Contoh Perubahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Perubahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari yang mungkin sering dilakukan namun tak sadar bahwa itu merupakan kegiatan yang menyebabkan terjadinya sebuah perubahan kima yang hampir mirip dengan perubahan fisika.

Lalu apa saja perubahan kima yang mungkin sering dilakukan sehari-hari? simak pada artikel Media Mustakim yang kita bahas pada kesempatan kali ini.

Apa yang di Maksud Dengan Perubahan Kimia?

Perubahan kima yang mungkin di lakukan oleh setiap orang pada setiap hari yang membuat berubahnya bentuk fisik suatu partikel yang tidak dapat kembali berubah ke bentuk asalnya.

Lalu apa pengertian dari perubahan Kima ? perubahan kima merupakan perubahan suatu zat dengan adanya reaksi kimia yang menghasilkan suatu zat baru. Dalam berubahnya suatu zat baru tidak hanya bentuk fisiknya saja yang berubah melainkan struktur molekelnya pun berubah dari struktur sebelumnya.

Ciri-Ciri Perubahan Kimia Pada Kehidupan Sehari-hari

Sebelum mengetahui contoh perubahan kimia yang dapat terjadi karena aktivitas seseorang yang dilakukan pada kegiatan sehari-hari berikut perhatikan ciri-ciri dari adanya perubahan kima yang kami tulis sebagai berikut dalam poin-poin di bawah ini;

1. Perubahan Suhu

Ciri-ciri perubahan Kima yaitu perubahan suhu adalah contoh ketika perubahan kimia yang dilakukan nya dengan pembakaran maka suhu di sekitar pembakaran tentu akan berubah.

2. Kereaktifan

Dalam ciri-ciri kereaktifan seperti besi mudah berkarat akibat di simpan di tempat lembap

3. Perubahan Fisik

Ciri yang selanjutnya yaitu dengan perubahan fisik yaitu berubahnya suatu benda seperti dengan dilakukannya pembakaran maka suatu zat pada benda yang di bakar akan berubah contoh kayu di bakar berubah menjadi sebuah abu dan zat terebut tidak bisa kembali ke bentuk asalnya.

4. Perubahan Warna

Dalam ciri perubahan warna dalam perubahan kimia yaitu contoh seperti sebuah benda yang di bakar akan berubah warna. Sebuah keretas oleh seseorang, dilakukan pembakaran dalam perubahan tersebut maka perubahan warna pun terjadui semula keretas berwarna putih akan menjadi hitam.

5. Mengendap

Ciri-ciri perubahan kimia dalam endapan yaitu suatu reaksi pada kima ketika suatu zat padat terpisah dari suatu cairan.

6. Terdapat Gas

Ciri yang berikutnya adalah dengan munculnya gas akibat reaksi sebuah zat, kemunculan gas dengan contoh sebuah bahan organik gabah padi yang di campur dengan zat tertentu kemudian di prementasi maka akan menghasilkan sebuah gas.

Contoh selanjnutnya yaitu jika seseorang membuat sebuah tape ketan dalam prementasinya tentu menggunakan sebuah ragi, tape ketan tersebut jika di biarkan di tempat lama dengan memasukan tape ke wadah yang tertutup maka tape akan mengandung gas.

Sifat-sifat Perubahan Kima Pada Kehidupan Sehari-hari

Sifat-sifat kima apa saja yang yang mungkin sering kita lakukan pada kehidupan sehari-hari yang menyebabkan berubahnya suatu zat. Simak dalam poin-poin yang kami tulis sebagai berikut di bawha ini.

1. Membusuk

Sifat-sifat kima salah satunya yaitu membusuk, dalam ciri-ciri perubahan kimia membusuk yaitu seperti pada bahan organik, sayur-sayuran dan sebagainya akan cepat membusuk di banding dengan mie instan yang mengandung zat pengawet yang dapat bertahan lama.

2. Beracun

Sifat-sifat kima yng berikutnya yaitu suatu zat dalam peruahan kimia tersebut mungkin saja akan beracun, namun mungkin juga tidak semua zat dalam perubahan kimia itu beracun dan berbahaya, karena salah satu dari hal tersebut yaitu seperti permentasi tape dengan ketentuan tersebut tape dapat di makan.

Namun jika tape di prementai dengan bergitu lama sehingga bisa saja zat yang terkandung dalam tape tersebut beracun.

3. Kereaktifan

Dalam sifat kreaktifan suatu zat di karenkan jenuh dalam proses terjadinya perubahan kimia dari terjadinya endapan karena suatu zat yang tidak dapat larut lagi. Dalam kreaktifan tersebut seperti besi mudah berkarat karena disimpan di tempat lembap atau air.

4. Terlarut

Sifat terlarut dalam perubaha kimia yaitu karen adanya zat garam, gula dan yang lainnya yang mengakibatkan terdisepsi dalam pelarut.

Contoh Perubahan Kima Pada Kehidupan Sehari-hari

Dalam perubahan kima yang di sebabkan karena adanya suatu zat bereaksi menjadi suatu zat baru tentu terdapat ciri-cirinya yang telah kami bahas pada bagian sub judul di atas, lalu contoh perubahan kima pada kehidupan sehari-hari itu apa saja, untuk hal itu maka simak pada poin-poin yang kami tulis di bawah ini;

1. Pembuatan Tape

Dalam contoh perubahan kimia yang mungkin dapat dilakukan oleh seseorang dalam kehidupan sehari-hari yaitu seperti dalam membuat tape, dalam membuat tape maka akan dilakukan suatu proses prementasi dan mengakibatkan singkong menjdai berubah bentuk dan strukturnya.

2. Pembakaran Kertas

Dalam pembakaran keretas hal tersebut juga termasuk kedalam perubahan kima yang semula keretas di bakar dan berubah menjadi abu karena berubah bentuk, struktur dan menghasilkan zat baru.

3. Memasak Nasi

Memasak nasi yang dilakukan setiap hari juga termasuk sebuah kegitan dalam perubahan kimia karena proses pemasakan nasi yang sudah tidak asing lagi karena proses pemasakan nasi mengendap serta berubah bentuk dari struktur sebelumnya dan menghasilkan zat baru juga nasi tidak dapat berubah pada bentuk sebelumnya.

4. Nasi Membusuk

Nasi membusuk akan berubah bentuk serta menghasilkan zat baru karena dalam busuknya nasi tersebut juga akan ditumbuhi zamur.

5. Proses Pembuatan Tempe

Pembuatan tempe juga termasuk dalam perubahan kimia karena dalam proses pembuatan tempe yang dilakukan prementasi yang mengakibatkan mengendapnya, juga terdapat gas dan menghasilakan zat baru serta berubah bentuk.

Penyebab Terjadinya Perubahan Kimia

Apakah dengan adanya perubahan kima tersebut memiliki dampak? dengan adanya perubahan kimia yang mengakibatkan terjadinya suatu zat baru tentu memiliki dampak, ada beberapa dampak yang disebabkan dari perubahan kimia tersebut, untuk lebih jelasnya simak dalam poin sebagai berikut di bawah ini;

Dampak Perubahan Kima

Apakah dengan adanya perubahan kima tersebut memiliki dampak? dengan adanya perubahan kimia yang mengakibatkan terjadinya suatu zat baru tentu memiliki dampak, ada beberapa dampak yang disebabkan dari perubahan kimia tersebut, untuk lebih jelasnya simak dalam poin sebagai berikut di bawah ini;

1. Dampak Positif

Dengan terjadinya perubahan kimia terdapat dampak positif maupun negatif, dampak positif dari terjadinya perubahan kimia tersebut salah satunya yaitu, dapat meningkatkan kesuburan tanah dan memberikan nutrisi pada tanaman.

Selain itu dampak positif yang lainnya dari perubahan kimia yaitu dapat membantu untuk mengetahui beberapa penyakit seperti HIV, membantu penanggulangan pengidam penyakit kanker dan lain-lain.

2. Dampak Negatif

Dalam perubahan kima selain memiliki dampak positif yang mungkin dapat di bilang menguntukan juga perubahan kimia memiliki dampak negatif salah satunya yaitu dapat menimbulkan beragai penyakit dan dapat membahayakan pada mahluk hidup jika perubahan kimia yang begitu sering di lakukan.

Perbedaan Perubahan Kima dan Perubahan Fisika

Setelah mengetahui contoh dari perubahan kimia yang ignifikan maka tentu perubahan kimia dan fisika itu jauh berbeda dari perubahan fisika, dimana perubahan kimia yang dapat menghasilkan zat baru dan tidak dapat kembali ke bentuk semula, juga kandungan ataupu bentuknyapun berubah.

Seangkan pada perubahan fisika yaitu yang berubah hanya bentuknya saja juga dapat kembali pada bentuk semula dan kandungan kimianyapun tidak berubah.

Kesimpulan

Begitu banyaknya perubahan kimia yang dilakukan aktifitas-aktifitas seseorang yang tidak di sadari hal tersebut merupakan sebuah aktifitas termasuk perubahan kimia yang dapat memberikan dampak positif maupun negatif, demikian yang dapat kami sampaikan dalam pembahasan kali ini semoga artikel yang ditulis memberikan manfaat sekian terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya: