Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Beserta Strukturnya

Terdapat beberapa jenis teks eksplanasi, kenali salah satunya melalui contoh teks eksplanasi fenomena sosial. Teks eksplanasi merupakan paparan informasi terkait fenomena sehari-hari yang berkaitan dengan sosial, budaya, hingga fenomena alam.

Di dalam teks eksplanasi, biasanya memuat hubungan sebab akibat yang sifatnya fakta serta informatif. Sama seperti teks eksplanasi fenomena alam, kamu harus menambahkan 3 unsur penting.

Pengertian Teks Eksplanasi Fenomena Sosial

Teks eksplanasi merupakan informasi mengenai peristiwa yang bersifat informatif dan bukan persuasif. Di dalam informasi fenomena sosial biasanya menjelaskan tentang kemiskinan, gotong royong, kenakalan remaja, peperangan, aksi demonstrasi, dll.

Tujuan menulis teks eksplanasi antara lain untuk memberikan wawasan serta pengetahuan kepada pembaca. Oleh sebab itu, di dalam teks eksplanasi fenomena sosial harus mencakup definisi, masalah, serta kesimpulan.

Mengenal Unsur Teks Eksplanasi Sosial

Suatu teks eksplanasi biasanya memuat 3 unsur utama berupa pembuka, masalah, serta penutup. Kenali berbagai unsur di dalam teks eksplanasi fenomena sosial.

1. Penyataan Secara Umum (Pembuka)

Setelah menentukan judul, kamu juga harus membuka tulisan dengan pernyataan umum. Biasanya informasi di bagian awal dimulai dengan definisi atau pengantar yang sifatnya faktual. Sebutkan topik utama pada bagian pengantar umum lalu lanjutkan dengan fakta lainnya.

2. Penyebab serta Akibat (Masalah)

Bagian kedua menjelaskan proses atau urutan kejadian, biasanya di bagian tengah menjelaskan hubungan sebab atau akibat hingga suatu fenomena terjadi. Kamu harus menjelaskan masalah sosial yang terjadi di masyarakat.

3. Interpretasi Penulis (Penutup)

Di bagian interpretasi, penulis harus menguraikan pendapatnya terkait peristiwa sosial maupun budaya yang berlangsung. Sebenarnya, unsur yang ketiga ini boleh dituliskan atau tidak.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Kenakalan Remaja

Contoh teks eksplanasi fenomena sosial dengan judul: Kenakalan Remaja di Sekolah

1. Penyataan Umum

Kenakalan remaja merupakan suatu fenomena yang terjadi dalam proses kedewasaan setiap siswa. Tingkah laku setiap remaja ini mulai dari wajar hingga di luar kewajaran karena ada yang sampai melanggar norma.

2. Penyebab dan Proses Terjadinya Masalah

Kurangnya perhatian dari pihak guru maupun orang tua di rumah memicu tindakan indispliner. Contoh paling sederhana dimulai dari sering bolos sekolah. Kepada orang tua izin berangkat sekolah tapi malah nongkrong atau main.

Pada tingkat lanjut, remaja bisa terlibat dalam perilaku indispliner seperti mengikuti tawuran, konsumsi minuman keras, merokok, berpakaian tak pantas, dll. Jika sudah mencapai tahap-tahap tersebut, pihak sekolah dan orang tua mulai harus memperhatikan masalah ini.

3. Interpretasi

Pendidikan formal harus didukung dengan guru konseling profesional dan lakukan penyuluhan mengenai tindakan-tindakan melanggar norma. Sementara itu, pihak orang tua juga harus menjadi tempat yang aman serta nyaman untuk anak bercerita.

Perilaku menyimpang di sekolah dapat dicegah dengan meningkatkan perhatian pada anak. Selain itu, orang tua harus memiliki sikap yang suportif supaya anak lebih jujur baik di dalam maupun di luar rumah.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Gotong Royong

Contoh teks eksplanasi fenomena sosial dengan judul “Gotong Royong” berikut ini struktur lengkapnya:

1. Bagian Pertama

Gotong royong adalah prinsip yang harus dimiliki setiap masyarakat. Sikap ini sangat bermanfaat untuk membantu sesama manusia. Dalam prosesnya, setiap individu tidak perlu mengharapkan imbalan atas kerja sama tersebut.

2. Bagian Kedua

Tindakan gotong royong paling sederhana adalah membantu sesama atau berpartisipasi dalam kerja bakti mingguan di lingkungan rumah. Setiap individu bekerja sama dengan tetangga dan kelompok masyarakat lain untuk saling membantu.

Jika ini terjalin lancar, lingkungan rumah menjadi tempat yang aman dan sejahtera. Setiap tetangga bisa mengetahui kondisi satu sama lain.

3. Bagian Ketiga

Tindakan gotong royong setiap masyarakat dapat meringankan tugas, menghemat biaya maupun waktu, meningkatkan kemampuan, serta meningkatkan hubungan sosial.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Tentang Kemiskinan

Contoh teks eksplanasi fenomena sosial dengan judul “Kemiskinan”

1. Informasi Umum

Kemiskinan merupakan peristiwa sosial yang dialami individu atau kelompok. Kondisi kekurangan uang hingga mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

2. Urutan Peristiwa

Kemiskinan terjadi karena sejumlah faktor antara lain tidak punya kesempatan bekerja akibat kesehatan atau pendidikan. Selain itu, kualitas sumber daya manusia yang rendah dan tidak punya motivasi hidup.

Selain itu, kemiskinan juga diakibatkan oleh kebangkrutan maupun masalah lainnya. Kemiskinan dapat menyebabkan kejahatan meningkat.

3. Solusi atau Saran

Banyak solusi yang dapat dicoba untuk mengatasi kemiskinan. Solusi yang pertama adalah tugas pemerintah untuk memudahkan akses dalam hal bekerja dan bantuan sosial untuk masyarakat kurang mampu.

Selain itu, untuk mencapai tujuan yang sama masyarakat harus bekerja keras dan selalu mengutamakan kebutuhan guna mengatasi kemiskinan.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial

Contoh teks eksplanasi fenomena sosial berjudul “Kriminalitas”

1. Pembuka

Kriminalitas adalah tindakan kejahatan yang dilakukan seorang individu untuk meraih suatu tujuan. Orang yang mengerjakan tindakan kejahatan ini dikenal dengan kriminal. Bentuk-bentuk kriminal sangat beragam mulai dari pencurian, penculikan, pemerkosaan, hingga pembunuhan.

2. Penjelasan Sebab dan Akibat

Ada banyak hal yang menyebabkan kriminalitas di masyarakat salah satunya karena faktor ekonomi. Seseorang nekad melakukan perampokan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu, sulitnya mendapatkan pekerjaan meningkatkan tindakan kriminalitas.

3. Penutup

Salah satu cara mengatasi kriminalitas adalah meningkatkan iman dalam diri agar selalu bertindak jujur dan menghindari perilaku menyimpang. Faktor ekonomi dapat diatasi dengan melakukan pekerjaan yang halal dan tidak melanggar hukum.

Akhir Kata

Peristiwa sosial di lingkungan masyarakat dapat disusun menjadi informasi faktual dalam bentuk teks eksplanasi. Tulisan ini menguraikan pernyataan umum, urutan peristiwa, serta interpretasi dari penulis.

Artikel Menarik Lainnya: