10 Contoh Listrik Statis Kehidupan Sehari Hari

Dalam pembelajaran untuk siswa SMP, contoh listrik statis kehidupan sehari – hari menjadi bagian yang akan dipelajari. Listrik statis sendiri secara definisi adalah listrik yang muncul akibat adanya gosokkan pada benda tertentu.

1 Fashion murah

Adanya gosokkan tersebut menyebabkan benda dapat kehilangan elektron dan akan bermuatan listrik. Listrik statis hanya akan terjadi sekejap di satu tempat saja dan tidak mengalir ke tempat lain. Listrik statis yang terjadi di satu tempat tidak bisa menghasilkan arus.

fashion muslim murah

Pengertian Listrik Statis

Sebelum memahami contoh listrik statis kehidupan, kamu perlu mengenal terlebih dahulu apa itu listrik statis. Seperti penemaannya, statis artinya diam atau tidak bergerak atau konsisten. Dilihat dari katanya maka listrik statis merupakan bentuk dari listrik yang diam dan tidak bergerak.

Penjelasan terkait dengan definisi tersebut benar dan listrik statis bisa muncul karena adanya gesekkan atau gosokkan. Adanya kondisi tersebut menyebabkan pelepasan muatan sehingga benda yang mendapatkan gesekkan akan memiliki listrik statis.

Contoh Listrik Statis Kehidupan Sehari – Hari

Seperti yang disebutkan di atas, ada banyak contoh dari listrik statis yang dapat kamu temukan sehari – hari. Dengan memahami contoh yang ada tersebut, kau akan mengerti lebih mudah terkait dengan listrik statis yang disebutkan di bawah ini.

1. Penggaris Plastik

Contoh ini paling mudah ditemukan untuk memahami contoh dari listrik statis sehari – hari. Kamu hanya perlu menyiapkan penggaris dan potongan kertas. Gosokkan penggaris tersebut ke rambut maka penggaris dapat menarik potongan kertas tersebut.

1 Fashion murah

2. Sisir

Contoh dari listrik statis kehidupan sehari – hari ini bisa ditemukan secara tidak sengaja. Kamu yang sedang menggunakan sisir untuk menata rambut terkadan akan menemukan adanya rambut yang tertarik sisir akibat munculnya listrik statis.

3. Petir

Contoh listrik statis lain yang bisa ditemukan terutama saat akan maupun sedang Hujan. Akan ada loncatan elektron ke bagian atap rumah ketika tersambar oleh petir dan menjadikan atap rumah punya listrik.

4. Batang Kaca

Contoh dari listrik statis yang ada di kehidupan sehari – hari adalah batang kaca yang digosokkan ke kain wol. Sama seperti penggaris, batang kaca ini juga dapat menarik serpihan kertas. Selain serpihan kertas, batang kaca juga bisa menarik balon karet.

5. Penggumpal Asap

Alat yang terdiri dari kawat dan pelat logam ini menjadi contoh dari listrik statis lainnya. Kawat bermuatan negatif sedangkan plat bermuatan positif akan menarik abu dengan muatan negatif.

6. Cat Semprot

Butiran cat semprot dapat bermuatan saat bergesekan dengan bagian mulut dari pipa semprot dan udara pendorongnya sehingga menyebabkan muncul listrik statis.

7. Mesin Fotokopi

Contoh listrik statis kehidupan sehari – hari lainnya ada pada mesin fotokopi. Mesin ini menggunakan daya tarik dari muatan listrik yang berbeda.

1 Fashion murah

8. Generator Van de Graff

Pembangkit listrk yang memperoleh listrik dengan jumlah yang besar di mana cara menghasilkan listriknya dilakukan lewat gosokkan.

9. Percikan Api

Percikan api ini muncul dari gesekkan antara ban dan juga jalan yang sedang berjalan. Selain itu gesekkan antara batu gerinda dan benda yang dipotong juga dapat menyebabkan percikan api.

10. Alat Penangkal petir

Batang logam yang berujung lancip dan biasanya terpasang di atap rumah ini juga jadi contoh listrik statis kehidupan sehari – hari ketika mendapatkan sambaran petir dari awan.

Perbedaan Listrik Statis dengan Listrik Dinamis

Selain memahami listrik statis kehidupan sehari – hari di atas sebagai contohnya, kamu juga perlu mengerti perbedaan antara listrik statis dan dinamis. Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan antara listrik statis dan dinamis.

1. Listrik statis merupakan listrik yang diam dan tidak mengalir dan memiliki perpindahan arus yang terbatas, berbeda dengan listrik dinamis yang bergerak dan mengalir

2. Listrik statis dihasilkan dari adanya gesekkan atau gosokkan benda sedangkan listrik dinamis diperoleh dari sumber listrik

1 Fashion murah

3. Listrik statis tidak bisa dialirkan lewat satu rangkaian sedangkan karena mengalir, listrik dinamis dapat dialirkan dalam satu rangkaian listrik

Perbedaan dari keduanya juga dapat dilihat dari contoh listrik statis kehidupan sehari – hari maupun listrik dinamis. Contoh listrik statis sudah dijelaskan dalam uraian di atas sedangkan contoh listrik dinamis adalah baterai atau lampu.

FAQ | Pertanyaan Tentang Listrik Statis Kehidupan Sehari – Hari

Apakah listrik statis bersifat permanen atau seterusnya ?

Listrik statis bersifat sementara karena hanya terjadi akibat adanya perpindahan elektron bebas yang mana beda dengan listrik dinamis.

Apakah Listrik Statis berbahaya ?

Iya, beberapa contoh listrik statis juga dapat menyebabkan bahaya karena bisa menimbulkan percikan api yang nantinya berpotensi dapat terjadi kebakaran

Apakah listrik statis punya manfaat tertentu ?

Ada beberapa contoh benda yang fungsinya memanfaatkan adanya listrik statis, contohnya cat sempot di mana adanya gesekkan mulut pipa dan udara menjadikan butiran cat punya muatan dan mudah menempel ke benda lain.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu