang sering dibuat menggunakan berbagai bahan bekas. Gantungan kunci juga termasuk salah satu contoh kerajinan dari sisik ikan yang paling banyak dibuat dan menjadi cinderamata di beberapa daerah.

1.6. Gelang

Aksesoris yang juga bisa dibuat dari sisik ikan adalah gelang. Sama seperti kalung, karakter sisik ikan yang bisa berkilau jadi alasan mengapa menarik dan bagus untuk dijadikan gelang. Sisik ikan menjadikan kesan gelang lebih unik dan mewah saat digunakan.

2. Kerajinan Sisik Ikan Berupa Hiasan Rumah

Selain dijadikan sebagai aksesoris, sisik ikan juga dibuat kerajinan hiasan rumah. Kamu dapat membuat berbagai jenis hiasan rumah dari sisik ikan. Berikut ini contoh hiasan rumah yang merupakan kerajinan dari sisik ikan.

2.1. Taplak Meja

Bentuk kerajinan yang bisa dibuat dari Sisik Ikan berupa hiasan pertama adalah taplak meja. Kamu dapat menghiasi taplak meja dengan berbagai bentuk sisik ikan. Adanya tambahan sisik ikan yang dibentuk hingga menarik menjadikan taplak meja lebih terlihat berkelas dan tentunya unik.

2.2. Lampu Hias

Kamu juga bisa membuat lampu hias dengan menggunakan sisik ikan. Kerajinan dari sisik ikan berupa lampu hias ini bisa dibuat karena sisik dari ikan memang memiliki karakter transparan seperti kaca. Dengan karakter tersebut, kamu bisa membuat hiasan lampu yang lebih menarik.

2.3. Hiasan Bunga

Salah satu kerajinan yang pasti bisa dibuat dengan berbagai bahan alam dan benda – benda tidak berguna adalah bunga. Kamu bisa membuat hiasan bunga tersebut dengan memanfaatkan sisik ikan. Sempurnakan hiasan bunga dengan mewarnai sisik ikan sesuai keinginan sehingga lebih menarik.

2.4. Hiasan Dinding

Bentuk hiasan rumah yang juga bisa dibuat dari sisik ikan adalah hiasan dinding. Kamu dapat membuat berbagai bentuk hiasan yang nantinya bisa ditempel pada dinding. Dengan hiasan tersebut, ruangan rumah akan terlihat lebih menarik dan tentunya berbeda suasananya.

2.5. Vas Bunga

Selain keempat hiasan rumah tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan sisik ikan sebagai bahan dalam membuat vas bunga. Tampilannya akan terkesan lebih mewah dan tentunya dapat memberikan nilai seni di dalam rumah yang lebih menarik dan tidak membosankan.

FAQ | Pertanyaan Tentang Kerajinan dari Sisik Ikan

Bagaimana cara menjadikan sisik ikan sebagai kerajinan ?

Kamu perlu mengolah limbah sisik ikan terlebih dahulu dengan mencucinya dan menggunakan beberapa bahan lain seperti air jeruk dan larutan benzoat sebelum menjadikannya sebagai bahan kerajinan.

Apakah kerajinan dari sisik ikan punya nilai ekonomis ?

Iya, keunikan dan tampilan yang menarik dari kerajinan sisik ikan dapat dijual dan memang sudah menjadi salah satu cinderamata dari beberapa daerah pesisir di Indonesia.

Apakah semua jenis sisik ikan dapat digunakan kerajinan ?

Tidak, kamu perlu memilih sisi yang berukuran besar dan memang bisa digunakan sebagai bahan kerajinan contohnya sisik dari ikan Kakap dan ikan Arwana.

Freelancer content writer teknologi. Sangat suka dengan dunia teknologi, seperti melihat masa depan.

Artikel Menarik Lainnya: