Contoh Reaksi Oksidasi Adalah

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Contoh reaksi oksidasi adalah sebuah pembelajaran yang timbul dari sebab terjadinya perubahan pada benda. Reaksi oksidasi merupakan perubahan kimia, dan kita tidak akan sulit menemukan beberapa contoh mengenai perubahan/ reaksi oksidasi.

Untuk materi lebih jelasnya mengenai beberapa sampel mengenai ilmu kimia tentang reaksi oksidasi, maka media Mustakim akan membahas tentang materi tersebut pada artikel ini. Untuk itu kamu tinggal membacanya pada artikel ini hingga akhir.

Reaksi Oksidasi

Sebelum pada materi inti tentunya kamu harus memahami mengenai reaksi oksidasi. Dikutip dari halaman detik.com reaksi oksidasi adalah bagian dari fenomena kimia yang disebut reaksi redoks. Dan untuk contoh bisa kamu lihat pada proses perkaratan besi.

Merujuk pada buku Reaksi Redoks karya Abdul Malik, Reaksi oksidasi, merupakan oksigen yang bereaksi dengan banyak unsur yang membentuk senyawa. Untuk itu pengertian oksidasi dikaitkan dengan reaksi unsur atau senyawa dengan oksigen.

Selain itu Oksigen juga dapat diartikan sebagai pengurai mineral yang mengandung logam oleh oksigen dan menimbulkan karat yang merupakan satu bentuk pelapukan kimia, artinya reaksi oksidasi merupakan reaksi kimia yang ditimbulkan karena adanya ikatan/ sebab.

Contoh Reaksi Oksidasi Adalah

Setelah kamu memahami mengenai reaksi Oksidasi yang telah dijelaskan dibagian atas, maka masuk pada pembahasan inti mengenai contoh reaksi Oksidasi dan berikut ini merupakan reaksi oksidasi pada reaksi kimia.

Berikut dibawah ini merupakan contoh reaksi kimia dan disebut dengan reaksi oksidasi. Adapun contohnya adalah sebagai berikut ini;

1. Contoh Reaksi Oksidasi Yang melibatkan Oksigen

Pertama merupakan contoh reaksi oksidasi yang melibatkan Oksigen. dan dikutip dari halaman liputan6.com arti dari oksidasi adalah ketika oksigen ditambahkan ke suatu senyawa, dimana gas oksigen (O2) adalah zat pengoksidasi pertama yang diketahui.

Penambahan suatu senyawa biasanya memenuhi kriteria kehilangan elektron dan peningkatan. Adapun sampel klasik dari definisi lama oksidasi adalah pada besi yang bergabung dengan oksigen untuk membentuk oksida besi atau karat. Jadi basi berkarat artinya besi yang teroksidasi.

Penjelasan mengenai reaksi kimia nya yaitu; -2 Fe + O2 -> Fe203

Logam besi dioksidasi untuk membentuk oksida besi yang dikenal sebagai karat. Reaksi elektrokimia adalah contoh bagus dari reaksi oksidasi. Ketika kawat tembaga ditempatkan ke dalam larutan yang mengandung ion perak, elektron ditransfer dari logam tembaga ke ion perak.

– 2 Cu(s) + O2 Ag + (aq) -> Cu2 + (aq) + 2 Ag(s)

2. Contoh Reaksi Oksidasi Yang melibatkan Hidrogen

Contoh yang kedua yaitu reaksi oksidasi yang melibatkan Hidrogen. Oksidasi yang melibatkan oksigen masih merupakan oksidasi, yang menurut definisi modern dari istilah tersebut. Namun, ada definisi lain yang melibatkan hidrogen yang mungkin ditemukan dalam teks kimia organik.

Menurut definisi ini, oksidasi adalah hilangnya hidrogen, sedangkan reduksi adalah perolehan oksigen. Adapun contoh kimia nya, bisa pada etanol dioksidasi menjadi etanal – CH3CH2OH -> CH3CH.

Etanol dianggap teroksidasi karena kehilangan hidrogen. membalikkan persamaan, etanal dapat dikurangi dengan menambahkan hidrogen untuk membentuk etanol.

Konsep Bilangan Oksidasi

Bilangan Oksidasi adalah muatan positif dan negatif pada suatu atom. Unsur yang biloksnya positif, biasanya merupakan atom – atom unsur logam, seperti Na, Fe, Mg, Ca, dan unsur logam lainnya. Sementara itu, unsur yang biloks nya negatif, biasanya atom – atom unsur nonlogam, seperti O, CI, F dan unsur nonlogam lainnya.

Berdasarkan konsep perubahan nya bilangan oksidasi, reaksi reduksi adalah reaksi yang mengalami penurunan bilangan oksigen. Sedangkan reaksi oksidasi adalah reaksi yang mengalami kenaikan bilangan oksidasi.

Terdapat delapan aturan dalam menentukan bilangan oksidasi suatu atom yang harus kamu ketahu, antara lain adalah sebagai berikut ini;

1. Bilangan oksidasi unsur bebas dalam bentuk atom dan molekul adalah 0

Contohnya; bebas berbentuk atom C, Ca, Cu, Na, Fe, Al, Ne = 0

Contohnya; bebas berbentuk molekul: H2, O2, CI2, P4, S8 = 0

2. Bilangan Oksidasi ion monoatom (1 atom) dan poliatom (lebar dari 1 atom) sesuai dengan jenis muatan ionnya

Contohnya; Bilangan oksidasi ion monoatom Na+, Mg2+, dan Al3+ berturut – turur adalah +1, +2 dan +3. Bilangan oksidasi ion poliatom NH4+, SO42-, dan PO43- berturut- turut adalah +1, -2, dan -3.

3. Bilangan Oksidasi Unsur pada Golongan Logam IA, IIA, IIIA sesuai dengan Golongannya

Berikut ini bilangan Oksidasi pada golongan logam IA, IIA, IIIA sesuai dengan Golongannya;

  • IA = H, Li, Na, K, Rb, Cs, Fr = +1 Contoh bilangan oksidasi Na senyawa NaCI adalah +1
  • IIA = Be, Mg, Ca, Sr, Ba, Ra = +2 Contoh; Bilangan oksidasi Mg dalam senyawa MgSO2 adalah +2
  • IIIA = B, AI, Ga, In, TI = +3 Contoh Bilangan oksigen AI dalam senyawa AI2O3 adalah +3

4. Bilangan Oksidasi Unsur Golongan Transisi (Golongan B) lebih dari satu

Berikut ini contohnya;

  • Bilangan Oksidasi Cu = +1 dan +2
  • Bilangan Oksidasi Au = +1 dan +3
  • Bilangan Oksidasi Sn = +3 dan +4

5. Jumlah Bilangan Oksidasi Unsur – unsur yang membentuk ion = Jumlah muatannya

Berikut ini contohnya;

  • NH4+ = +1

6. Jumlah Bilangan Oksidasi unsur – unsur yang membentuk = 0

Berikut ini contohnya;

  • H2O = 0

7. Bilangan Oksidasi hidrogen (H) bilangan berikut dengan logam = -1 bilangan berikut dengan non-logam = +1

Berikut contohnya

  • Biloks H dalam AIH3 = -1

8. Bilangan Oksidasi Oksigen (O) dalam senyawa proksida = -1 Bilangan oksidasi O dalam senyawa non-peroksida = -2

Berikut contohnya;

  • Biloks O dalam BaO2 = -1

Contoh Reaksi Oksidasi Dalam kehidupan Sehari Hari

Sebenarnya jika kita perhatikan penjelasan – penjelasan yang telah di uraikan di atas maka tentunya kamu akan memahami mengenai contoh reaksi oksidasi yang akan sering dijumpai di keseharian. Hanya saja kita jarang memperhatikan dan tidak tahu bahwa hal demikian merupakan reaksi oksidasi.

Nah, untuk kamu yang ingin mengetahui mengenai contoh reaksi oksidasi dalam kehidupan sehari – hari, maka silahkan simak beberapa reaksi yang terjadi pada benda;

  • Yang pertama yang sering kita teumui mengenai reaksi oksidasi yaitu adanya karat pada logam besi. karat besi terjadi karena adanya reaksi oksidasi antara logam besi dengan oksigen dari udara
  • Yang kedua jika kita perhatikan pada pembakaran bahan bakar seperti; gas metana, minyak tanah, solar. Pada reaksi pembakaran gas metana akan menghasilkan gas karbon sioksida dan uap air
  • Oksidasi glukosa dalam tubuh. Glukosa dioksidasi melalui peristiwa respirasi akan dipecah menjadi senyawa yang lebih sederhana seperti karbondioksida dan air dalam tubuh manusia
  • Buah apel atau pisang jika dikupas akan berubah warna menjadi kecoklatan

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai contoh reaksi oksidasi adalah perubahan pada benda yang disebabkan oleh Oksigen dan air. Dan dapat disimpulkan bahwa

  • Contoh reaksi oksidasi bisa dapat dilihat dalam ilmu kimia serta dapat diperhitungkan
  • Konsep reaksi Oksidasi dapat dibagi menjadi 8 bagian
  • Contoh reaksi oksidasi dalam kehidupan dapat dilihat pada;
    • Perubahan pada besi berkarat
    • Perubahan makanan yang membusuk
    • glukosa dalam tubuh
    • Perubahan pada bahan bakar

Seorang guru di pelosok Garut yang punya hobi menulis dan coba menuangkannya ke dalam blog. Terimakasih sudah membaca artikel dan tulisan sederhana saya di sini.

Artikel Menarik Lainnya: