Daftar Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik Cerpen (Lengkap)

Daftar Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen (Lengkap)

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Seperti yang telah kita ketahui bahwa unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen ini merupakan unsur pembangun di dalam cerpen tersebut. Unsur intrinsik pembangun dari dalam dan unsur ekstrinsik adalah unsur yang berasal dari luar cerpen.

Bagi kamu yang ingin memahami lebih dalam mengenai unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen ini kamu bisa simak artikel ini sampai selesai. Karena tim Mustakim Media akan menjelaskan secara lengkap kedua unsur tersebut.

Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen ini merupakan unsur pembangun dalam cerpen. Jika dijelaskan secara detail kamu perlu simak penjelasan berikut di bawah ini.

Jadi, unsur intrinsik ini merupakan adalah hal-hal kecil yang akan membentuk satu kesatuan utuh dalam cerpen.

Atau unsur intrinsik adalah unsur yang membangun cerpen dari dalam. Dan unsur intrinsik ini terdiri atas tema, tokoh, penokohan, alur, latar, sudut pandang, amanat dan juga gaya bahasa.

Sedangkan untuk unsur ekstrinsik adalah unsur yang berasal dari luar cerpen itu sendiri ada terdapat tiga hal utama dalam unsur ekstrinsik cerpen yaitu latar belakang masyarakat, latar belakang pengarang, dan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen.

Apa Saja yang Termasuk Unsur Intrinsik dalam Cerpen?

Seperti yang telah dijelaskan bahwa unsur intrinsik cerpen ini terdiri dari beberapa unsur dan berikut merupakan beberapa yang termasuk ke dalam unsur intrinsik cerpen, diantaranya adalah:

1. Tema

Dan unsur intrinsik cerpen yang pertama adalah tema. Tema ini merupakan ide atau gagasan dasar yang menjadi latar belakang dari cerita. Contohnya tema antara lain yaitu tema percintaan, tema kehidupan, tradisi, perjuangan dan lain sebagainya.

2. Tokoh

Di unsur intrinsik cerpen juga terdapat tokoh tokoh ini merupakan pelaku yang diceritakan dalam cerpen. Dalam cerpen ada empat jenis tokoh, yaitu protagonis, antagonis, dan juga figuran.

3. Penokohan

Selain ada tokoh di unsur intrinsik juga ada penokohan dimana penokohan ini adalah cara penulis untuk menggambarkan dan mengembangkan karakter dari tokoh-tokoh dalam cerita. Penokohan bisa dengan cara analitik langsung.

Atau juga bisa melalui perilaku dan penggambaran fisik atau juga dari lingkungan tokoh yang terjadi.

4. Alur Cerita

Selanjutnya di unsur intrinsik cerpen juga ada yang namanya alur cerita dimana alur cerita ini merupakan pengembangan cerita yang berbentuk oleh hubungan sebab, sifatnya kronologis.

Dan contoh alur dalam cerpen ini biasanya menggunakan alur maju atau progresif, alur mundur dan juga alur campuran didalamnya ada alur maju dan alur mundur.

5. Latar

Latar sendiri ini merupakan sebuah unsur yang bisa berupa tempat, peristiwa atau waktu dalam sebuah cerita dan latar dalam cerita bisa bersifat imajinatif atau faktual dan fungsinya untuk memperkuat jalannya cerita.

6. Sudut pandang

Sudut pandang ini merupakan cara yang digunakan pengarang untuk menyampaikan cerita. Sudut pandang bisa berupa orang pertama, kedua atau ketiga.

7. Gaya Bahasa

Dialog naskah atau percakapan dalam cerita memiliki style gaya bahasa yang berbeda-beda, tergantung dari tema atau kategori cerpen yang ditulis. Gaya bahasa ini memiliki beberapa jenis dan berikut penjelasannya:

  • Personifikasi yaitu pengumpamaan benda mati sebagai manusia, ada juga gaya bahasa
  • Metapora yaitu perbandingan kata yang bukan sebagai arti sebenarnya.
  • Hiperbola yaitu suatu ucapan atau gambaran yang melebih-lebihkan suatu kondisi
  • Litotes, yaitu gaya bahasa yang bertujuan untuk merendah contoh “Maaf hidangannya hanya segini, silakan nikmati ala kadarnya”
  • Simile, yaitu gaya bahasa yang menggambarkan suatu kondisi dengan membandingkan satu hal dengan hal lainnya dalam satu kalimat

Dan fungsi dari gaya bahasa itu sendiri adalah untuk membuat cerpen terasa lebih nyata atau real dan menarik pembaca. Serta mempertegas gagasan dalam cerita pendek. Gaya bahasa ini juga kadang dikenal dengan sebutan majas atau kiasan.

8. Amanat

Dan yang terakhir untuk unsur instrinsik cerpen juga adanya amanat amanat ini merupakan pesan yang disampaikan pengarang lewat cerita.

Apa Itu Unsur Ekstrinsik Cerpen?

Jadi, unsur ekstrinsik cerpen adalah unsur-unsur yang bukan dari dalam cerpen tersebut melainkan berasal dari luar. Meskipun begitu, secara tidak langsung unsur ekstrinsik mempengaruhi proses pembuatan cerita pendek tersebut.

Dan berikut beberapa unsur ekstrinsik yang terdapat dalam cerpen diantaranya adalah:

1. Latar Belakang Masyarakat

Dalam sebuah cerpen, latar belakang bisa menjadi penentu nilai ekstrinsiknya. Ada pun beberapa hal yang bisa masuk dalam latar belakang masyarakat antara lain.

  • Idiologi negara
  • Kondisi politik
  • Kondisi sosial
  • Kondisi ekonomi
  • Latar Belakang Pengarang

2. Latar Belakang Pengarang

Selanjutnya di unsur ekstrinsik ini juga selain latar belakang masyarakat ada juga latar belakang pengarang dan itu juga mempengaruhi cerpen yang dihasilkan.

Seorang penulis cerpen dengan berbagai macam latar belakang bisa menciptakan unsur ekstrinsiknya sendiri. beberapa hal yang bisa mempengaruhi latar belakang pengarang yang kemudian berdampak pada unsur ekstrinsik cerpen diantaranya adalah:

  • Riwayat hidup penulis
  • Konsisi psikologis penulis
  • Aliran sastra yang dimiliki oleh penulis

3. Nilai-Nilai yang Terkandung di dalam Cerpen

Unsur ekstrinsik cerpen juga didalamnya adalah adanya unsur ekstrinsik yang terakhir adalah nilai yang terkandung di dalam cerpen. Dan contohnya dari nilai nilai tersebut antara lain adalah:

  • Nilai sosial
  • Nilai moral
  • Nilai budaya
  • Dan nilai agama

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen yang perlu kamu ketahui serta beberapa unsur di dalamnya yang membangun cerita tersebut. Semoga apa yang tim Mustakim Media jelaskan dapat bermanfaat.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: