Contoh Pidato Persuasif Kelas 9 yang Singkat dan Jelas

Menulis teks pidato merupakan salah satu materi bahasa Indonesia kelas 9. Ada banyak contoh pidato persuasif kelas 9 yang bisa kamu tiru untuk memenuhi tugas sekolah. Sebelum itu, kenali struktur teks pidato persuasif hingga contoh-contohnya.

1 Fashion murah

Struktur Pidato Persuasif

Ada 4 jenis pidato yakni informatif, argumentatif, rekreaktif, serta pidato persuasif. Pidato persuasif biasanya mengandung ajakan, saran, atau perintah. Tujuannya untuk mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu.

fashion muslim murah

Setiap teks pidato ditulis sesuai struktur untuk membuat tanggapan dan membangun emosi para pendengar. Sebelum mengenal contoh pidato persuasif kelas 9, pahami strukturnya berikut ini.

1. Pembukaan

Biasanya dalam pembukaan dibuka dengan salam serta menyapa beberapa pendengar penting. Contoh salam pembuka dalam pidato persuasif di antaranya Assalamualaikum Wr. Wb, Selamat Pagi, atau Selamat Siang, dll.

2. Mengucapkan Rasa Syukur

Setelah mengucapkan salam pembuka, seorang orator (orang yang berpidato) akan mengucapkan kalimat rasa syukur. Contoh kalimat rasa Syukur di antaranya “puji Syukur kepada tuhan yang maha esa, berkat karunia-Nya kita dapat berkumpul di sini”.

3. Pengantar Topik Pidato yang Akan Dibahas

Struktur berikutnya adalah mengucapkan pengantar topik utama contoh kalimatnya “hadirin yang saya hormati, berbicara mengenai kemerdekaan”. Setelah mengucapkan kalimat tersebut, berikutnya berpidato tentang isi.

1 Fashion murah

4. Isi Pidato

Setelah orator mengucapkan salam pembuka, rasa Syukur, serta pengantar topik utama berikutnya membahas tentang isi. Di bagian ini, seorang orator mulai menyebutkan gagasan, ajakan, pendapat, serta informasi penting lainnya.

Seluruh isi pidato bertujuan untuk mendorong para pendengar untuk mengikuti saran serta gagasan yang telah diungkapkan. Di dalam isi pidato, kamu harus menyebutkan alasan secara lugas untuk meyakinkan pendengar dengan gagasan yang disebutkan.

5. Penutup

Setelah mengungkapkan gagasan serta ajakan, orator harus menutup pidatonya dengan sangat sopan dan lugas. Umumnya, di bagian ini berisi saran serta kesimpulan mengenai pidato yang telah diungkapkan.

Selain itu, orator juga harus menyampaikan permintaan maaf bila ada kesalahan kata, menyebutkan salam penutup, serta mengucapkan terima kasih.

Contoh Pidato Persuasif Kelas 9 Tentang Kemerdekaan

Setelah mengenal strukturnya, kenali contoh pidato persuasif kelas 9 dengan topik kemerdekaan.

Assalamualaikum Wr. Wb

1 Fashion murah

Mari panjatkan puji Syukur ke hadirat Allah SWT atas berkat, Rahmat, serta karunia sehingga kita bisa hadir mengikuti acara peringatan HUT RI ke 79 dalam keadaan sehat wal’afiat.

Hadirin, ini adalah momen yang sangat penting untuk menghormati jasa pahlawan yang berhasil mengusir penjajah dari Indonesia. Oleh karena itu, dalam momen ini kita harus mengenang, mendoakan serta mengucapkan terima kasih kepada pahlawan kemerdekaan.

Sesuai pesan Bung Karno, anak muda harus “Jas Merah” atau jangan sekali-kali melupakan sejarah. Dalam rangka merayakan HUT RI ke 79, kita harus meningkatkan semangat persatuan.

Salah satu bentuk semangat persatuan yang bisa diterapkan di zaman modern ini adalah menanamkan sikap nasionalisme dan patriotisme seperti para pahlawan di masa lalu. Selain itu, mari kita melestarikan kebudayaan serta kekayaan Indonesia agar tidak terlupakan zaman.

Khususnya bagi agen perubahan calon penerus bangsa, mari kita tetap mempertahankan dasar negara guna menjaga keutuhan serta kesejahteraan setiap rakyat. Kita harus mengingat serta menerapkan konsep Bineka Tunggal Ika dalam kehidupan bernegara maupun sehari-hari.

Sekian pidato kemerdekaan HUT RI ke 79 mengenai sikap untuk meningkatkan rasa persatuan antar rakyat. Apabila terdapat kesalahan kata maupun ucapan saya meminta maaf. Semoga semangat persatuan ini selalu ada setiap hari bukan hanya momen HUT RI saja.

1 Fashion murah

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Persuasif Kelas 9 Tentang Narkoba Secara Singkat

Assalamualaikum Wr. Wb

Yang terhormat bapak Kepala Sekolah beserta Wakilnya, guru-guru, serta teman-teman yang telah hadir berpartisipasi dalam suksesnya acara hari ini.

Mari kita panjatkan Syukur ke pada Allah SWT yang telah memberikan kesehatan sehingga kita dapat berkumpul di sini. Tak lupa sholawat serta salam mari kita panjatkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Pada hari ini, saya akan menyampaikan pidato mengenai narkoba.

Sebagaimana yang telah diketahui, narkoba adalah musuh besar bangsa karena bisa merusak generasi bangsa dan menimbulkan tindakan kriminal. Dalam setiap tahun selalu ada korban baik itu terjerumus menjadi pecandu maupun menjadi pengedar.

1 Fashion murah

Narkoba adalah obat-obat terlarang yang sangat merugikan bagi kesehatan. Sudah ada berbagai instansi yang bisa membantu para pecandu agar bisa berhenti agar bisa terlepas dari jeratan narkoba. Penting sekali mengenal bahayanya narkoba agar bisa terhindar.

Jangan jadikan narkoba sebagai pelarian, itulah pentingnya pendekatan spiritual dan menjauhi pergaulan bebas. Jangan sekali-kali mendekati barang haram yang satu ini karena sangat merugikan. Hindari pergaulan bebas dan pandai-pandai memilih lingkungan serta tekankan dalam diri karena obat terlarang sangat merugikan.

Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan mengenai bahayanya narkoba dan pentingnya menjaga diri dari pergaulan bebas. Sekian pidato-nya mohon maaf apabila ada kesalahan kata dan saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Persuasif Kelas 9 Tentang Pendidikan

Assalamualaikum Wr. Wb

Dalam kesempatan ini mari kita panjatkan rasa Syukur kepada Allah SWT dan sholawat serta salam kepada Nabi Muhammad SAW. Atas berkatnya kita semua dapat berkumpul dengan sehat dan bahagia dalam acara hari pendidikan nasional.

1 Fashion murah

Hadirin, terdapat ungkapan kejarlah ilmu hingga ke negeri China, semua orang harus memiliki semangat dan daya tarik dalam mencari ilmu. Pendidikan membutuhkan proses yang panjang untuk mencapai suatu gagasan dan tujuan.

Oleh sebab itu, mari kita siapkan sarana yang nyaman dan aman untuk pendidikan kehidupan masyarakat. Peran pengajar juga sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan jiwa independen, mendukung kreatifitas, kreasi, dan budi pekerti.

Mari kita ciptakan dunia pendidikan yang suportif pada minat dan bakat setiap siswa. Instansi pendidikan pun diharapkan menjadi salah satu tempat yang bertanggung jawab pada moral setiap siswa dalam menghadapi tantangan pergaulan anak muda.

Demikianlah pidato singkat ini saya sampaikan, saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf apabila ada kesalahan kata.

Wasalamualaikum Wr.Wb

Akhir Kata

Dalam pidato persuasif harus ada pembukaan, ucapan rasa Syukur, kata-kata pengantar topik utama pidato, isi pidato, serta penutupnya.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu