Contoh Script Film Pendek Dan Cara Membuatnya

Contoh Script Film Pendek dan Cara Membuatnya

Dalam menghasilkan sebuah film yang enak di tonton di baliknya ada script film yang di tulis secara detail mengenai adegan yang akan difilmkan. Dimana script film ini dijelaskan secara rinci tiap adegan yang akan dilakukan oleh para pemainnya.

Oleh sebab itu, script ini cukup penting. Lantas bagaimana contoh script film pendek yang baik dan benar? Kamu bisa simak artikel ini sampai selesai akan dijelaskan beberapa contoh script film pendek yang baik.

Contoh Script Film Pendek

Contoh Script Film Pendek

Berikut beberapa contoh script film pendek yang bisa dijadikan rekomendasi kamu untuk contoh membuat script film pendek. Berikut beberapa contohnya yang bisa kamu jadikan pelajaran baru.

1. Contoh Script Film Pendek Pembunuhan

Shoot 1

Penyiar (O.s.)

Polisi sampai saat ini masih melakukan penyelidikan atas kejadian yang cukup meresahkan ini….

Mendengar pintu terbuka, Rika menoleh sekilas, melihat Surya melangkah masuk, lalu kembali pada kesibukannya.

Rika (Ngedumal)

Huh! Ada buku resep di rak novel, ada novel di rak komil. Paling parah ini… (Mengangkat bahu bercover dua orang dewasa berpelukan) ini ada di rak buku pelajaran SD! Kalau tau gini, dari dulu aja aku yang ngurus toko …

Rika kembali sibuk sendiri, Surya tetap berdiri diam menatap punggung yang terus bergerak itu.

Surya : Mbak udah pindah ya?

Rika hanya berhenti sedetik, lalu kembali pada kegiatannya.

Rika : belum resmi, siapa sih pagi-pagi udah gosip?

Surya: Bu Kos.

Rika: Mbak Novi?

Surya : Siapa lagi, Bu kos saya Cuma satu.

Rika: Bilang apa lagi dia?

Surya: Mbak pindah pasti gara-gara pelarian abis cerai.

Buku ditangan Rika terjatuh, Rika terdiam sejenak. Menghela nafas.

Rika: Daripada ngomong yang belum tentu benar, lebih baik bantuin saya

Surya menggeleng

Surya : Saya ada shooting

Surya memutar tubuhnya, melangkah ke arah pintu dan menghilang dibaliknya.

Rika (ngedumel) ya mendingan shooting aja dari pada ber ‘dialog’ gak berguna, dasar selebritis kurang terkenal….

Rika menatap tumpukkan buku-buku yang berantakan, persis seperti perasaan yang terbaca lewat matanya.

2. Contoh Script Film Pendek  Alur Menarik

Shoot 1

Di ruang tamu, siang hari.

Kak Asep sedang menunggu kedatangan Mas Dwi dan Fajar di ruang tamu. Mereka berencana ingin mabar game bersama. Tetapi yang datang ternyata hanya Mas Dwi.

Mas Dwi: Kak Asep

Kak Asep: Eh, Mas Dwi. Ayo mask Mas Dwi.

Mas Dwi: Iya Kak Asep.

Kak Asep:  Fajar mana mas? Kok gak bareng sama Mas Dwi?

Mas Dwi: tadi saya udah ketuk pintu rumahnya Kak Asep, tapi gak ada jawaban.

Kak Asep: kemana ya si Fajar? Kan kita udah janji mabar hari ini, mas.

Mas Dwi: coba Kak Asep telpon aja.

Kak Asep: Oiya, biar Kak Asep telpon dulu deh kalo gitu.

Kak Asep pun menelpon fajar.

Kaka Asep: Bro lo kok belum dateng ke rumah?

Fajar: Sorry bro, gue lagi sakit kepala nih.

Kak Asep, Oh gitu, terus kita gak jadi mabar dong bro hari ini?

Fajar: besok aja bro kalo gitu.

Kak Asep: ya udah deh. Cepet sembuh ya bro.

Fajar: makasih bro.

Kak Asep mematikan sambungan teleponnya.

Kak Asep: Fajar lagi sakit kepala, Mas Dwi.

Mas Dwi: ooh.. terus kita gak jadi mabar, Kak Asep?

Kak Asep: gak jadi Mas Dwi, sebagai gantinya, gimana kalau nanti sore ita jenguk Fajar sekaligus kasih dia obat? Kebeulan Kak Asep punya obat ampuh sakit kepala.

Mas Dwi: Blohe Kak Asep. Nanti saya tunggu di depan rumah Ka Asep ya?

Kak Asep: Oke Mas Dwi.

Langkah Menulis Script Film

Nah, bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara menulis script film pendek kamu bsia simak berikut beberapa langkah mudahnya:

1. Memahami apa itu script film

Pertama sebelum memulai proses kamu pahami dulu apa itu script atau skenario film dan pastikan kamu sudah paham mengenai pengertian, tujuan dan lainnya.

2. Mempelajari naskah yang sudah ada

Cara alinnya kamu ujuga bisa memulai dengan melihat contoh terlebih dahulu yang sudah ada dengan begitu kamu memiliki gambaran penulisannya.

3. Brainstorming

Selanjutnya brainstorming yaitu mengumpulkan ide abstrak, konsep besar, jenis film dan hal lainnya. dan lakukan dalam sebuah catatan. Agar bisa membantu cara berpikirmu ketika menentukan hal detail lain di langkah selanjutnya.

4. Mencari ide cerita

Kemudian carilah sumber ide cerita biasanya berasal dari pengalaman pribadi atau orang lain.

5. Menentukan tema film

Tentukan tema yang akan kamu pilih karena akan membantu kamu menetapkan tokoh, latar dan lannya secara detail.

6. Mematangkan Konsep Film

Setelah selesai di buat kamu bisa mematangkan konsep film dengan alur yang diangkat sehingga inti dari cerita dan jalannya sudah dipahami.

7. Membuat Premis dan Logline

Yaitu membuat intisari agar menjadi acuan batasan bagi penulis naskah selanjutnya.

8. Menyusun Alur

Pastikan penyusunan alur sesuaikan dengan durasi yang akan kamu buat.

9. Mengesahkan keseluruhan cerita

Jika cerita sudah dianggap rampung dan sudah di edit kesalahannya kamu bisa mengesahkan script tersebut.

Akhir kata

Demikian penjelasan mengenai contoh script film pendek yang cukup menarik dan bisa dijadikan contoh bagi kamu yang masih pemula membuat script film beserta langka-langkah pembuatannya. Semoga bermanfaat.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: