Contoh Umpan Balik Mengapa Kurikulum Perlu Berubah

Contoh Umpan Balik Mengapa Kurikulum Perlu Berubah

Mengapa kurikulum perlu berubah ini merupakan salah satu topik aksi nyata yang ada di Platform Merdeka Mengajar. Dimana aksi nyata ini membutuhkan umpan baliknya. Dan bagi kamu yang sedang mencari contoh umpan balik mengapa kurikulum perlu berubah.

Sebaiknya kamu simak artikel ini sampai selesai akan kami jelaskan beberapa contoh juga mengapa kurikulum perlu berubah. Yuk, simak penjelasannya sampai akhir ya!

Mengapa Kurikulum Perlu Berubah?

Contoh Umpan Balik Mengapa Kurikulum Perlu Berubah

Sebelum beranjak ke contoh umpan balik mengapa kurikulum perlu berubah. Mari kita pahami dulu kenapa kurikulum perlu berubah.

Apa itu kurikulum? Kurikulum merupakan seperangkat sistem rencana dan pengaturan mengenai bahan pembelajaran yang dapat dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar.

Kurikulum terus dikembangkan atau diadaptasi sesuai dengan konteks dan karakteristik peserta didik demi membangun kompetensi sesuai dengan kebutuhan mereka kini dan masa depan.

Kurikulum memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan. dimana kurikulum dapat mengatur arah dan tujuan pendidikan, sehingga dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran guru akan berpatokan pada kurikulum yang diterapkan.

Pemerintah Indonesia beberapa kali mengubah kurikulum, memodifikasi yang sudah ada atau bahkan mengganti dengan kurikulum yang telah lebih dulu diterapkan.

Perubahan kurikulum ini menandakan kurikulum di Indonesia bersifat dinamis karena mengikuti kebutuhan perkembangan zaman. Dalam kurikulum ada banyak hal yang diatur terkait pembelajaran.

Manfaat yang dirasakan dengan adanya kurikulum adalah pembelajaran menjadi terarah serta tujuan yang diharapkan tercapai.

Tujuan dari Perubahan Kurikulum

Nah, setelah memahami mengapa kurikulum perlu berubah. Lantas apa tujuan dari perubahan kurikulum? Dan berikut beberapa tujuan dari kurikulum yang perlu kamu ketahui kenapa kurikulum perlu berubah.

  • Tujuannya yang pertama yaitu untuk mendapatkan pembelajaran yang bermakna
  • Selanjutunya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan peserta dirik dan perkembangan zaman
  • Kemudian memenuhi kebutuhan belajar siswa
  • Kurikulum terus berkembang atau diadaptasi sesuai konteks dan kebutuhan peserta didik untuk membangun kompetensi sesuai masa kini dan masa yang akan datang.

Apa Itu Umpan Balik dalam Kurikulum Merdeka?

Nah, setelah membuat aksi nyata maka setiap guru akan meminta umpan balik dari rekan guru lainnya. jadi, umpan balik ini adalah tanggapan atau saran dari rekan dan kepala sekolah terhadap guru dan kepala sekolah terhadap karya yang disimpan ke bukti karya.

Semua guru dan kepala sekolah yang memiliki akses ke platform merdeka mengajar dapat memberikan umpan balik.

Kamu tidak hanya bisa saling belajar dari sesama rekan guru atau pun kepala sekolah, tetapi juga bisa membantu mereka terus bertumbuh.

Umpan bali bisa berisi kuesioner dan teks bebas yang telah di rancang dengan pertanyaan-pertanyaan tertentu untuk membantu kamu memberikan maupun menerima umpan balik yang konstruktif.

Masukan dan tanggapan yang konstruktif dapat membantu mereka mengetahui hal yang perlu ditingkatkan atau dipertahankan, baik saat melakukan kegiatan belajar mengajar maupun dalam mengembangkan diri sendiri sebagai guru.

Dan setelah karya kamu berhasil dipublikasikan ke bukti karya, kamu dapat membagikannya dan meminta umpan balik dari rekan kamu. Untuk itu, kamu harus membagikan tautan karya kamu terlebih dahulu.

Contoh Umpan Balik Mengapa Kurikulum Perlu Berubah

Nah, bagi kamu yang masih bingung bagaimana membuat contoh umpan balik mengapa kurikulum perlu berubah. Berikut ada beberapa contohnya dengan topik yang cocok untuk kurikulum perlu berubah.

Aksi Nyata

“Peneraparan Pembelajaran Berbasis Proyek”

  • Tujuan: meningkatkan kemampuan problem solving dan kolaborasi siswa
  • Kegiatan: siswa bekerja sama dalam menyelesaikan proyek yang berkaitan dengan kehidupan  nyata
  • Hasil:
  • Siswa menunjukan peningkatan dalam kemampuan problem solving dan kolaborasi
  • Siswa lebih antusias dan terlibat dalam proses pembelajaran
  • Orang tua dan komunitas memberikan umpan balik

Umpan Balik

Berikut contoh umpan balik dari tokpik yang dijelaskan adalah

  • Umpan Balik Positif
  • Pembelajaran berbasis proyek membantu siswa belajar dengan lebih aktif dan kreatif
  • Siswa lebih mudah memahami konsep dengan menerapkannya dalam proyek nyata
  • Kolaborasi antar siswa meningkatkan kemampuan interpersonal mereka
  • Umpan Balik Negatif
  • Membutuhkan waktu dan persiapan yang lebih banyak dari guru
  • Penilaian hasil belajar perlu disesuaikan dengan jenis proyek
  • Ketersediaan sumber daya dan infrastruktur perlu ditingkatkan

Kesimpulan

Jadi, umpan balik dari aksi nyata merupakan bahwa kurikulum perlu berubah untuk menjawab kebutuhan zaman dan mempersiapkan siswa untuk masa depan.

Kolaborasi dan partisipasi aktif dari semua pihak, termasuk guru, orang tua, dan siswa sangatlah penting untuk mewujudkan kurikulum yang bermakna dan berdampak positif bagi pendidikan di Indonesia.

Siapa Aktor yang Terlibat dalam Kurikulum Perlu Berubah?

Lantas siapa saja aktor yang terlibat dalam kurikulum perlu berubah ini. nah, aktor yang terlibat dalam kurikulum ini yaitu kepala sekolah, guru dan siswa agar bisa saling menginspirasi.

Karena ketiga aktor tersebut adalah satu kesatuan pendidikan yang saling berhubungan dan harus terlibat dalam pembelajaran

Peran dan Fungsi Kurikulum

Nah, pembahasan terakhir tentang contoh umpan balik mengapa kurikulum perlu berubah yaitu tentang peran dan fungsi kurikulum itu sendiri untuk apa. Dan berikut penjelasannya:

  • Untuk mewariskan budaya masyarakat yang relevan dengan masa kini
  • Untuk mengembangkan sesuatu yang dibutuhkan baik di masa sekarang maupun di masa depan
  • Dan memiliki sesuatu yang relevan dan konstektual sebagai contoh social

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai contoh umpan balik mengapa kurikulum perlu berubah mulai dari pengertian, tujuan, hingga peran dan fungsi kurikulum semoga bermanfaat.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: