Contoh Surat Keterangan Lulus Untuk Universitas (Lengkap)

Contoh Surat Keterangan Lulus untuk Universitas (Lengkap)

Contoh Surat Keterangan Lulus untuk Universitas (Lengkap)

Sedang mencari contoh surat keterangan lulus di universitas? Tak perlu bingung karena banyak sekali contoh dari surat keterangan lulus dari berbagai universitas. Semua contoh tersebut bisa dijadikan pedoman dalam pembuatan surat keterangan lulus.

Surat keterangan lulus punya banyak fungsi dan kegunaan. Dengan semua fungsi yang ada tersebut, surat keterangan lulus ini memang sangat penting. Berikut ini penjelasan mengenai surat keterangan lulus universitas beserta contoh – contohnya.

Contoh Surat Keterangan Lulus

Surat keterangan lulus yang dikeluarkan oleh sebuah universitas negeri maupun swasta di Indonesia. Satu hal yang pasti, surat keterangan lulus merupakan dokumen resmi.

Berikut ini beberapa contoh surat keterangan lulus dari sebuah universitas.

1. Contoh Surat Keterangan Lulus Universitas Tanjung Pura

Contoh Surat Keterangan Lulus untuk Universitas

2. Contoh Surat Keterangan Lulus UIN Sunan Kalijaga

Contoh Surat Keterangan Lulus untuk Universitas (Lengkap)

Hal Apa Saja yang Terdapat di Surat Keterangan Lulus?

Dalam surat keterangan lulus di universitas itu terdapat sejumlah informasi atau keterangan. Selain pemberitahuan kelulusan, ada pula beberapa hal lain yang ada di sebuah surat keterangan lulus atau SKL. Berikut ini beberapa contohnya.

1. Identitas dari Pemilik Surat Keterangan Lulus

Salah satu informasi yang pasti tertera di surat keterangan lulus adalah identitas dari pemiliknya. Akan ada nama dari pemilik dari surat keterangan yang akan muncul. Dalam hal ini adalah nama mahasiswa yang bersangkutan.

2. Nomor Induk Mahasiswa

Nomor Induk Mahasiswa jadi keterangan lain yang juga muncul di SKL. Nomor tersebut merupakan identitas lain yang akan melekat pada SKL tersebut. Jadi, selain ada nama juga ada nomor pada SKL yang dikeluarkan universitas.

3. Stempel Resmi dari Rektorat

Tak lupa juga ada tanda tangan sekaligus stemple resmi dari rektorat. Stempel itu adalah sebuah tanda kalau SKL tersebut memang resmi dikeluarkan dari pihak universitas yang bersangkutan. Tanpa stemple resmi, SKL tidak berlaku dan dianggap palsu.

4. Informasi Fakultas dan Prodi

Informasi mengenai fakultas dan prodi juga akan muncul juga di SKL. Informasi tentang fakultas dan program studi ini juga merupakan sesuatu yang wajib ada pada sebuah SKL yang dikeluarkan universitas.

Syarat Mendapatkan Surat Keterangan Lulus

Ada sejumlah syarat yang perlu dipenuhi untuk bisa mendapatkan surat keterangan lulus. Semua syarat yang ada itu memang perlu mendapatkan atensi khusus. Ini dia sejumlah syarat untuk memperoleh surat keterangan lulus.

1. Sudah Selesaikan Semua Tahap Perkualiahan

Salah satu syarat untuk memperoleh surat keterangan lulus adalah sudah menyelesaikan semua tahap perkualiahan. Semua tahap kuliah hingga tugas harus diselesaikan semua terlebih dulu agar bisa memeproleh SKL.

2. Sudah Menyelesaikan Semua Tagihan Kuliah

Syarat berikutnya berkaitan dengan penyelesaian semua tahapan kuliah. Proses untuk menyelesaikan semua tahapan kuliah ini memang harus dipenuhi dulu agar bisa mendapatkan Surat Keterangan Lulus dari kampus.

3. Menyelesaikan Skripsi

Syarat utama berikutnya adalah sudah menyelesaikan skripsi sebagai tugas akhir. Penyelesaian tugas akhir skripsi memang wajib dilakukan. Ketika proses penyelesaian skripsi ini sudah dilakukan, maka SKL bisa didapatkan langsung dari pihak kampus.

4. Sudah Melakukan Yudisium

Surat Keterangan Lulus juga bisa diperoleh ketika seseorang sudah melakukan Yudisium. Proses penyelesaian Yudisium itu memang jadi hal yang wajib untuk dilakukan. Ketika sudah melakukan proses yudisium, maka SKL bisa diminta.

Manfaat Surat Keterangan Lulus

Surat keterangan lulus itu bisa digunakan untuk sejumlah hal. Utamanya bagi lulusan yang ingin segera mencari pekerjaan meski ijazahnya belum turun. Berikut ini beberapa manfaat dari surat keterangan lulus universitas.

1. Pelengkap Dokumen Lamaran Pekerjaan

Manfaat utama adalah sebagai pelengkap lamaran pekerjaan sebelum ijazah resmi turun. Buat mahasiswa yang butuhkan perkejaan langsung, SKL bisa menjadi pengganti ijazah. Proses mendapatkan pekerjaan memang ingin segera dilakukan oleh mereka yang sudah lulus.

2. Penanda Sudah Selesaikan Skripsi

SKL juga bermanfaat sebagai penanda kalau sudah selesaikan skripsi sebagai tugas akhir mahasiswa. Ketika sudah selesaikan skripsi, banyak mahasiswa yang memang meminta SKL dari pihak kampus. Jadi, saat skripsi sudah selesai dan transkrip nilai keluar, SKL pun bisa didapatkan.

3. Keterangan untuk Bisa Lanjut S2

Mahasiswa yang ingin lanjutkan studi S2 juga bisa meminta SKL tersebut. Di sejumlah kampus, pendaftaran bisa menggunakan SKL sembari menunggu ijazah resmi keluar. Kalau mau lanjut S2, dokumen yang memperlihatkan seorang mahasiswa sudah lulus itu memang penting.

FAQ | Surat Keterangan Lulus Universitas

Apa kegunaan utama surat keterangan lulus universitas?

SKL atau Surat Keterangan Lulus berguna bagi mahasiswa yang ingin segera cari pekerjaan sambal menunggu ijazah turun.

Bagaimana cara memeproleh surat keterangan lulus universitas?

Cara mendapatkan SKL adalah mengajukan surat tersebut kepada pihak administrasi fakultas atau prodi.

Apakah ada biaya untuk mendapatkan surat keterangan lulus universitas?

SKL dikeluarkan secara gratis di sebuah universitas. Artinya tidak ada biaya untuk dapatkan SKL.

Penulis bayangan yang suka mengaspal di sepanjang jalan pantura.

Artikel Menarik Lainnya: