Contoh Teks Diskusi Singkat Beserta Strukturnya

Contoh teks diskusi singkat beserta strukturnya lengkap dengan berbagai tema lengkap akan kamu temukan pada artikel ini. Dan bagi kamu yang penasaran bagaimana saja contohnya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai ya!

Contoh Teks Diskusi Singkat Beserta Strukturnya

Struktur Lengkap Teks Diskusi

Sebelum beranjak ke contoh teks diskusi kamu pahami dulu struktur dari teks diskusi untuk memudahkan kamu saat penulisan teks tersebut dan berikut struktur dari teks diskusi:

1. Isu atau Pendahuluan

Yaitu merupakan pengatar yang berisi informasi latar belakang tentang topik dan isu yang akan kamu diskusikan.

2. Argumen Pendukung

Yaitu menyajikan argumen atau sudut pandang yang mendukung topik tersebut. Argumen yang disajikan harus menyajikan objek dan tidak memihak.

3. Argumen

Bagian ini memberikan tanggapan terhadap argumen yang di sajikan sebelumnya yang menentang atau menyangkal argumen tersebut.

4. Refleski dan Analisis

Bagian ini meninjau kembali argumen yang telah disajikan dan memberikan analisis atau pengamatan yang membantu poin-poin penting dari diskusi.

5. Kesimpulan

Bagian ini akan merangkum poin-poin utama dari diskusi dan memberikan kesimpulan yang menyatukan dan memberikan kesimpulan yang menyatukan berbagai sudut pandang. Kesimpulan atau saran untuk diskusi selanjutnya

Contoh Teks Diskusi Singkat

Nah, untuk contohnya kamu bisa simak di bawah ini ada beberapa contoh teks diskusi singkat yang bisa dijadikan rekomendasi atau referensi kamu belajar:

1. Contoh Teks Diskusi “Daur Ulang Sampah untuk Gaya Hidup Hijau”

Pendahuluan

Pemerintah pusat dan daerah sejak beberapa tahun lalu mencoba agar maysrakat lebih mudah menerapkan gaya hidup hijau (green livinh style). Dengan memfasilitasi tong sampah dengan warna yang berbeda.

Hal tersebut bertujuan untuk bisa memilah sampah. Tak hanya itu tong sampah berwarna juga diberi gambar yang menunjukan benda mana yang boleh di buang pada masing-masing tong sampah.

Argumen Pendukung

Langkah tersebut tentunya dapat memudahka masyarakat dalam melakukan daur ulang limbah rumah tangga dan membantu untuk melindungi lingkungan. Sehingga gerakan posisitif ini diharapkan dapat menginspirasi maysrakat.

Argumen Tandingan

Namun, tidak sedikit pula orang-orang yang menganggap gagasan daur ulang itu hanay membuang-buang waktu dan lebih mudah membuang hanya di satu tempat saja.

Dapat dikatakan, mereka tidak berpikir 10, 20 atau 30 tahun kemudian saat tempat tinggal mereka sudah penuh dengan sampah. Padahal benda daur ulang merupakan bonus bagi lingkungan dan lebih efisien.

Kesimpulan

Daur ulang merupakan aktivitasn yang sulit dilakukan, jika tidak memikirkan manfaatnya secara serius. Dan hampir semua benda di rumah dapat di daur ulang dengan demikian kita dapat menerapkan aya hidup hijau hanay dengan daur ulang sampah.

2. Contoh Teks Diskusi Singkat Tentang Pentingnya Menjaga Kelestarian Hutan

Pendahuluan

Hutan memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan seperti pepohonan menyediakan habitat bagi berbagai spesies, menyimpan karbon, sumber daya penting kayu dan non katu untuk masa depan.

Argumen Pendukung

Selain itu, hutan dapat mengatur siklus air dengan menyerap curah hujan, melepaskan uap air ke atmosfer dan mengurangi limpasan sehingga membantu menjaga sungai, mencegah erosi dan mengurangi resiko banjir.

Argumen Tandingan

Namun, beberapa berpendapat bahwa hutan perlu dibuka untuk pembangunan seperti perumahan, jalan dan inprastruktur lainnya untuk membuka pertumbuhan ekonomi dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal.

Analisis dan Refleksi

Memang benar bahwa hutan dapat memberikan manfaat ekonomi namun penting memikirkan dan konsekuensi jangka panjang. Karena hutan memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan dengan melestarikannya.

Kesimpulan

Jadi, kesimpulannya hutan adalah komponen penting yang harus dilestarikan karena menyediakan habitat bagi berbagai spesies, mengatur siklus air, dan sumber daya penting lainnya dan kita perlu melindungi untuk generasi mendatang.

3. Contoh Teks Diskusi Singkat Beserta Strukturnya Tentang Dampak Gime Online Bagi Siswa

Pendahuluan

Game online menjadi bagian kehiudpan modern namun seiring dengan meningkatnya popularitas gime online begitu pula kekhawatiran tentang dampaknya terhadap kaum muda terutama pelajar.

Argumen Pendukung

Salah satu pendukung berain game online bisa menjadi sumber relaksasi dan melepaskan penat sehari-hari dan sumber hubungan lainnya dan dapat membangun tim bersama teman dan menyelesaikan masalah.

Argumen Tandingan

Namun, ada juga asfek negatif dari game online yaitu membuat ketagihan dan dapat mengganggu prestasi aakdemik siswa. Selain itu, menjadi sasaran paparan konten tidak pantas, kekerasan materi seksual, cyberbullyng yang berdampak buruk.

Analisis dan Refleksi

Dapat dipertimbangkan penting di ingat bahwa efek dapat sangat bervariasi tergantung individu yang bisa bertanggung jawab dan seimbang ada juga kecanduan dan menemukan bahwa kebiasaan bermain dapat menurunkan prestasi.

Kesimpulan

Kesimpulannya, game online dapat memiliki efek positif dan negatif pada siswa meskipun dapat memberikan hiburan yang menyenangkan namun dapat membuat ketagihan dan terpapar situs tidak pantas.

Jadi, penting bagi orang tua, guru dan siswa itu sendiri untuk berhati-hati terhadap potensi dampak game online dan mengambil langkah memastikan bahwa digunakan dengan tanggung jawab dan seimbang.

4. Perlukah Seragam Sekolah

Pendahuluan

Penggunaan seragam sekolah menjadi diskusi hangat pengelolas sekolah. Tak sedikit pula masyarakat yang memperdebatkan manfaat seragam dan sebagian mempercayai kerugian yang lebih banyak dari penggunaan seragam sekolah.

Argumen Pendukung

Pada pihak-pihak pendukung mereka berpendapat bahwa seragam sekolah bisa mengurangi adanya tekanan pada anak dari teman sebayanya dan tidak ada perbedaan bagi kaya atau miskin dan seragam bahannya awet dan tahan lama.

Argumen Penentang

Sementara itu, pihak-pihak kontra berpendapat bahwa seragam bisa menghalangi pengekspresian diri melalui berpakaian.

Kesimpulan

Seiring penerapan konsep manajemen berbasis sekolah ada kecenderungan sekolah negeri mulai menentukan kebijakan seragam sekolah masing-masing.

Dan hal terpenting adalah potensi siswa dapat dikembangkan secara optimal sehingga mampu memberikan prestasi dan proses pendidikan dengan baik.

5. Larangan Menggunakan Telepon Seluler di Kelas

Pendahuluan

Penggunaan ponsel dalam dunia pendidikan masa kini masih mengundah pro dan konta baik bagi kalangan guru, pelajar atau pemerintah. Sebagian sekolah melarang karena bisa terpapar video asusila.

Argumen Pendukung

Pada dasrnya ponsel hanya berguna untuk menelpon, menerima dan menyampaikan pesan, tayangan audiovisual pembelajaran sehingga tidak memiliki manfaat yang berarti dalam dunia pendidikan.

Argumen Penentang

Akan tetapi, ponsel diperlukan siswa untuk berkkomunikasi dengan orang tuan, mencari informasi ilmu pengetahuan serta memperluas jaringan pertemanan.

Kesimpulan

Hal yang mungkin harus dilakukan adalah tidak melarang siswa membawa ponsel tapi juga tidak membebaskan siswa dalam menggunaakn ponsel selama di sekolah dan hal ini perlu menyosialisasikan kepada semua pihak yang bersangkutan.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa contoh teks diskusi singkat beserta strukturnya secara lengkap bisa menjadikan rekomendasi kamu untuk membuat teks diskusi semakin mudah.

Artikel Menarik Lainnya: