Contoh Penerapan Ilmu Fisika Dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Penerapan Ilmu Fisika Dalam Kehidupan Sehari-hari yang mungkin kita tidak sadari dan dapat di peraktikan dengan mudah dan simple untuk membantu berbagai aktifitas yang ingin dilakukan.

Dengan mengetahui ilmu fisika untuk membantu berbagai aktifitas yang dilakukan tentu segala aktifitas tersebut akan terasa ringan dan simple. Lalu apa saja contoh ilmu fisika yang dapat membantu aktifitas dalam kehidupan sehari-hari, simak sampai selesai pada artikel Media Mustakim yang kita bahas pada kesempatan kali ini.

Peran dan Manfaat Penerapan Ilmu Fisika

Fisika merupakan sebuah Ilmu yang termasuk dalam mata pelajaran IPA, belajar fisika memang di bilang sulit karena tidak hanya ilmu harus di hapalkan saja melainkan perlu pemahaman yang begitu cukup diperhatikan. Dengan belajar fisika akan bermanfaat salah satunya membantu aktifitas menjadi mudah.

Mnegutif dari detik.com dalam lansiran nya dari uny.ac.id fisika merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang menggambarkan usaha, temuan dan wawasan serta kearifan yang besrsifat kolekif. Dengan demikian belajar fisika sangatlah penting dalam menunjang aktifitas-aktifitas dalam kehidupan. Sehingga dalam hal tersebut dapat diartikan mempelajari fisika untuk beradaftasi dengan alam.

Dengan fisika maka akan mampu memahami dan meningkatkan ilmu pengetahuan serta teknologi, serta diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maka akan memberikan manfaat seperti pekerjaan akan menjadi ringan, menciptakan hal baru, mengembangkan temuan baru dan hal lain yang berkaitan dengan fisika.

Perubahan Fisika dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebelum mengetahui contoh penerapan illmu fisika dalam kehidupan sehari-hari yang dapat membantu berbagai aktifitas menjadi ringan dan akan menjadi sebuah temuan baru maka kamu perlu tahu perubahan perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari yang kita tidak sadri.

Lalu apa saja perubahan fisika yang kita tidak sadari dilakukan dalam aktifitas sehari-hari, perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari simak sampai selesai dalam poin-poin yang kami tulis sebagai erikut di bawah ini;

  • Perubahan wujud
  • Terbenuknya embun
  • Air yang dipanaskan berubah menjadi uap air
  • Lili yang meleleh
  • Air yang di dinginkan berubah menjadi es

Demikianlah yang dapat kami tulis beberapa contoh perubahan wujud yang ada dalam ilmu fisika, untuk lebih memahami penerapan ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari dapat diperhatikan dalam sub judul berikut setelah ini.

Contoh Penerapan Ilmu Fisika Dalam Kehidupan Sehari-hari

Dengan belajar fisika maka akan membantu aktifitas-aktifitas menjadi mudah dan ringan dikerjakan karena belajar fisika akan mendapatkan temuan-temuan baru yang dapat dilakukan dan di teliti, serta dengan temuan terbaru akan dikembangkan lagi oleh pengembang-pegembang berikutnya.

Lalu apa saja penerapan ilmu fisika yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari yang dapat membantu aktifitas-aktfitas menjadi terasa mudah dan ringan di lakukan ?

Contoh Penerapan ilmu fisika yang dapat membantu aktifitas-aktifitas dalam kehidupan sehari hari tidak hanya mencakup beberapa aktifitas saja melainkan diberbagai bidang yang dapat diterapkan dengan ilmu fisika, Dengan begitu simak dalam poin-poin sebgai berkut yang kami tulis di bawah ini;

1. Gaya Angkat Pesawat

Gaya agnkat pesawat merupakan hal utama yang membuat pesawat dapat terbang, pesawat dapat terbang karena memiliki daya angkat dimana gaya angkat lebih besar di banding dengan berat pesawat, hal tersebut dapat diperhatikan dari bentuk pesawat.

Dimana bagian atas pesawat akan terlihat melengkung daripada di bagian bawah, serta bagian sayap pesawat yang bentuknya tidak simetris dan penampang sayap pesawat bagian belakang lebih besar itu yang membuat aliran udara pada bagian atas lebih rapat dan menghasilkan aliran udara yang lebih besar.

Dalam gaya angkat pesawat tersebut berdasarkan prinsip hukum Bronuli dimana kenikan kecepatan aliran fluida akan berbanding terbalik dengan tekanan energi potensial fluida. Beberapa contoh lain gaya angkat hukum bernouli seperti Kapal Laut, Penyemprot, dan turbin angin.

2. Cara Kerja Pulpen

Pulpen merupakan suatu alat untuk menulis yang mungkin sudah tidak asing lagi apalagi anak sekolah yang setiap hari selalu menggunakan pulpen untuk menulis, dalam sebuah pulpen terdapat bola kecil sebagai jalan keluarnya tinta ketika digoresak dalam kertas bola dalam pulpen tersebut berputar dan akan menarik tinta keluar.

Dalam hal tersebut konsep yang digunakan adalah gaya gravitasi, dimana gaya gravitasi yang akan memberikan tarikan kepada tinta di dalam pulpen tersebut untuk keluar yang menjadikan berada pada bagian bola sebaliknya.

3. Proses Kerjanya Jam Alarm

Dalam proses kerja jam alarm menggunakan prinsip mekanis kuantum dimana alarm dapat berbunyi sesuai dengan waktu yang di atur, dengan begitu ketika kita mendengar suara yang berisik kita dapat bangun sesuai waktu dalam alarm tersebut. Dalam hal tersebut fisika mempelajari asal, prograsi dan sifat suara pada mekanika kuantum.

4. Handphone dan Earphone

Pada zaman sekarang ini sudah tidaklah asing lagi dengan namanya handphone dan earphone yang dapat digunakan untuk mendengar musik, lalu bagaimana dapat penyambungan gelombang suara dari handphone ke earphone?

Dalam penyambungan gelombang suara dari handphone ke earphone tersebut karena adanya perubahan lisrik menjadi gelombang suara, sinyal listrik dalam earphone memanfaakan sinar solenid dan magnet, dalam hal tersebut listrik di alirkan berubah-ubah ke dalam solenid dan akan menghasilkan elektromagnetik.

Prinsip dalam konsep kerja berikut yaitu mengubah sinyal menjadi gelombang suara dan sumber dari suara mengirim sinya ke earphone mlalui kumparan suara dari driver yang menghasilkan medan magnet.

6. Lensa Kamera

Kamera sudah tidak asing lagi dalam zaman sekarang ini karena itu apakah kamu berfikir bagaimana kamera dapat menangkap gambar dengan semirip mungkin dalam proses kerja kamera, dalam kamera terdapat lensa cembung yang berguna untuk membentuk bayangan yang di simpan di atas film yang peka terhadap cahaya, Alat untuk menangkap bayangan dalam kamera yaitu diafragma.

Diafragma harus dibuka terlebih dahulu sebelum melakukan penangkapan objek gambar agar cahaya dapat masuk pada celah kamera, gambar yang sudah di ambil gambar yag tepat di atas plat akan bersifat terbalik , pergeseran dan letak lensa dapat dilakukan dengan cara mendekati atau menjauhi film.

Manfaat Fisika dalam Kehidupan Sehari-hari

Dengan belajar fisika maka akan meningkatkan dan memahami serta menemukan teknologi baru dan memahami proses cara kerja suatu teknologi dan dapat membantu mengembangkan imu yang lainnya karena belajar ilmmju fisika juga pasti akan berkaitan dengan ilmu lainnya.

Dengan demikian belajar fisika memberikan banyak manfaat yang dapat membantu dan meningkatkan suatu aktifitas manusia agar suattu aktifitas terasa mudah dan ringan untuk dikerjakan, manusia dan lingkungan tidak akan bisa terpiahkan sehingga dalam suatu aktifitas kehidupan yang lebih baru pasti akan ada lmu-ilmu lain yang ditemukan untuk memperingankan aktivitasnya.

Kesimpulan

Dengan mempelajari fisika maka tidak disadari mempelajari dan memahami aktivitas-aktivitas agar suatu aktivitas terasa mudah dan terbantu, serta dengan begitu akan mendapatkan suatu ilmu baru yang dapat dikembangkan dan dapat menjadi temuan baru yang membantu berbagai aktivitas yang dapat di lakukan di lingkuan dan alam semesta.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai contoh penerapan fisika dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin kita tidak sadari berbagai aktifitas tersebut erhubungan dengan ilmu fisika, sekian dan kami ucapkan terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya: