7 Contoh Listrik Dinamis Kehidupan Dan Manfaatnya

7 Contoh Listrik Dinamis Kehidupan dan Manfaatnya

7 Contoh Listrik Dinamis Kehidupan dan Manfaatnya

Contoh listrik dinamis kehidupan sehari-hari pastinya berbeda dengan listrik statis. Keduanya memiliki perbedaan yang jelas secara pengertian maupun kondisinya. Memahami contoh dari masing-masing bentuk listrik tersebut dapat membantu memahaminya dengan mudah.

Kamu bisa mengetahui bentuk listrik baik dinamis maupun statis di kehidupan sehari hari. Dalam penjelasan kali ini, Tim Mustakim Media akan memberikan gambaran yang jelas terkait dengan contoh dari listrik dinamis di kehidupan sehari-hari.

Pengertian Listrik Dinamis

Sebelum membahas mengenai contoh listrik dinamis kehidupan sehari-hari, kamu perlu mengenal apa yang dimaksud dengan listrik dinamis. Jika listrik statis merupakan listrik yang diam dan tidak bergerak, listrik dinamis menjadi kebalikan dari sifat gerak listrik statis.

Listrik dinamis sendiri merupakan fenomena listrik yang punya arus dan muncul terus menerus serta akan berubah sepanjang waktu. Dalam listrik dinamis, akan ada aliran arus dari konduktor berupa kawat dengan tegangan yang dapat mendorong aliran elektron.

Secara konsep, ada 3 dasar dari listrik dinamis yang sebaiknya kamu pahami dengan baik. Ketiga konsep tersebut yakni arus listrik, tegangan, dan daya listrik. Ketiganya menjadi konsep dasar dari adanya listrik dinamis.

Contoh Listrik Dinamis Kehidupan Sehari – Hari

Seperti yang disebutkan di atas, untuk lebih memahami definisi dan pengertian dari listrik dinamis, mengetahui contohnya menjadi satu langkah mudah. Berikut ini contoh dari listriik dinamis yang dapat ditemukan di kehidupan sehari – hari.

1. Lampu senter

Contoh dari listrik dinamis yang ada di kehidupan sehari – hari adalah lampu senter. Energi listrik yang muncul di dalam senter merupakan contoh dari listrik dinamis yang dihasilkan dari sumber penghasil dari listrik berupa baterai.

Ada perpindahan arus listrik dari baterai ke lampu senter. Sekarang ini, senter tidak banyak lagi yang menggunakan baterai melainkan memiliki sumber daya yang bisa diisi ulang sehingga lebih praktis penggunaannya.

2. Mainan Mobil-Mobilan

Contoh kedua dari listrik dinamis kehidupan sehari hari adalah mobil mainan. Contoh ini berlaku untuk mobil mainan yang membutuhkan listrik. Gerak dari mobil tersebut dihasilkan karena adanya listrik dinamis yang diperoleh melalui sumber listrik berupa baterai.

3. Smartphone

Sistem kelistrikan yang ada pada smartphone jadi satu contoh listrik dinamis yang dapat kamu temukan di kehidupan sehari – hari. Fungsi dari smartphone serta pada saat proses isi daya merupakan contoh dari listrik dinamis.

4. Laptop

Contoh listrik dinamis lainnya yang dapat kamu temukan di kehidupan sehari – hari adalah laptop. Dalam perangkat tersebut ada banyak perpindahan aliran listrik dari sumbernya yang berupa baterai ke beberapa bagian dari laptop. Adanya listrik menjadikan laptop dapat bekerja dan berfungsi serta bisa digunakan untuk berbagai kebutuhannya.

5. Televisi

Contoh dari listrik dinamis kehidupan sehari – hari lainnya dapat kamu temukan juga di televisi. Televisi dapat menyala karena adanya aliran listrik dinamis ke semua komponennya yang punya fungsi dan peran masing-masing. Dengan listrik dinamis akan ada suara, gambar, dan video yang dihasilkan televisi.

6. Motor Listrik

Motor listrik juga jadi contoh dari listrik dinamis yang dapat kamu temukan. Dengan adanya listrik dinamis tersebut maka semua komponen dalam motor listrik akan bekerja dan menjadikan modal dapat bergerak seperti yang diharapkan.

7. Alat Elektronik lainnya

Selain enam contoh yang disebutkan di atas, ada banyak contoh lain yang dapat menjadi gambaran dari listrik dinamis di kehidupan sehari – hari. Kamu dapat menemukan contoh lain tersebut dari beragam alat elektronik lainya seperti kulkas, AC, kipas angin, dan lain sebagainya.

Manfaat Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari – Hari

Dengan adanya banyak contoh dari benda yang punya listrik statis di kehidupan sehari – hari tersebut, tentu ada manfaat jadi jenis listrik tersebut. berikut ini detail manfaat dari listrik dinamis yang ada di kehidupan sehari – hari, seperti :

1. Komunikasi

Manfaat pertama dari listrik dinamis adalah terkait dengan komunikasi yang menjadikan terwujudnya hubungan antara satu orang dengan orang lain. Komunikasi muncul lewat telepon, internet, dan berbagai fasilitas lain yang bisa diperoleh karena adanya listrik dinamis.

2. Pencahayaan

Manfaat kedua dari listrik dinamis kehidupan sehari-hari yakni berguna untuk pencahayaan. Semua sumber cahaya buatan yang ada saat ini menggunakan listrik dinamis.

3. Kemajuan Teknologi

Listrik dinamis juga punya peran dalam kemajuan teknologi. Bentuk kemajuan teknologi tersebut ada lewat beberapa barang modern seperti komputer, laptop, smartphone, robotika, dan energi terbarukan.

FAQ | Pertanyaan Tentang Listrik Dinamis Kehidupan Sehari-hari

Apakah listrik dinamis berbahaya ?

Adanya arus listrik dan daya yang muncul dari listrik dinamis tentu berbahaya dan perlu penanganan yang tepat pada saat penggunaannya.

Apa saja bentuk aplikasi dari listrik dinamis ?

Aplikasi dari listrik dinamis dapat berupa listrik rumah tangga, industri dan manufaktur, transportasi, maupun telekomunikasi.

Freelancer content writer teknologi. Sangat suka dengan dunia teknologi, seperti melihat masa depan.

Artikel Menarik Lainnya: