Contoh Mineral Dari CA Dan Fungsinya (Lengkap)

Contoh Mineral Dari CA dan Fungsinya (Lengkap)

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Contoh Mineral Dari CA Dan Fungsinya yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam meningkatkan kesehatan tubuh.

Ada beberapa jenis mineral yang dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk kesehatan, namun kali ini kami Media Mustakim akan membahas Contoh mineral dari CA dan fungsinya. Untuk lebih mendalam mengenal Mineral dari CA simak pada artikel ini sampai selesai.

Pengertian Meneral Dari CA

Sebelum mengetahui pengertian Mineral dari CA ada kalanya jika kamu belum mengetahui maka kamu perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian dan fungsi dari Mineral itu sendiri, Mineral merupakan komponen atau zat yang dibutuhkan oleh mahluk hidup untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Mineral itu sendiri di bagi menjadi dua jenis yaitu mineral makro dan mineral mikro, mineral makro merupakan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dengan jumlah banyak sedangkan mineral mikro dibutuhkan oleh tubuh dengan jumlah sedikit.

Mineral yang dibutuhkan oleh tubuh tersebut sangat berguna bagi perkembangan dan kesehatan tubuh salah satu jenisnya yaitu mineral CA. Mineral CA atau mineral kalsium tersebut termasuk pada jenis mineral Makro yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan dan perkembangan tubuh.

Jenis-jenis Mineral

Melansir dari hellosehat.com bahwa mineral merupakan senyawa non organik yang dibutuhkan oleh tubuh agar tubuh dapat berfungsi dan berkembang dengan baik atau dengan normal. Sehingga mineral tersebut sangatlah dibutuhkan.

Ada banyak jenis mineral yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan dan mengembangkan tubuh dengan jumlah besar yang termasuk ke dalam mineral makro selain mineral CA atau kalsium. Agar lebih jelas berikut beberapa jenis mineral makro yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai berikut di bawah ini;

1. Mineral CA atau Kalsium

Mineral dari CA atau kalsium merupakan mineral yang termasuk ke dalam jenis mineral makro yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena kalsium merupakan zat pertama untuk tulang dan gigi.

2. Fosfor

Fosfor merupakan mineral yang ada pada setiap sel di dalam tubuh manusia, fosfor tersebut merupakan elemen yang mengatur sistem energi pada sel dan membran sel di dalam tubuh manusia. Fosfor yang sangat berguna tersebut termasuk ke dalam jenis mineral makro yang banyak di butuhkan oleh tubuh manusia.

3. Natrium

Natrium (Na) merupakan mineral yang mengatur atau menjaga keseimbangan tubuh agar kondisi tubuh manusia tidak mengalami dehidrasi. Mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis mineral makro Natrium ini yang sering terlihat dan terasa pada makanan sehari-hari.

Natrium itu sendiri biasanya akan terdapat pada makanan seperti garam, sehingga tidak heran jika makanan dengan rasa asin tersebut selalu dibutuhkan oleh manusia yang begitu bermanfaat bagi tubuh.

4. Klorida

Kolrida merupakan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena mineral tersebut juga termasuk pada jenis mineral makro yang banyak di butuhkan oleh tubuh. Sehingga jika tubuh kekurangan mineral klorida maka akan berdampak seperti; pusing, kram, lesu kram dan yang lainnya.

Fungsi dari mineral klorida tersebut yaitu sebagai elektrolit yang memproduksi asam lambung, berfungsi sebagai imun, dan kofaktor yang berguna untuk metabolisme komponen toksin.

5. Sulfur

Sulfur merupakan jenis mineral yang termasuk pada mineral jenis makro karena mineral tersebut berfungsi sebagai pembentukan protein dan jaringan dalam tubuh. Adapun ciri-ciri dari sulfur tersebut yaitu berwarna kuning, beraroma busuk, tidak larut dalam air, ber suhu panas dan masih banyak ciri lainnya.

Contoh Mineral Dari CA

Setelah mengetahui pengertian dari mineral dan jenis-jenis mineral yang bermanfaat bagi tubuh sehingga tidaklah heran jika beberapa dari mineral tersebut bahkan kita tidak sadari yang dimakan setiap harinya. Seperti makan yang mengandung mineral dari CA atau juga kalsium yang kita bahas pada kesempatan ini.

Mineral dari CA atau kalsium tersebut biasanya terkandung dalam beberapa makanan seperti susu sapi, brokoli, bayam, kuaci, susu kambing, kacang almond, ikan sarden dan jenis-jenis makanan yang lainnya.

Fungsi Mineral Dari CA

Fungsi mineral dari CA atau kalsium tersebut sebenarnya memiliki banyak fungsi yang banyak di butuhkan oleh tubuh seperti untuk kesehatan tulang, memelihara kesehatan gizi, menjaga kinerja otot, membantu proses pembekuan darah saat luka, membantu kinerja otot bahkan menjaga kesehatan jantung.

Dengan banyak manfaatnya bagi tubuh kalsium atau mineral CA tersebut sehingga kalsium merupakan zat pertama yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk kesehatan tulang dan gizi.

Sumber Mineral CA

Karena Mineral Ca atau kalsium merupakan mineral yang tergolong sangat penting diperlukan oleh tubuh lalu makanan apa saja yang mengandung kalsium tersebut?

Makanan yang mengandung kalsium biasanya akan tertera pada label atau pada keterangan di kemasan makanan tersebut, berikut beberapa contoh makanan yang mengandung mineral dari CA ; Jeruk, Alpukat, Kacang kedelai, Keju, Bayam dan masih banyak jenis yang lainnya.

Ciri-ciri Mineral Dari CA

Adapun ciri-ciri kalsium atau ciri-ciri Mineral dari CA tersebut yaitu kalsium merupakan zat kapur sebuah unsur kima dengan lambang CA dan dengan nomor atom 20 yang merupakan sebagai logam alkali tanah, logam reaktif yang dapat membentuk lapisan oksida nitrida bila terpapar udara.

Ketika kalsium ter papar dengan udara maka akan mirip dengan stornsium dan barium. Demikianlah mengenai ciri-ciri kalsium yang kami telah pahami.

Dampak Kekurangan Mineral Dari CA

Dikarenakan kalsium zat yang penting bagi perkembangan dan kesehatan tubuh lalu apa saja dampak tubuh jika kekurangan mineral dari CA atau kalsium tersebut?

Jika tubuh yang dibilang kekurangan mineral ca atau kekurangan kalsium biasanya tubuh akan mengalihkan kalsium sebagian dari dari tulang, selain itu juga tulang akan berdampak rapuh yang rentan terhadap cidera. Dan kekurangan kalsium akan menyebabkan osteopenia, dan penurunan kepadatan pada tulang.

Dampak Kelebihan Mineral Dari CA

Normalnya kalsium pada darah yaitu 10,4 mg dengan kadar kalsium yang terionisasi 5,2 mg, jika kadar kalsium pada darah lebih dari normalnya kadar kalsium maka akan memiliki beberapa kesakitan seperti; hiperkalsemia yaitu jika kadar kalsium pada darah begitu tinggi maka kondisi –

Dapat menyebabkan penipisan pada tulang, batu ginjal, gangguan pada kerja jantung dan bahkan otak. Selain itu masih ada dampak-dampak lain yang menurunkan kesehatan tubuh jika kadar dalam sel darah melebihi kadar normal.

Cara Mengatasi Kelebihan Mineral Dari CA

Jika tubuh mengalami kelebihan kalsium atau mineral dari CA untuk cara mengatasi kelebihannya yaitu harus banyak minum dan banyak istirahat, cuci darah, mengontrol makanan dan minuman, jangan minum susu yang mengandung kalsium terlalu tinggi.

Ciri-ciri Tubuh Kelebihan Mineral Dari CA

Lalu bagaimana jika tubuh yang mengalami kelebihan kalsium tersebut dan apa ciri-cirinya dari hal tersebut, jika tubuh mengalami kelebihan mineral ca atau kalsium yaitu akan terlihat dan terasa seperti dari; Rasa haus yang berlebihan, gangguan sistem pencernaan, nyeri tulang, kebingungan dan gangguan jantung.

Selain itu jika kelebihan kalsium akan terlihat seperti seringnya buang air besar, sembelit, sering kencing, sakit kepala, badan lemas mual atau muntah otot sering kedutan tidak nafsu makan dan yang lainnya.

Kesimpulan

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Contoh Mineral dari CA dan fungsinya yang perlu diperhatikan oleh semua orang agar tidak selalu makan atau minum sembarangan dengan tidak mengetahui kondisi badan yang sebenarnya.

Sekian kami ucapkan banyak terimakasih karena telah berkunjung dan membaca artikel media Mustakim, dan semoga juga artikel yang di bahas bermanfaat dan menjadi gambaran bagi yang memerlukannya.

Seorang guru di pelosok Garut yang punya hobi menulis dan coba menuangkannya ke dalam blog. Terimakasih sudah membaca artikel dan tulisan sederhana saya di sini.

Artikel Menarik Lainnya: