Contoh Stand Up Comedy Singkat dan Lucu untuk Pelajar

Contoh stand up comedy dapat dijadikan referensi buat kamu yang bercita-cita menjadi komika dan sedang mempelajari dunia komedi. Belakangan ini dunia stand up comedy sangat menarik karena dari comedy dapat menghasilkan uang lewat berbagai aspek.

Seorang stand up comedy’an atau komika dapat menjadi apa pun mulai dari artis, aktor, host, podcaster, content creator, dll. Dunia menarik ini dapat menjadi wadah baru untuk para pelajar karena tak hanya untuk hiburan tapi bisa menghasilkan uang.

Struktur Naskah Stand Up Comedy

Dunia stand up comedy diramaikan oleh beberapa nama yang populer di antaranya Kiky Saputri, Ali Akbar, Panji Pragiwaksono, Raditya Dika, dll. Dalam mementaskan komedi, mereka menulisnya dalam sebuah naskah.

Setiap stand up comedy, setidaknya harus mengandung 3 struktur berikut ini:

1. Set Up

Struktur pertama dikenal dengan set up atau ungkapan situasi yang dikenal dengan premis komedi. Dengan menentukan set up, penonton akan tertarik untuk mendengarkan komedi kamu.

2. Punchline

Setelah set up, ada juga punchline yang mana bagian lucu dari komedi. Hal ini akan menghasilkan gelak tawa para penonton.

Contohnya:

Kemaren gua makan babi, terus ketahuan sama nyokap gua. Terus nyokap gua bilang “Tambahin nasi dong”

Tips Menulis Materi Stand up Comedy yang Lucu

Dibutuhkan pengetahuan dan contoh stand up comedy untuk menampilkan komedi yang lucu. Berikut ini beberapa tips bagi kamu yang mau menulis stand up comedy.

1. Menentukan Tema

Salah satu hal paling penting dalam memulai sebuah karya adalah menentukan tema. Menentukan tema dalam stand up comedy biasanya berasal dari keresahan. Kalau dimulai dari keresahan biasanya lebih mudah dipahami oleh penonton.

2. Tentukan Cara Menyikapi Materi Stand Up Comedy

Kalau sudah menentukan tema, selanjutnya menentukan sikap terhadap tema yang ditentukan. Kamu dapat menyikapi materi dengan perasaan senang, kesal, takut, sedih, dll. Itulah pentingnya melihat contoh stand up comedy untuk memudahkan pendalaman sikap.

3. Ekspresikan Keresahan Menjadi Komedi

Kalau diawali dari perasaan resah, pasti akan lebih mudah mengekspresikan sikap terhadap keluhan yang kamu bicarakan. Contohnya, kamu merasa heran kepada tetangga yang selalu bertanya kapan menikah, kerja di mana, dll.

4. Buat Twist atau Punch Line

Dalam berbagai contoh stand up comedy pasti ada punch line atau twist. Bagian inilah yang akan menarik perhatian dan tawa para penonton.

Contoh Stand Up Comedy Terlucu Milik Ali Akbar

Perkenalkan saya Ali Akbar dari Ternate Maluku Utara, Saya dulu kuliah di Yogyakarta dan sebagai orang timur saya merasakan diskriminasi. Bahkan sampai saat ini di Yogyakarta masih ada kos yang tidak menerima orang timur. Kenapa ya orang Jawa ini, saya pernah masuk kos-kosan mengaku sebagai orang Padang.

Ketika ditanya “mas dari mana” saya jawab “dari Padang” , siapa namanya? “Praz Teguh” coba bahasa Padang, “Pantek”

Masalah orang Timur apa sih, paling orang Timur masalahnya mabok, jarang mandi, bawa motor tanpa pakai helm, dan masalah-masalah yang merugikan kita sendiri. Justru orang-orang jawab suka membuat masalah yang merugikan orang lain, ada yang makan orang contohnya Sumanto, ada yang jadi pemimpin komunitas.

Menurut saya, di masa pemerintahan pak Jokowi banyak sekali yang berubah. Saya kasih contoh, teman-teman tahu Momogi? Ukurannya tambah kecil. Karena saya masih ingat dulu di masa pemerintahan pak SBY momogi masih dapat empat gigitan, tapi sekarang satu gigitan saja sudah habis, bahkan saya raba-raba bungkusnya lah sudah habis.

Kalau membahas momogi kemungkinan di serangnya sangat kecil, siapa yang tersinggung dengan momogi. Adakah anggota DPR yang mau lapor bahkan gak ada komunitas momogi. Alasan saya bahas momogi simpel saja, karena saya suka momogi, cinta mati, YANG RASA JAGUNG YA, yang cokelat kurang.

Padahal jagung asli saya tidak suka, tapi kalau momogi jagung saya suka. Ketika tahun baru, orang lain bakar jagung saya bakar momogi. Momogi is my life. Momogi sering ditemukan di warung harganya 500 rupiah, biasanya dijadiin kembalian, tidak ada kembali 500 ambil momogi saja.

Kalau tujuan saya memang mau beli momogi 1 terus tidak ada kembalian 500, malah ditawari momogi, saya tidak mau karena maunya 1 momogi, malah ditawari TOP, TOP juga semakin kecil saja teman-teman. Karena apa??? REZIM.

Sekarang berat momogi ringan sekali cuma 5 Gr kaya mas kawin.

Contoh Stand Up Comedy Singkat

Semalem gua ke rumah budi, assalamualaikum mahasiswa abadi…

Perkenalkan nama gua Kiki Saputri, Universitas ini merupakan kampus swasta terbaik untuk generasi muda yang dinamis dan kreatif. (Itu kata websitenya).

Kampus ini gokil banget, pas masuk di sambut lobby dengan tiang yang kokoh, ubinnya juga bening banget kaya Chealsea Islan. Beda banget ama yang di rumah gua, di rumah gua tembok udah pada retak, ubin udah pada pecah-pecah, dan stand up itu berbicara tentang kejujuran dan keresahan dan jujur adalah hal yang paling bikin gua resah adalah bentuk tubuh gua yang enggak proporsional, tangan gua kecil, kaki gue kecil, kalah jauh sama ukuran…

Seneng banget liat kampus ini, ruang belajarnya gede beda sama ruang kampus gua. Di sini sekelas 20-30 orang, dulu di kampus gua 1 ruangan bisa muat 60-70 orang. Masalahnya ruangannya kecil banget, kecil banget dah pokoknya. Kalau orangnya banyak tapi ruangannya kecil pas belajar dempet-dempetan, berasa kambing korban di truk.

Nyebelin banget belajar dempet-dempetan soalnya suka ada 1 orang yang bau ketek. Pasti lu pernah dapet temen yang bau ketek udah gitu duduk di bawah AC, lu tau kan kalau duduk di bawah AC kalau anginnya swing ke bawah perang di mulai, sekelas udah kaya diserang gas beracun.

Akhir Kata

Contoh stand up comedy dapat dipelajari untuk menampilkan komedi yang menarik. Setiap punya keresahan langsung tuliskan ke dalam buku lalu lengkapi dengan hiburan atau punch line agar lebih lucu.

Artikel Menarik Lainnya: