10 Contoh Tumbuhan Higrofit Beserta Ciri Dan Contohnya

10 Contoh Tumbuhan Higrofit Beserta Ciri dan Contohnya

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Ada banyak Contoh Tumbuhan Higrofit yang masih belum diketahui, salah satu ciri tumbuhan higrofit yaitu berdaun lebar juga batang lunak dan tumbuhan banyak di temukan di dekat sungai dataran tinggi.

Banyak jenis tumbuhan higrofit yang dapat ditemui di tebing sungai yang berlembab, lalu apa saja jenis dan ciri-ciri dari tumbuhan higrofit? simak sampai selesai pada artikel Media Mustakim yang kita bahas pada kesempatan kali ini.

Apa Itu Tumbuhan Higropit?

Tumbuhan higrofit merupakan tumbuhan yang sering ditemukan di daerah lembab biasanya di tepi sungai yang rindang, oleh karena itu tumbuhan higrofit merupakan tumbuhan yang memiliki kemampuan menyesuaikan diri di daerah yang lembap.

Jika kamu menemukan tumbuhan yang hidup di daerah yang lembap, tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan higrofit karena tidak semua tumbuhan yang dapat hidup di tempat yang lembap.

Pengertian dari higro merupakan basah, dan tumbuhan higrofit merupakan tumbuhan yang hidup di daerah yang lembap atau basah. Jadi tumbuhan higrofit bukan hidup di air seperti tumbuhan hidrofit.

Ciri-ciri Tumbuhan Higrofit

Tumbuhan higrofit yng dapat hidup di tempat lembap memiliki banyak ciri , sehingga ciri tersebut dapat memberikan gambaran jenis-jenis dari tumbuhan higrofit itu sendiri.

Ciri-ciri dri tumbuhan higrofit sendiri yaitu tumbuhan higrofit memiliki daun yang tipis dan lebar, dan akar yang pendek, proses penguapan dalam tumbuhan higrofit di bilang lebih cepat karena tumbuhan tersebut memiliki daun yang banyak stomata.

Selain itu ciri-ciri lain dari tumbuhan higrofit yaitu bagian batang pada tumbuhan higrofit biasanya tidak terlihat atau tampak begitu saja karena batang ada di dalam tanah serta daun yang muda akan terlihat menggulung.

Jenis-jenis Tumbuhan Higrofit

Jika sudah memahami ciri-ciri tumbuhan higrofit maka jika kamu menemukan tumbuhan yang hidup pada daerah lembab yaitu bisa di artikan tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan higrofit.

Beberapa Jenis dari tumbuhan higrofit yaitu sebagai berikut di bawah ini;

1. Lumut

Lumut merupakan tumbuhan yang hidup di tempat lembap seprti hidup di batang pohon yang sudah mati dan di pohon dataran tinggi yang daerah dingin, dan biasanya lumut juga dapat ditemukan pada batu yang basah seperti di tepi sungai.

2. Tumbuhan Paku

Tumbuhan paku biasanya hidup di daerah yang lembap, namun ada juga jenis tumbuhan paku yang dapat hidup di tempat yang panas. Dengan tumbuhan paku disebut tumbuhan higrofit karena ada tumbuhan paku dapat menyeuaikan diri dan dapat hidup di tempat yang lembap.

Dengan dapat menyesuaikannya diri tumbuhan paku di tempat lembab akan menggulungkan bunga atau pucuknya.

3. Begonia

Begonia merupakan salah satu jenis tumbuhan higrofit karena tumbuhan begonia biasanya dapat ditemukan di hutan yang rindang serta hutan dengan dataran tinggi yang memiliki suhu dingin. Tak heran jika begonia dapat ditemukan di hutan yang daerah lembap.

4. Aroid

Tumbuhan Aroid yang memiliki ciri dengan daun yang lebar merupakan tumbuhan yang termasuk jenis tumbuhan higrofit karena aroid pada dasarnya tumbuhan yang tidak memerlukan banyak sinar matahri. dengan begitu aroid yaitu tumbuhan yang dapat bertahan hidup dengan suhu yang lembab serta banyak diminati para pencinta hiasan.

5. Talas

Talas merupakan tumbuhan ang sudah tidak asing lagi selain betinya yang dapat dimakan serta memiliki khasiat talas juga termasuk sebagai tumbuhan higrofit karena memiliki ddaun ang lebar juga tipis serta batang yang berongga, selain itu talas biasanya dapat hidup di tempat lembap.

6. Keladi

Keladi merupakan tumbuhan yang dapat hidup dengan iklim tropis, serta keladi yaitu tumbuhan yang dapat di temukan pada daerah lembap atau tempat rawa-rawa seperti dekat dengan aliran sungai. Keladi termasuk tanaman liar dengan jenis genus caladium yang berasal dari Berazil.

7. Daun Wangi

Daun Wangi atau juga disebut pandan wangi merupakan tumbuhan yang termasuk sebagai jenis tumuhan higrofit karena tumbuhan tersebut dapat hidup pada daerah yang lembab seperti tepi selokan yang teduh, selain itu tumbuhan tersebut memiliki daun yang lebar dan dimanfaat sebagai pewangi makanan.

8. Marsh Marigold

Marsh Marigold merupakan tumbuhan termasuk jenis tumuhan higrofit karena tumuhan marsh margiold dapat hidup di tempat teduh, juga dapat di temukan di tempat rawa, parit dan hutan pengujan. Namun ada juga jenis marsh marigold yang tumbuh di daerah yang panas.

9. Drosera

Drosera merupakan tumbuhan yang dapat temukan di tempat rawa, dekat sungai, padang rumput yang basah dan tanah yang gambut. Oleh karena itu drosera merupakan jenis tumbuhan bagian dari higrofit, selain itu grosera yaitu terkenal dengan tumbuhan pemakan serangga.

10. Oxalis

Oxalis merupakan tumbuhan bagian dari tumbuhan jenis higrofit karena tumbuhan oxalis banyak ditemukan di daerah tropis dari Amerika Selatan, tumbuhan oxalis juga dikenal sebagai bunga kupu-kupu karena daunnya yang memiliki bentuk seperti kupu-kupu.

Tumbuhan oxalis atau bunga kupu-kupu tersebut juga memiliki ciri khusus dari jenis tumbuhan higrofit lainnya karena dapat melipat pada waktu malam hari dan terbuka di siang hari dengan sendirinya.

Cara Menyesuaikan Diri Tumbuhan Higrofit

Tumbuhan higrofit yang sudah kita bahas yaitu tumbuhan yang dapat hidup pada tempat yang lembab atau tempat yang basah, juga hidup di hutan dataran tinggi yang dingin, biasanya tumbuhan higrofit hidup di batu tebing sungai, batang pohon yang lembab.

Sebenarnya ada juga tumbuhan jenis hidropit yang hidup di tempat teduh, rawa-rawa dan juga tersinari matahari, namun dengan tumbuhan higrofit dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya yaitu dengan menyesuaikan stomata yang ada pada permukaan daun untuk proses penguapan.

Manfaat Tumbuhan Higrofit

Apakah tumbuhan jenis higrofit dapat dimanfaatkan, dan apa saja manfaat dari tumbuhan higrofit itu sendiri, tumbuhan higrofit sebenarnya dapat dimanfaatkan dan bahkan ada juga tumbuhan higrofit yang jarang dimanfaatkan oleh manusia.

Beberapa contoh manfaat dari tumbuhan jenis higrofit yaitu selain ada beberapa jenis tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai bunga perhiasan, juga ada jenis tumbuhan higrofit yang dapat dimanfaatkan sebagai pewangi makanan dan bahkan ada juga yang dimakan sebagai sayuran.

Namun dalam memakan tumbuhan higrofit sebagai sayuran untuk dimakan jarang orang tahu, hanya ada beberapa orang saja yang memanfaatkan tumbuhan higrofit dijadikan sayuran. Jadi jangan coba-coba memakan tumbuhan sembarangan jika belum tahu dengan jelas tumbuhan tersebut.

Kesimpulan

Higrofit yaitu tumbuhan yang dapat menyesuaikan diri dengan kemampuannya untuk hidup dtempat yang lembab atau tempat basah seperti di tebing batu sungai, tumbuhan yang sudah mati, dan pohon berair di hutan tropis.

Dengan banyak dimanfaatkannya tumbuhan higrofit sebagai bunga hiasan ada juga sebagian orang yanng memakan jenis tumbuhan higrofit yaitu daun paku yang dibuat sebagai sayuran, namun kami menyarankan jangan coba-coba memakan tumbuhan tersebut jika tidak mengetahui yang sebenarnya.

Karena bisa saja hal tersebut kebiasaan seseorang yang sudah mengetahui dari hal sebelumnya atau mungkin tahu cara pengolahannya. Demikian yang dapat kami sampaikan sekian dan kami ucapkan terimakasih telah membaca artikel ini.

Seorang guru di pelosok Garut yang punya hobi menulis dan coba menuangkannya ke dalam blog. Terimakasih sudah membaca artikel dan tulisan sederhana saya di sini.

Artikel Menarik Lainnya: