Contoh Pelanggaran Terhadap Kewajiban Sebagai Warga Negara Adalah

Contoh Pelanggaran Terhadap Kewajiban Sebagai Warga Negara Adalah

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Contoh pelanggaran terhadap kewajiban sebagai warga Negara adalah melakukan sebuah tindakan yang menyebabkan kerugian baik untuk diri sendiri, Keluarga, Umum dan juga Negara. Dan ada banyak sekali contoh yang akan kami sebutkan dalam artikel ini.

Untuk itu penting sekali kamu membaca artikel yang telah media Mustakim terbitkan mengenai beberapa contoh pelanggaran yang sering terjadi. Dan agar kamu mengetahui nya maka silahkan kamu baca materi nya sampai akhir pembahasan di artikel ini.

Contoh Pelanggaran Terhadap Kewajiban Sebagai Warga Negara Adalah

Tindak pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat tentunya sangat beragam. Sementara pelanggaran itu sendiri merupakan sebuah tindakan melakukan pelanggaran dari aturan hukum yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Untuk itu dibawah ini beberapa pelanggaran yang menjadi kewajiban sebagai warga Negara dapat di sebutkan sebagai berikut ini;

1. Melanggar Undang – Undang

Undang – undang negara merupakan tolak ukur dan payung hukum bagi setiap warganya. Tentunya dengan adanya batasan bisa membuat kenyamanan dan ketentraman untuk setiap warganya. Dan yang melanggar tentunya di tindak dengan tegas.

Untuk itu bagi warga yang melakukan tindakan pelanggaran terhadap undang undang akan termasuk pada pelanggaran kewajiban sebagai warga Negara.

Contoh dari tindakan nya seperti mengambil hak orang lain, perusakan lingkungan, perusakan hutan, dan masih banyak lagi.

2. Melanggar Lalulintas

Selain dengan melanggar undang – undang, pelanggaran lalulintas juga termasuk pada pelanggaran kewajiban sebagai warga Negara. Dan memang melanggar lalulintas juga merupakan sebuah pelanggaran terhadap peraturan undang – undang.

Pelanggar lalulintas memang sangat banyak jenis – nya, seperti; menggunakan knalpot berisik, tidak pakai spion, tidak menggunakan lampu redup, termasuk tidak bayar pajak kendaraan.

3. Tidak Bayar Pajak

Dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, dalam hal pemerataan untuk masyarakat yang dilakukan pemerintahan yaitu dengan adanya aturan bayar pajak. Pajak yang dimaksud seperti mencakup pada bayar pajak tanah, kendaraan, penghasilan, dan lain sebagainya.

Dan jika kamu tidak melakukan pembayaran tepat waktu, atau bahkan tidak melakukan pembayaran pajak, maka warga tersebut tentunya sudah melakukan pelanggaran terhadap kewajiban warga Negara.

4. Tidak Membela Negara

Melakukan tindakan bela negara tentunya sangat dianjurkan untuk ketenangan dan ketentraman masyarakat di negaranya. Dan ini tentunya sangat dan harus di ikuti oleh setiap warganya.

Banyak sekali jenis perbuatan yang mencerminkan tindakan tidak bela Negara. Namun beberapa contohnya seperti melakukan tawuran, merusak fasilitas umum, merusak fasilitas Negara. Dan lain sebagainya yang termasuk pada tindakan – tindakan yang merugikan lainnya.

5. Melakukan aksi Terorisme

Tindakan terorisme merupakan aksi yang sangat membahayakan terhadap keamanan, dan memang bisa menjadi musuh sebuah Negara. Makanya pemerintah sangat tegas bertindak untuk melawan aksi – aksi terorisme jika terjadi.

Dengan demikian tindakan aksi terorisme merupakan sebuah aksi yang termasuk pada pelanggaran terhadap kewajiban bela Negara.

6. Tidak Menghormati Hak Asasi Manusia

Tindakan tidak menghormati hak asasi manusia sangat banyak sekali terjadi di kalangan sekolah, lingkungan masyarakat.Terjadinya tidak menghormati hak asasi manusia memang dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya kurang nya rasa tenggang rasa terhadap sesama manusia.

Contoh dari tindakan tidak menghormati hak asasi manusia diantaranya; Melakukan bullying, pemerkosaan, penipuan, pembunuhan, dan perampokan.

7. Korupsi

Tindakan selanjutnya yang termasuk pada pelanggaran terhadap kewajiban bela Negara adalah melakukan tindakan korupsi, atau melakukan pencurian uang dengan cara sistem. Dan tentunya sangat merugikan sekali bagi masyarakat pada umum nya.

8. Merusak Sarana Umum

Menjaga sarana umum merupakan sebuah tindakan yang mencerminkan sebagai bentuk kewajiban warga Negara Sebagai bela negara. Untuk itu sebagai warga Negara wajib sekali mengikuti aturan untuk tidak merusak sarana umum.

9. Main Hakim Sendiri

Faktor yang mempengaruhi terjadinya tindakan main hakim sendiri yaitu karena tingkat kesadaran terhadap sebuah hukum yang sangat kurang, di tambah lagi karena lemahnya tindakan sebuah hukum maka akan banyak sekali aksi main hakim sendiri.

Namun jika kamu masuk pada tindakan main hakim sendiri artinya kamu sudah melakukan pelanggaran terhadap kewajiban bela Negara.

10. Tindakan Kekerasan Berbau Sara

Tindakan kekerasan yang melibatkan terhadap hukum sara tentunya sangat merugikan konteks kewarganegaraan karena melanggar prinsip dasar demokrasi, hak asasi manusia, dan kesetaraan. Maka jika melakukan pelanggaran seperti ini artinya sudah melakukan tindakan pelanggaran bela Negara.

11. Tidak Mengikuti Pendidikan Dasar

Khusus nya di Negara tercinta kita kali ini, yaitu dimana Indonesia mewajibkan belajar 9 tahun, dengan bukti melakukan upaya sekolah gratis bagi warganya, atau biaya di tanggung oleh negara. Maka jika kamu tidak mengikuti pendidikan dasar artinya sudah melakukan pelanggaran bela Negara.

12. Tidak Mematuhi Aturan Sekolah

Tindakan yang tidak mencerminkan kewajiban warga Negara bela Negara, selanjutnya tidak mematuhi peraturan yang di buat oleh sekolah. Hal ini tentu nya sangat merugikan kualitas pendidikan yang berlangsung dan tindakan ini merupakan tindakan pelanggaran kewajiban bela Negara.

13. Buang Sampah Sembarangan

Yang terakhir hal terkecil yang mencerminkan sikap melakukan pelanggaran terhadap kewajiban bela Negara adalah membuang sampah sembarangan. memang terlihat sepele namun hal ini sangat mempengaruhi terhadap pencemaran lingkungan sekitar.

Dan jika masyarakat tidak memiliki kesadaran dalam menjaga lingkungan dengan membuang sampah sembarangan maka akan mempengaruhi pada pencemaran lingkungan sekitar.

Penyebab Terjadinya Pelanggaran Terhadap Kewajiban Sebagai Warga Negara

Setelah kamu mengetahui beberapa contoh pelanggaran terhadap kewajiban bela Negara maka berikut ini beberapa hal yang dapat memicu terjadinya pelanggaran, Diantara penyebabnya bisa di sebutkan beberapa poin dibawah ini;

1. Lemahnya Penegak Keadilan

Yang pertama yaitu lemahnya penegak hukum, dan jika ini terus terjadi secara berkelanjutan maka akan terjadi lagi pelanggaran – pelanggaran selanjutnya dengan kasus yang sama karena lemahnya hukum di tegakan.

2. Kurangnya Sikap Toleransi

Yang kedua yaitu kurangnya peneraan sikap toleransi sesama, yang akhirnya tidak bisa menghargai orang lain, hukum, ketentuan dan ketetapan yang berlaku baik di kalangan masyarakat maupun Negara.

3. Lemahnya Pendidikan berBangsa Dan Negara

Selanjutnya, lemahnya pendidikan berbangsa dan Negara yang di ajarkan kepada generasi atau peserta didik sehingga mereka tidak faham akan hukum dan Norma – norma yang berlaku.

4. Egois

Selanjutnya memiliki sifat egois yang sangat tinggi, sifat egois ini terjadi karena merasa paling segalanya di atas segalanya. Sehingga anggapannya bisa di ukur dengan apa yang ia miliki dan kuasai dan menganggap lemah terhadap orang lain.

5. Kekuasaan Dimanfaatkan Untuk kepentingan Sendiri

Selanjutnya karena merasa memiliki kekuasaan, dan akan sangat mudah melakukan kecurangan atau tindakan yang merugikan orang lain sehingga dengan mudah melakukan berbagai kejahatan dengan memanfaatkan kekuasaan yang dimilikinya.

6. Teknologi Yang disalahgunakan

Yang terakhir rentan nya kejahatan jaman sekarang yaitu kejahatan yang dilakukan di dalam teknologi. Menggunakan teknologi merupakan hal yang bisa namun jika di perhatikan banyak sekali kejahatan yang bisa dilakukan didalam teknologi.

Untuk itu akan sangat mudah melakukan kejahatan dengan memanfaatkan teknologi. Atau penyalahgunaan teknologi.

Kesimpulan

Dari pembahasan yang telah di sampaikan mengenai contoh pelanggaran terhadap kewajiban warga negara dapat disimpulkan bahwa;

1. Contoh pelanggaran terhadap kewajiban warga negara adalah

  • Melanggar Undang – Undang
  • Melanggar lalulintas
  • Tidak bayar Pajak
  • Tidak Membela Negara
  • melakukan terorisme
  • Tidak menghargai hak asasi orang lain
  • Korupsi
  • Merusak sarana umum
  • Main hakim sendiri
  • Tindakan kekerasan yang berbau sara
  • Tidak mengikuti pendidikan dasar
  • Tidak mematuhi peraturan sekolah
  • Buang sampah sembarangan

2. Penyebab terjadinya pelanggaran terhadap kewajiban sebagai Warga Negara

  • Lemahnya penegak hukum
  • Kurangnya sikap toleransi
  • Lemahnya pendidikan berbangsa dan bernegara
  • Egois
  • Kekuasaan dimanfaatkan untuk kepentingan sendiri
  • Teknologi yang disalahgunakan

Seorang guru di pelosok Garut yang punya hobi menulis dan coba menuangkannya ke dalam blog. Terimakasih sudah membaca artikel dan tulisan sederhana saya di sini.

Artikel Menarik Lainnya: