Tuliskan 2 Contoh Perubahan Wujud Tetap: Ini 14 Contoh!

Contoh Perubahan Wujud Tetap

Gambar dibuat di Canva

Dalam soal ujian, kamu akan menjumpai banyak pertanyaan seperti tuliskan 2 contoh perubahan wujud tetap! Pertanyaan ini muncul dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan alam.

Bahasan tersebut terdapat pada materi perubahan wujud dan sifat benda. Pembahasan materi ini ada di sekolah dasar (SD). Namun saya lupa kelas berapa, yang jelas antara kelas 4-6.

Nah, di artikel ini akan saya bahas beberapa contoh perubahan wujud tetap dalam kehidupan sehari. Buat kamu yang sedang mencari jawabannya, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Apa itu Perubahan Wujud Tetap?

Perubahan wujud tetap adalah jenis perubahan wujud benda dari satu bentuk ke wujud bentuk yang lain. Benda yang berubah masih terlihat dan memiliki bentuk yang mirip.

Jika terjadi perubahan pun tidak memiliki ubahan yang signifikan. Bahasa sederhananya, perubahan benda berwujud tetap itu adalah perubahan benda dari bentuk satu ke bentuk lain.

Contoh Perubahan Wujud Tetap

Dalam kehidupan sehari-hari kita bisa menemukan banyak contoh perubahan wujud tetap. Kamu juga mungkin tahu apa berbagai bentuk perubahan wujud tetap tersebut.

Adapun berbagai contoh perubahan wujud tetap di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Telur yang direbus
  2. Beras yang dimasak
  3. Kertas yang sudah dibakar
  4. Hewan yang mati dan membusuk
  5. Kayu yang dipotong atau dipatahkan
  6. Batok kelapa dibakar menjadi arang
  7. Tape yang di fermentasi dari singkong
  8. Roti yang berjamur
  9. Besi yang berkarat
  10. Nasi yang sudah dimasak
  11. Kaca yang pecah
  12. Daun yang mengering
  13. Lalap yang direbus
  14. Indomie rebus

Contoh Perubahan Wujud Benda

Perubahan wujud benda tetap adalah salah satu bagian dari pembahasan perubahan wujud benda. Setiap benda pasti akan mengalami perubahan bentuk atau wujud.

Namun bentuknya ada yang tetap ada yang tidak tetap. Jika pertanyaannya: tuliskan 2 contoh perubahan wujud tetap, maka jawabannya adalah:

  1. Telur yang direbus
  2. Beras yang dimasak

Tapi jika pertanyaannya: Tuliskan contoh perubahan wujud benda, maka jawabannya adalah:

  1. Mencair
  2. Membeku
  3. Menguap
  4. Mengembun
  5. Menyublim, dan
  6. Mengkristal

Kesimpulan

Perubahan wujud benda tetap adalah salah satu bagian dari proses perubahan wujud benda. Dalam praktiknya, perubahan wujud benda itu tidak selalu berbentuk.

Seperti menyublim, proses perubahannya tidak berwujud dan tidak bias kita lihat dengan mata telanjang ketika benda yang menyublim itu seperti apa.

Hanya seorang Blogger enthusiasm dan penikmat kopi saja. Suka berbagi pengetahuan kecil & bercita-cita jadi pengusaha media.

Artikel Menarik Lainnya: