2 Contoh Paper Kuliah dan Cara Penulisannya

Mengenal contoh paper kuliah cukup penting apalagi untuk kamu yang sedang mendapatkan tugas membuat paper. Melihat contoh akan menambah inspirasi sehingga prosesnya jauh lebih mudah.

Berikut ini contoh paper kuliah, cara membuatnya, serta struktur informasi yang harus ada di dalam paper.

Mengenal Paper Kuliah

Paper merupakan karya tulis ilmiah, bentuknya hampir sama dengan makalah hanya saja lebih singkat karena jumlahnya antara 6-7 halaman.

Dalam menulis paper, mahasiswa harus mencantumkan informasi valid yang didukung data maupun pendapat ahli.

Umumnya, paper ini dikenal dengan tugas akhir namun lebih ringkas dibandingkan skripsi. Dalam prosesnya, kamu harus melakukan penelitian suatu kasus, biasanya data penelitian diperoleh secara langsung, dari buku, maupun karya lain.

Tugas Paper Isinya Apa Saja?

Setiap paper tak hanya memuat tulisan secara utuh, tapi disusun ter-struktur sehingga terlihat rapi. Sebelum mengenal contoh paper kuliah, pastikan kamu sudah mengenal struktur sebuah paper apa saja, berikut informasinya.

1. Judul

Judul adalah penjelasan singkat yang memuat semua isi paper. Ketika pembaca atau dosen membaca judul paper, mereka sudah membayangkan seluruh isi di dalamnya. Untuk membuat judul, kamu harus mencantumkan tujuan atau metode saat menulis paper.

2. Pendahuluan

Pendahuluan dikenal dengan latar belakang atau topik utama yang akan dibahas di seluruh paper. Dalam menulis pendahuluan, kamu harus memuat gagasan atau ide. Tulis juga seberapa penting ide tersebut hingga harus dibuat menjadi sebuah paper.

Kamu harus memasukkan tujuan, pendapat ahli, dan hal baru apa yang ingin kamu bahas di dalam paper. Selain itu, dalam pendahuluan biasanya mencantumkan kajian pendukung dari ahli agar topik yang dibahas lebih ilmiah.

3. Pembahasan

Informasi lainnya berupa pembahasan isinya adalah gagasan yang disampaikan secara rinci. Pembahasan merupakan bagian paling penting dalam sebuah paper.

Kamu harus mencantumkan hasil penelitian serta landasan teori  untuk mendukungnya.

Bagian pembahasan dalam paper biasanya lebih dari 2 halaman karena harus menjawab pertanyaan yang diangkat dalam tulisan ilmiah tersebut.

4. Penutup

Bagian penutup biasanya lebih mencantumkan kesimpulan dari penelitian paper tersebut. Kesimpulan ini memuat saran maupun hasil penelitian secara sekilas. Kamu dapat memberikan saran kepada pembaca untuk mengembangkan lagi ide-ide yang lain.

5. Daftar Pustaka

Dalam sebuah paper kuliah, kamu harus mencantumkan pendapat ahli baik itu dari buku maupun jurnal. Oleh sebab itu, di bagian akhir paper harus ada daftar pustaka yang dicantumkan.

Gunakan sumber daftar pustaka minimal yang sudah ada 10 tahun terakhir agar lebih akurat. Kamu harus mencantumkan judul buku atau jurnal yang dibaca untuk mendukung tulisan paper.

Cara Membuat Paper Kuliah

Setelah kamu mengenal struktur wajib yang harus dicantumkan dalam sebuah paper, sekarang kamu bisa membuatnya dengan mudah.

1. Tentukan Tema yang Tepat

Dalam menentukan tema paper, kamu bisa mencari inspirasi melalui contoh paper kuliah, buku, atau jurnal. Informasi tersebut membantu kamu memilih tema sesuai topik yang dipahami.

Misalnya, kamu jurusan Sastra Inggris, terdapat 2 cabang ilmu yang dapat dibahas yakni sastra atau linguistik. Pilih salah satu tema tersebut dan pastikan kamu sudah menguasai salah satunya.

2. Buat Kerangka Penulisan Paper

Langkah berikutnya, kamu juga harus membuat outline atau kerangka penulisan. Tulis apa saja yang ingin kamu dalami dalam paper, rangkai ide agar lebih mudah saat penyusunan.

3. Buat Pendahuluan

Langkah berikutnya, kamu juga harus membuat pendahuluan terlebih dahulu. Kumpulkan sejumlah sumber baik itu buku, artikel, maupun jurnal untuk menulis pendahuluan.

Agar lebih mudah, lihat contoh paper kuliah dari internet mengenai apa saja yang harus ditulis di bagian pendahuluan.

4. Tulis Permasalahan yang Ingin Di per dalam

Berikutnya, kamu juga harus memperdalam isi dari paper dengan mengangkat beberapa permasalahan. Misalnya, kamu ingin membuat paper linguistik, coba bahas proses seorang anak mempelajari bahasa dari lahir hingga usia 5 tahun.

Buat daftar pertanyaan mengenai apa saja yang ingin dibahas di bagian pembahasan. Kalau sudah membuat kerangka secara lengkap, ketika menulis di bagian isi jadi lebih mudah.

5. Mulai Buat Bagian Isi

Setelah membuat kerangka, mengumpulkan sumber, dan melihat contoh paper kuliah kamu bisa langsung menulis bagian isi.

Ini akan memudahkan kamu dalam mengarang tulisan ilmiah. Dalam menulis paper, pastikan menggunakan bahasa yang baik sesuai aturan PUEBI.

Contoh Paper Kuliah Singkat

Paper dibuat sesuai bidang ilmu yang kamu pahami dan jurusan kuliah. Berikut ini contoh paper kuliah bidang jurusan ilmu gizi dengan judul “Efektivitas Diet Keto pada Kesehatan”.

1. Judul Paper

  • Judul paper: Efektivitas Diet Keto pada Kesehatan
  • Disusun oleh: Gina Apriani
  • Universitas: Universitas Guna Dharma

2. Pendahuluan

Diet merupakan solusi untuk menurunkan berat badan. Ada banyak jenis diet yang bisa dipilih mulai dari paleo, dash, dan keto. Zaman sekarang, diet keto sering dipilih karena lebih mudah dijalani.

Cara menjalankan diet keto cukup mudah salah satunya untuk mengkonsumsi makanan dengan protein tinggi dengan rendah karbohidrat. Tujuan menerapkan keto diet ini salah satunya untuk mengubah lemak menjadi energi. 

Menurut Noya (2017) keto diet dilakukan untuk menekan kadar lemak di dalam tubuh kemudian diubah menjadi energi. Dalam paper kuliah kesehatan ini, akan dijelaskan cara menerapkan diet keto yang baik dan benar.

2. Rumusan Masalah dan Pembahasan

Pembahasan akan memperdalam rumusan masalah yang telah disusun sebelumnya. Berikut ini 3 rumusan masalah yang menjadi poin utama dalam paper kuliah ini.

  • Bagaimana cara menerapkan diet keto?
  • Apa saja olahraga yang sebaiknya dilakukan ketika menjalani keto diet?
  • Berapa lama penurunan berat badan setelah menjalani keto diet?

Keto diet diterapkan dengan cara yang mudah pertama-tama mengatur pola makan dengan konsumsi lemak 70%, protein 20%, dan 10% karbohidrat. Selain itu, keto diet bisa juga dilakukan dengan konsumsi lemak 60%, protein 35%,serta karbohidrat 5%.

Selama menjalani keto diet, sebaiknya lakukan olahraga ringan mulai dari jalan kaki atau lari selama 30 menit per hari. Jika dilakukan konsisten, hasilnya bisa terasa dalam waktu 6 bulan – 1 tahun.

3. Kesimpulan

Keto diet dapat menurunkan berat badan dan kadar gula dalam darah sehingga tidak memicu penyakit kencing manis maupun penyakit jantung. Dalam menjalaninya cukup mudah dan bisa dilakukan secara konsisten.

Contoh Paper Kuliah Sederhana

Berikut ini contoh paper kuliah yang bisa kamu tiru secara struktur atau penulisannya.

1. Judul

  • Judul Paper Kuliah: Kewajiban WNI dalam Kehidupan Lingkungan
  • Disusun oleh Andre Suyatman
  • UIN Sunan Gunung Djati Bandung

2. Pendahuluan

Partisipasi setiap warna negara dalam lingkungan merupakan hal penting baik itu untuk komunikasi maupun sosialisasi sesama warga. Tujuan dari penulisan paper ini untuk memahami pentingnya warga negara dalam sebuah lingkungan.

Penelitian ini menggunakan metode literatur berdasarkan sumber-sumber literasi yang telah diperoleh dari buku maupun jurnal.

3. Pembahasan

Kewajiban warga negara sebagai anggota masyarakat telah diatur dalam Undang-Undang dasar pada pasal 23 A UUD 1945.

Salah satu keterangan dalam Undang-Undang Dasar tersebut menyebutkan mengenai kewajiban bayar pajak, menaati hukum, dan ikut serta pembelaan negara. Selain itu, warga negara juga wajib menghargai hak asasi orang lain.

Selain itu, warga negara harus bisa memenuhi kewajiban sesuai peran masing-masing. Salah satu contoh dasarnya seorang anak yang berbakti kepada orang tua dan menghormati setiap umat dengan agama berbeda-beda.

4. Penutup

Dengan menjalankan kewajiban sebagai warna negara yang baik, setiap warga dapat meningkatkan kecintaan pada negara dan peduli terhadap lingkungan.

Akhir Kata

Contoh paper kuliah dapat ditemukan dengan mudah dari jurnal, artikel, maupun informasi dari internet. Dengan memahami paper kuliah, kamu bisa lebih mudah menulis penelitian ilmiah untuk tugas.

Artikel Menarik Lainnya: