5 Contoh Kliping yang di Print PDF dan Cara Membuatnya

Bagaimana cara membuat kliping yang benar? Caranya sangat mudah, ada beberapa contoh kliping yang di print. Agar tidak sulit dalam membuat kliping, pahami pengertian kliping, tujuan, struktur, serta cara membuatnya.

Apa Itu Kliping?

Secara umum, kliping adalah memotong beberapa bagian penting dari media cetak seperti majalah, koran, tabloid, buku, maupun sumber lain. Potongan tersebut bukan asal potong, tapi biasanya memotong bagian informasi yang ditempel ke buku, kertas HVS, karton, dll.

Kliping biasanya tugas pelajaran bahasa Indonesia dan biasanya menjadi bahan dokumentasi. Sejumlah topik yang dijadikan klipping biasanya kumpulan informasi suatu topik tertentu. Dalam prosesnya, siswa harus mengumpulkan bahan serta topik yang akan dibahas.

Di dalam pelajaran bahasa Indonesia, kliping dijadikan sebagai media untuk memahami materi tentang berita dan artikel.

Menurut Murtono dalam buku Seni Budaya Keterampilan (2007) Kliping merupakan proses mengumpulkan gambar dari media lalu ditempelkan pada media lain seperti kertas atau buku.

Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kliping adalah potongan bagian tertentu yang diperoleh dari surat kabar dan media lain yang sangat penting untuk disimpan.

Contoh Kliping yang di Print PDF

Sumber berita dengan tema berbeda-beda kini dapat ditemukan di internet. Banyak platform media online yang bisa kamu gunakan sebagai sumber untuk bahan kliping. Caranya bisa di cut dan paste ke Microsoft word lalu diubah ke dalam format PDF kemudian di print.

1. Contoh Kliping Olahraga

Contoh kliping yang di print pertama tentang penggalan berita olahraga yang diperoleh dari media online. Teknik mengambil data dari media online sangat mudah, kamu bisa menyalinnya atau screenshoot kemudian di paste ke Microsoft Word. Sebelum dicetak, ubah dulu format kliping menjadi PDF.

Sumber Kliping dari Detik.com

2. Contoh Kliping Tentang Ekonomi

Contoh kliping yang di print berikutnya tentang berita ekonomi yang diperoleh dari media Kumparan.com. Mencetak kliping lewat internet lebih mudah daripada mengumpulkan koran karena, media cetak mulai jarang ditemukan terutama di pedesaan.

Contoh Kliping yang di Print PDF

Sumber dari Kumparan.News

3. Contoh Kliping Mengenai Kecelakaan

Contoh kliping yang di print selanjutnya mengenai berita musibah yang terjadi di Thailand. Kalau kamu mau membuat kliping dari media online, inilah perkiraan gambarnya.

Sumber informasi dari Medcom.id

4. Contoh Kliping Tema Makanan

Contoh kliping yang di print berikutnya tentang makanan, sumber kliping ini diperoleh dari detik food.

Contoh Kliping yang di Print PDF

Sumber Informasi dari DetikFood

5. Contoh Kliping Tema Kesehatan

Berikutnya adalah contoh kliping yang di print mengenai kesehatan:

Sumber berita dari DetikHealth

Cara Membuat Kliping di Microsoft Word

Setelah mengenal beberapa contoh kliping yang di print, berikutnya pahami cara membuat kliping melalui Microsoft word.

1. Buka Portal Berita Online

Cari berita yang sesuai dengan tema kliping, kamu bisa membuka portal berita seperti detik.com, kumparan.com, atau Kompas.com. Berbagai tema berita telah tersedia tinggal screen capture lalu simpan.

2. Screen Capture Berita

Berikutnya, kamu harus melakukan screen capture tepat pada berita yang dipilih. Setelah itu, simpan beberapa informasi berita di halaman lain.

3. Buka Microsoft Word

Langkah berikutnya, buka Microsoft Word untuk menyimpan informasi berita yang tadi telah screenshoot. Buka halaman baru kemudian tekan Ctrl+V untuk menyimpan data berita yang tadi telah disalin.

4. Edit Ukuran Kliping

Selanjutnya sesuaikan ukuran foto hasil capture berita yang telah ditempel ke Microsoft Word. Setelah menyesuikan ukurannya lanjutkan menyimpan kliping ke dalam format PDF atau dokumen.

5. Print Kliping

Berikutnya, cetak kliping yang sebelumnya telah disusun, mencetak kliping lewat printer. Kalau sudah dicetak, kamu bisa menempelkannya ke karton atau kertas HVS. Jika sudah tersusun, tugas kliping bisa dikumpulkan.

Cara Membuat Kliping Secara Manual

Sebelum ke contoh kliping yang di print, kamu harus mengenal dulu cara membuat kliping. Saat ini, kamu juga bisa mendapatkan sumber kliping dari media online.

Berikut ini beberapa langkah cara membuat kliping secara umum.

1. Tentukan Tema

Langkah pertama, kamu harus menentukan dulu tema berita atau sumber informasi yang akan dibuat menjadi kliping. Menentukan tema di awal sangat penting untuk memudahkan pengumpulan data informasi.

Tema kliping beragam mulai dari bisnis, teknologi, olahraga, kesehatan, industri, dan masih banyak lagi.

2. Mengumpulkan Data Informasi

Jika sudah menentukan tema, berikutnya adalah proses mengumpulkan informasi dari media cetak atau media online. Kalau kamu tidak dapat menemukan koran, tabloid, atau majalah kamu bisa mencarinya dari internet. Temukan informasi sesuai tema yang telah ditentukan.

3. Persiapkan Alat

Langkah berikutnya, siapkan media untuk menempelkan kliping, lem atau double tip, karton, serta kertas untuk mencetak kliping dari media online.

4. Potong Bagian Penting dari Kliping

Kalau sudah mengumpulkan data berita atau potongan berita telah dicetak selanjutnya tinggal menggunting dan merapikan sebelum ditempel ke karton. Gunting beberapa bagian sesuai kreatifitas untuk membuatnya menjadi lebih menarik.

5. Tempel Data Informasi ke Kertas, Buku, atau Karton

Setelah memotong sejumlah bagian, berikutnya tempel data-data tersebut ke karton atau kertas. Jangan asal menempelkan kliping, tapi pastikan agar disesuaikan dengan tahun terbit informasi agar tersusun rapi.

6. Buat Cover Kliping yang Menarik

Agar lebih menarik, buat cover untuk kliping, desain cover ini ditempatkan di bagian depan bersamaan dengan nama siswa.

7. Daftar Pustaka

Terakhir, tambahkan daftar pustaka yang isinya referensi saat membuat kliping. Jika kamu mendapatkan dari internet, sertakan link sumber berita.

Akhir Kata

Membuat kliping sangat mudah, hanya dengan melihat contoh kamu bisa membuatnya dalam hitungan menit. Bahkan sumber berita atau informasi lebih mudah diperoleh dari media online. Kamu bisa melihat contoh kliping yang di print sebagai referensi membuat arsip kliping.

Artikel Menarik Lainnya: