Contoh Rumusan Masalah Karya Ilmiah Dan Ciri-Cirinya

Contoh Rumusan Masalah Karya Ilmiah dan Ciri-Cirinya

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Rumusan masalah merupakan sebuah pertanyaan mengapa dan bagaimana terkait penelitian atau topik yang di bahas dalam karya ilmiah dan berfungsi rumusan masalah itu sendiri untuk membuka pikiran peneliti maupun pembaca.

Lantas bagaimana contoh rumusan masalah karya ilmiah yang baik dan benar? Kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan bagaimana contohnya secara lengkap.

Faktor yang Harus Diperhatikan dalam Rumusan Masalah

Jadi, secara umum rumusan masalah berisi pertanyaan mengapa dan bagaimana terkait penelitian atau topik yang dibahas dalam karya tulis ilmiah, artinya masalah-masalah apa yang menjadi latar belakang penelitianmu ada dan harus diteliti.

Nah, setelah memahami apa itu rumusan masalah pada paragraf pertama artikel ini mari kita bahas apa saja faktor yang harus diperhatikan ketika membuat rumusan masalah dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Bersifat Orisinil

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah orisinil atau pun asli. Maksudnya adalah masalah yang diangkat haruslah asli dari masalah yang sesungguhnya dan juga tidak boleh menjiplak dari permasalahan yang ada dari peneliti sebelumnya.

2. Berguna Bagi Masyarakat atau pembaca

Dan yang selanjutnya masalah yang diangkat dan akan dicari memiliki dampak, solusi, atau pun yang lainnya adalah harus bisa membantu masyarakat dalam mengurangi atau bahkan bisa menghilangkan masalah tersebut dari masyarakat.

3. Dapat di Peroleh dengan cara Ilmiah, jelas dan Padat

Selanjutnya ada data valid rumusan masalah tidak boleh hanya asumsi-asumsi tetapi masalah tersebut memang harus berdasarkan fakta lapangan dan juga ada data yang nyata dan asli bisa diakses banyak orang untuk cek kevalidan data dan masalah.

Ciri-Ciri Rumusan Masalah

Sebelum beranjak ke contoh rumusan masalah karya ilmiah kamu juga perlu pahami dulu bahwa rumusan masalah ini memiliki ciri-ciri dan berikut ciri-ciri dari rumusan masalah adalah;

  • Rumusan masalah dibuat dalam bentuk kalimat tanya
  • Selanjutnya pertanyaannya singkat, padat, dan jelas
  • Selain itu perlu mengandung nilai penelitian
  • Kemudian dapat mengarahkan cara berpikir terhadap topik yang dibahas
  • Masalah yang diangkat sesuai dengan kemampuan peneliti
  • Dan dapat memberikan petunjuk dalam melakukan kegiatan penelitian sehingga peneliti dapat menemukan jawaban

Contoh Rumusan Masalah Karya Ilmiah

Dan sekarang mari kita bahas beberapa contoh rumusan masalah karya ilmiah yang bisa menjadi rekomendasi kamu yang sedang mencarinya. Berikut penjelasan lengkapnya.

Contoh Rumusan Masalah Karya Ilmiah 1

1. Judul Penelitian

Penawaran dan Permintaan Indonesia di Pasar Internasional

2. Permasalahan atau fenomena

Pemenuhan akan permintaan kedelai mengalami kendala. Hal itu dikarenakan permintaan lebih besar daripada penawaran kedelai sehingga pemerintah melakukan impor untuk memenuhi kebutuhan masyarakat

3. Rumusan Masalah

  • Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penawaran dan permintaan kedelai di Indonesia?
  • Bagaiimana pengaruh harga kedelai dunia terhadap harga kedelai Indonesia?
  • Bagaimana pengauh harga kedelai Indonesia terhadap impor kedelai Indonesia?

Contoh Rumusan Masalah Karya Ilmiah 2

1. Judul Penelitian

Profil Kecemasan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berpikir Kritis Ditinjau dari Level Val Hiele

2. Permasalahan atau Fenomena

Peneliti tertarik melakukan penelitian untuk mengetahui lebih dalam tentang pengaruh tingkat kecemasan siswa terhadap tingkat kecemasan siswa terhadap kemampuan berpikir kritis dalam belajar matematika.

3. Rumusan Masalah

  • Bagaimanakah profil kecemasan siswa level visualisasi dalam menyeleaikan masalah geometri berpikir kritis?
  • Bagaimanakah profil kecemasan siswa level analisis dalam menyelesaikan masalah geometri berpikir kritis?
  • Bagaimanakah strategi mengatasi kecemasan siswa yang tinggi?
  • Bagaimanakah profil kecemasan siswa level edukasi dalam menyelesaikan masalah geometri berpikir kritis

Contoh Rumusan Masalah Karya Ilmiah 3

1. Judul penelitian

Pengembangan Model Inkuiri Terbimbing dengan Unsur Metode Sorogan untuk Pembelajaran IPA Siswa MTs.

2. Permasalahan atau fenomena

Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebagai lembaga pendidikan formal yang bercirikan kearifan lokal budaya pendidikan islam di Indonesia telah mengenal suatu metode pembelajaran tradisional yang tetap digunakan dalam aktivitas pembelajaran agama dalam lembaga tersebut seperti metode sorogan.

3. Rumusan Masalah

  • Bagaimanakah rumusan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dikembangkan dengan unsur metode sorogan yang praktis untuk pembelajaran IPA siswa MTs?
  • Bagaimanakah rumusan mode pembelajaran inkuiri terbimbing yang dikembangkan dengan unsur metode sorogan yang efektif terhadap hasil belajar kognitif serta kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran IPA di MTs?
  • Bagaimanakah rumusan model pembelajaran inkuiri terbimbinng yang dikembangkan dengan unsur metode sorogan yang valid untuk pembelajaran IPA siswa MTs?

Contoh Rumusan Masalah Karya Ilmiah Ke 4

1. Judul Penelitian

Dampak dan Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan

2. Permasalahan atau Fenomena

Di zaman yang moder ini hampir semua kalangan menyalahgunakan narkoba, termasuk remaja dan anak-anak.

3. Rumusan Masalah

Berikut merupakan rumusan masalah dari judul penelitian dampak dan bahaya narkoba bagi kesehatan, diantaranya adalah:

  • Apa pengertian dari narkoba?
  • Apa saja jenis-jenis narkoba?
  • Apa bahaya dan dampak dari narkoba?
  • Bagaimana kiat-kiat untuk menghindar penyalahgunaan narkoba?

Contoh Rumusan Masalah Karya Ilmiah ke 5

1. Judul Penelitian

Kompetensi Pelaut dalam penerapan International Safety Manajemen Code (Issm-Code) pada Kapal-Kapal di Lintas Penyebrangan Ketapang-Gilimanuk.

2. Permasalahan atau Fenomena

Untuk menjamin keselamatan pelayaran sebagai penunjang kelancaran lalu lintas kapal laut, diperlukan adanya awak kapal yang berkeahlian, berkemampuan, dan terampil.

3. Rumusan Masalah

  • Bagaimana kompetensi pelaut dalam penerapan International Safety Manajemen Code (ISM-Code) pada kapal-kapal di penyeberangan lintas Ketapang-Gilimanuk?
  • Bagaimana dukungan manajemen perusahaan dalam penerapan International Safety Manajemen Code (ISM-Code) pada kapal-kapal di lintas penyeberangan Ketapang-Gilimanuk?
  • Bagaimana pelaksanaan manajemen pengawasan/kontrol dalam penerapan international Safety Manajemen Code (ISM-Code) pada kapal-kapal di lintas penyeberangan Katapang-Gilimanuk?

Contoh Rumusan Masalah Karya Ilmiah

1. Judul Penelitian

Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pecahan Siswa Kelas III SDN Pontang 04 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

2. Permasalahan atau Penomena

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan pada 4 Desember 2017 dengan siswa dan guri kelas III SDN Pontang 04 Jember. Dimana 5 siswa kelas IV mengatakan kurang menyukai mata pelajaran matematika karena sulit.

3. Rumusan Masalah

  • Bagaimanakah penerapan metode discovery learning yang dapat meningkatkan aktivitas belajar pokok bahasan pecahan siswa kelas III SDN Pontang 04 Jember?
  • Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan metode discovery leasrning pokok bahsan pecahan siswa kelas III SDN Pontang 04 Jember tahun pelajaran 2017/2018?
  • Bagaimanakah pengingkatan aktivitas siswa setelah penerapan metode discovery learning pokok pecahan siswa kelas III SDN Pontang 04 jember Tahun Pelajaran 2017/2018?

Kesimpulan

Demikian beberapa contoh rumusan masalah karya ilmiah yang bisa dijadikan rekomendasi saat kamu melakukan penelitian semoga apa yang tim Mustakim Media sampaikan ini dapat bermanfaat terutama bagi kamu yang sedang mencari tahu informasi lengkap mengenai hal tersebut terimakasih.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: