13 Contoh Seni Rupa Terapan Berdasarkan Jenisnya

Contoh seni rupa terapan sangat banyak berdasarkan fungsi maupun wujudnya. Seni rupa terapan bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari baik itu lingkungan maupun tempat tinggalnya.

Seperti apa contoh seni rupa terapan? Simak informasi lengkap dan kenali dulu apa yang dimaksud dengan seni rupa terapan.

Mengenal Seni Rupa Terapan dan Jenisnya

Seni rupa terapan merupakan suatu karya yang memiliki nilai guna serta keindahan. Bahkan salah satu karya berfungsi untuk kebutuhan sehari-hari contohnya kursi yang diukir.

Selain memiliki nilai estetika, suatu karya seni terapan memiliki nilai fungsi untuk kehidupan.

1. Seni Rupa Terapan Bernilai Guna

Jenis yang pertama dikelompokkan berdasarkan fungsi yang terdiri dari fungsi praktis dan fungsi estetis.

1.1. Fungsi Praktis

Seni rupa terapan yang dinilai dari kegunaan merupakan suatu karya yang dibuat untuk dipakai salah satunya peralatan rumah.

1.2. Fungsi Estetis

Berikutnya seni rupa yang dikelompokkan berdasarkan fungsi estestis, biasanya diperuntukkan untuk menghiasi rumah atau suatu tempat. Benda-benda hias ini seperti patung dan lukisan.

2. Seni Rupa Terapan yang Berwujud

Ada 2 macam seni rupa terapan yang berwujud terdiri dari dwimatra atau 2 dimensi dan trimarta atau 3 dimensi.

2.1. Karya 2 Dimensi

Karya seni 2 dimensi merupakan salah satu bentuk seni yang memiliki ukuran panjang dan lebar. Umumnya, hasil karya ini dapat dilihat dari 1 arah saja. Karya-karya ini dikenal dengan seni relief, ilustrasi, hingga gambar.

2.2. Karya 3 Dimensi

Berikutnya adalah karya seni 3 dimensi salah satu jenis yang mempunyai ukuran panjang, lebar, maupun tinggi. Biasanya karya ini memiliki ruang serta volume. Seni rupa terapan 3 dimensi salah satunya gedung, kendaraan, alat rumah tangga, dll.

3. Kelompok Seni Rupa Berdasarkan Bentuknya

Seni rupa terapan juga bisa dikelompokkan berdasarkan bentuknya terdiri dari rumat adat, transportasi tradisional, senjata tradisional, seni kriya, dll.

Contoh Seni Rupa Terapan 3 Dimensi

Objek karya seni rupa terapan 3 dimensi biasanya dapat dilihat dan disentuh dari segala sisi. Secara bentuk, karya seni ini memiliki ruang, volume, dan ukuran berbeda-beda.

1. Keramik

Salah satu contoh seni rupa terapan 3 dimensi yang pertama adalah keramik. Karya tersebut tak hanya dibuat untuk hiasan seperti guci besar maupun keramik untuk menutup lantai di rumah.

Banyak juga alat rumah tangga yang dibuat dari keramik seperti piring, mangkuk, hingga alat masak.

2. Kendaraan

Tak hanya keramik, contoh seni rupa terapan versi 3 dimensi lainnya terdiri dari kendaraan motor, mobil, pesawat, kereta api, dll.

3. Furniture Rumah Tangga

Contoh seni rupa terapan lainnya adalah furniture alat rumah tangga di antaranya lemari, kursi, serta meja. Alat-alat tersebut memiliki ukuran panjang, volume, ruang, dan sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia.

4. Rumah

Rumah juga salah satu bentuk seni rupa terapan 3 dimensi, suatu karya yang bentuknya dapat dilihat dari segala arah. Desain rumah modern maupun tradisional merupakan karya seni rupa. Sejumlah rumah adat berdasarkan daerah adalah salah satu contoh seni rupa terapan 3 dimensi.

5. Arsitektur

Karya arsitektur merupakan contoh seni rupa terapan 3 dimensi. Arsitektur rumah, gedung tinggi, serta jenis karya lainnya adalah contoh karya 3 dimensi.

Contoh Seni Rupa Terapan 2 Dimensi

Kalau karya seni 3 dimensi dapat dilihat dari berbagai sisi, seni rupa 2 dimensi hanya dapat dilihat dari 1 sisi. Berikut adalah contoh-contoh karya seni terapan versi 2 dimensi. 

1. Batik

Batik merupakan salah satu karya seni berupa motif atau corak yang biasanya dilihat pada kain. Ada banyak corak batik mulai dari alas-alasan, anggur, emprit, gurdho latar kembang, kokrosono, merak lung-lungan, sekar jagad, sekar nyamplung, dll.

2. Kain Songket

Selain batik, contoh seni rupa terapan 2 dimensi lainnya adalah kain songket. Karya ini sangat berkaitan dengan budaya Indonesia. Motif pada kain songket sering digunakan pada pakaian, kain sarung, ikat kepala, dll.

3. Poster

Contoh seni rupa terapan 2 dimensi lainnya adalah poster. Poster biasanya ditemukan dalam iklan, bentuknya terdiri dari tulisan dan gambar. Karya poster merupakan sebuah media komunikasi serta pemasaran yang sering digunakan saat ini.

4. Ilustrasi

Ilustrasi merupakan contoh seni rupa terapan 2 dimensi yang semakin sering ditemukan saat ini. Sejumlah illustrator dapat menjual karya-karya mereka lewat media online. Karya seni 2 dimensi ini memiliki nilai jual serta estetika karena dibutuhkan dalam desain komunikasi visual.

5. Kaligrafi

Contoh seni rupa terapan 2 dimensi lainnya adalah kaligrafi. Karya seni yang bertuliskan ayat-ayat Al-Qu’an atau huruf arab ini biasanya dibuat untuk menjadi hiasan dinding. Saat ini, kaligrafi menjadi salah satu bentuk karya untuk melengkapi desain sebuah masjid.

Contoh Seni Rupa Terapan Berdasarkan Bentuknya

Jika sebelumnya mengenal contoh seni rupa terapan versi 3 dimensi dan 2 dimensi. Contoh lainnya merupakan karya-karya khas daerah yang sifatnya tradisional tapi masih populer bahkan diperbarui hingga saat ini. Berikut ini contoh karya seni terapan lainnya.

1. Seni Kriya

Seni kriya identik dengan hasil karya yang dibentuk oleh teknik dan bahan dasarnya. Terdapat beberapa jenis seni kriya terapan seperti kriya logam, kriya pahat, kriya tekstil, serta kriya anyaman. 

2. Senjata Tradisional

Selain seni kriya, contoh seni rupa terapan yang lain adalah beberapa senjata tradisional khas dari setiap daerah di Indonesia. Senjata tradisional seperti Mandau Kalimantan, Keris Jawa, hingga Celurit Madura.

3. Rumat Adat

Beberapa rumat adat daerah seperti rumah limas, krong bade, gadang, betiang, joglo, hingga rumah lamin merupakan contoh seni rupa terapan.

Akhir Kata

Secara umum contoh seni rupa terapan terdiri dari kriya, ilustrasi, seni bangunan, serta desain komunikasi visual. Setiap karya seni rupa terapan tersebut memiliki variasi yang lengkap, ada yang diperbarui mengikuti zaman maupun dipertahankan sesuai adat budaya.

Artikel Menarik Lainnya: