Contoh Permainan Bola Besar Beserta Penjelasannya

Contoh Permainan Bola Besar Beserta Penjelasannya

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Siapa nih yang sangat tertarik dengan permainan bola besar? Ternyata permainan bola besar ini memiliki banyak sekali macamnya. Agar lebih jelasnya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai untuk lebih jelasnya.

Akan dijelaskan apa itu permainan bola besar, manfaat hingga berbagai contoh bola besar beserta contoh permainan bola besar dan penjelasannya. Yuk, simak artikel ini sampai selesai agar kamu tidak ketinggalan informasi penting ini.

Permainan Bola Besar

Dalam buku Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMP (2010) permainan bola besar adalah cabang dari olahraga yang dilakukan lebih besar dari satu orang dengan memanfaatkan bola besar sebagai alat permainannya.

Dan saat ini permainan bola besar menjadi variasi olahraga favorit bagi sebagaimana besar masyarakat dunia. Sebab, akses masyarakat untuk beriman olahraga ini juga relatif mudah dan juga murah.

Bahkan saat ini, dalam mata pelajaran Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) untuk siswa SD hingga SMA juga diajarkan berbagai materi teknis mengenai permainan olahraga besar.

Tujuan dari mata pelajaran ini PJOK ini adalah untuk memanfaatkan aktivitas fisik untuk melahirkan individu yang berkualitas dari segi fisik, mental dan emosional.

Manfaat Permainan Bola Besar

Perlu kamu ketahui selain banyak di sukai oleh masyarakat dunia ternyata permainan bola besar ternyata memiliki beberapa manfaat dan berikut beberapa manfaat yang perlu kamu ketahui dari permainan bola besar ini.

  • Menyehatkan dan menyegarkan badan
  • Melatih daya pacu jantung
  • Melancarkan peredaran tubuh
  • Mempercepat pertumbuhan tubuh
  • Mengurangi risiko terkena penyakit jantung
  • Dapat membakar kalori
  • Selain itu dapat membangun serta melatih koordinasi tubuh
  • Melatih ketangkasan
  • Dan menambah daya imunitas tubuh
  • Dan dapat meningkatkan konsentrasi belajar dan bekerja

Contoh Permainan Bola Besar Beserta Penjelasannya

Nah, selanjutnya mari kita bahas beberapa contoh permainan bola besar beserta penjelasannya diantaranya yaitu:

1. Sepak Bola

Contoh permainan sepak bola besar beserta penjelasannya yaitu adalah sepak bola. Sepak bola adalah cabang olahraga yang dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing tim berisi 11 pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

Permainan ini memiliki waktu atau durasi permainan 2×45 menit dalam sepak bola terdapat banyak peraturan yang membatasi permainan agar berjalan lancar.

Dan peraturan harus dijalankan setiap tim dan akan diawasi oleh waist sepak bola mempunyai induk organisasi tertinggi bernama FIFA.

2. Bola Voli

Selanjutnya ada bola basket yang dimainkan oleh enam orang setiap tim. Permainan bola voli hampir sama dengan bulu tangkis, dimana kedua tim dibatasi wilayahnya oleh net sebagai pembatas wilayah permainan.

Bola yang digunakan dalam permainan ini memiliki diameter 65-67 cm dengan berat kurang lebih 260-280 gram, bola voli umumnya terbuat dari kulit yang lunak atau bahan sintetis.

Dan menurut standar peraturan yang dibuat oleh asosiasi bola voli, olahraga ini dimainkan dilapangan yang berukuran 9×18 meter. Dan ditengah lapangan terdapat net atau jaring yang akan menjadi pembatas arena permainan dari kedua tim.

Dan permainan ini termasuk permainan yang cukup populer yang tak hanya dimainkan oleh pria saja, tetapi juga wanita. dimana induk organisasi Voli dunia adalah FIVB dan nasional adalah PBVSI.

3. Futsal

Contoh permainan bola besar beserta penjelasannya selanjutnya yaitu futsal. Futsal sendiri adalah olahraga yang dimainkan dua tim dengan masing-masing tim berjumlah lima orang. Termasuk kiper.

Futsal merupakan termasuk permainan olahraga bola besar karena jenis bola yang digunakan berukuran besar atau berdiameter 62-64 cm.

Dalam permainan ini, pergantian pemain tidak terbatas. Berbeda dari beberapa bentuk sepak bola dalam ruangan lainnya, futsal dimainkan dipermukaan lapangan yang keras, yang dibatasi oleh garis bukan dinding atau papan.

Induk organisasi ini bernama FIFA sednagkan tingkat nasional FFI (Federasi Futsal Indonesia).

4. Bola Basket

Sleanjutnya ada bola basket merupakan permainan yang cukup bergengsi di kalangan olah raga bola besar. Permainan ini dimainkan oleh lima orang dalam satu tim.

Permainan ini memiliki prinsip tujuan memasukkan bola ke dalam ring basket lawan. Tim dengan point terbanyak di akhir pertandingan akan menjadi pemenangnya.

Dalam standar pertandingan internasional bola basket yang digunakan harus memiliki ukuran lingkaran antara 74-75 cm dengan berat sekitar 624 gram. Sementara itu. Lapangan pertandingan bola basket berukuran panjang 28,5 dan lebar 15 meter.

Dimana induk organisasi basket tingkat nasional adalah PERBASI sedangkan untuk induk organisasi international adalah Federation Interbationale de Basketball (FIBA).

5. Bowling

Selanjutnya contoh permainan bola besar beserta penjelasannya adalah Bowling atau boling yaitu olahraga permainan bola besar dengan cara menggelindingkan bola khusus menggunakan satu tangan.

Bola boling akan digelindingkan ke Pin yang berjumlah sepuluh buah, yang telah disusun menjadi bentuk segitiga jika dilihat dari atas.

Dan jika semua pin dijatuhkan dalam sekali gelinding (lemparan) maka hal tersebut disebut strike.

6. Sepak Takraw

Selanjutnya sepak takraw adalah jenis olahraga campuran dari sepak bola dan bola voli dimainkan di lapangan ganda bulu tangkis dalam permainan sepak takraw pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan.

Secara tradisional bola digunakan dalam sepak takraw memang biasanya terbuat dari anyaman rotan. Namun, kini bola yang digunakan dalam pertandingan dibuat dari serat sintetis.

Setiap bola harus memiliki 12 lubang dan 11 anyaman bola sepak takraw ini memiliki lingkaran 42-44 cm untuk pemain putra dan 43-45 untuk pemain putri. Dan sepak takraw ini dimainkan antara dua tim yang masing-masing timnya terdiri dari 3 orang.

Tim akan mendapatkan angka jika salah satu pemain mereka berhasil menjatuhkan lawan. Tim yang mencapai angka 21 terlebih dahulu keluar sebagai pemenang.

Dan bola takraw pada umumnya terbuat dari anyaman rotan dan dan tentunya memiliki peraturan yang harus dipatuhi agar bisa memenangkan permainan sepak takraw ini.

7. Rugby

Selanjutnya contoh permainan bola besar beserta penjelasannya yaitu adlah Rugby. Rugby adalah tim yang berasal dari Inggris permainan Rugby ini dimainkan dua tim yang terdiri dari 15 pemain menggunakan bola berbentuk oval di lapangan persegi panjang.

Selanjutnya lapangan memiliki tiang gawang berbentuk H di kedua ujungnya. Dan Rugby ini tak hanya dimainkan oleh pemain pria saja, tetapi juga wanita dari segala usia juga bisa memainkan permainan ini.

8. Polo Air

Selanjutnya Polo Air adalah olahraga tim kooperatif antara dua tim yang dilakukan di air, biasanya kolam yang sangat dalam sehingga pemain tidak dapat menyentuh dasarnya.

Dan permainan ini terdiri dari empat babak dimana kedua tim berusaha mencetak gol dengan cara melempar bola ke gawang tim lawan. Masing-masing terdiri dari atas enam pemain lapangan dan satu pemain yang bertugas sebagai penjaga gawang.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai contoh permainan bola besar beserta penjelasannya yang dapat menjadi pengetahuan tambahan bagi kamu. Semoga bermanfaat,

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: