Memahami Dasar Dasar Ekonomi Moneter Beserta Manfaatnya

Pemahaman tentang dasar-dasar ekonomi moneter itu memang cukup penting buat mahasiswa jurusan ekonomi. Ekonomi moneter ini memang jadi salah satu istilah dalam dunia perekonomian. Memang penting memahami konsep dan dasar dari ekonomi moneter.

Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari ekonomi moneter. Mulai dari pengetahuan tentang nilai uang di sebuah negara, serba – serbi inflasi hingga ilmu perbankan. Berikut ini ulasan tentang dasar – dasar ekonomi moneter yang perlu dipahami dengan baik.

Memahami Konsep Dasar Ekonomi Moneter

Apa sebenarnya ekonomi moneter itu? Secara konsep dasarnya, ekonomi moneter adalah salah satu ilmu yang mempelajari mengenai fungsi dan pengaruh uang terhadap kegiatan ekonomi di sebuah negara. Pada ekonomi moneter, peranan uang menjadi fokus utamanya.

Contoh kasus ekonomi moneter bisa dilihat pada 1998 di Indonesia. Pada saat itu, Indonesia mengalami krisis moneter. Nilai tukar mata uang Rupiah terhadap Dollar Amerika menurun drastis. Nilai tukar yang dulunya Rp 2,500 per Dollar Amerika anjlok ke angka Rp 15 ribu.

Akibat dari krisis tersebut, harga bahan pokok melonjak tajam. Inflasi meningkat hingga 77 persen. Ekonomi Indonesia saat itu kolaps. Perlahan, Pemerintah Indonesia membuat kebijakan moneter untuk memperbaiki nilai tukar Rupiah dan menekan inflasi.

Pokok – Pokok yang Dipelajari dalam Ekonomi Moneter

Ada sejumlah hal pokok yang jadi sentral pembahasan dalam ekonomi moneter. Segala macam pokok pembahasan tersebut pasti tertuang dalam hal yang berkaitan dengan ekonomi moneter. Berikut ini adalah beberapa pokok pembahasan dalam ekonomi moneter.

1. Pergerakan Inflasi

Pokok yang bisa dipelajari dalam ekonomi moneter adalah naik turunnya inflasi. Dalam sebuah negara, pergerakan inflasi memang jadi sesuatu yang penting. Tiap pemerintah dari sebuah negara bakal menjaga inflasi sebagai salah satu kebijakan moneter yang penting.

2. Peran Uang dalam Perekonomian Negara

Pokok lain yang juga bisa dipelajari adalah peran uang dalam perekonomian sebuah negara. Peran uang memang sangat penting bagi semua negara. Dengan mempelajari ekonomi moneter, peran uang bisa dilihat dengan baik dan cermat.

3. Fungsi dari Bank Sentral

Hal yang juga bisa dipelajari pada sistem ekonomi moneter adalah fungsi dari bank sentral. Pada sebuah negara, bank sentral memang mempunyai peran yang sangat krusial. Sehingga, fungsi maupun peran dari bank sentra bisa dicermati dengan sangat baik.

4. Tingkat Suku Bunga di Sebuah Negara

Hal lain yang juga dipelajari adalah tingkat suku bunga di sebuah negara. Tingkat suku bunga memang jadi hal yang dipelajari dalam sistem ekonomi moneter. Tiap negara memang selalu mengatur berapa besar tingkat suku bunga untuk jaga stabilitas ekonomi.

5. Perubahan Nilai Tukar Mata Uang

Perubahan nilai tukar mata uang di suatu negara juga menjadi pembahasan utama pada ekonomi moneter. Konsep nilai tukar mata uang ini memang sangat penting untuk dipelajari. Pemahaman tentang nilai tukar ini bisa dipelajari secara rinci dalam sistem ekonomi moneter.

Manfaat Mempelajari Dasar Ekonomi Moneter

Mungkin banyak yang belum tahu tentang aneka manfaat dari mempelajari dasar ekonomi moneter. Jika mempelajari dasar ekonomi moneter secara tepat, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh. Berikut ini beberapa manfaat dari mempelajari dasar ekonomi meneter.

1. Memahami Kebijakan Penting Pemerintah Indonesia

Salah manfaat dari mempelajari dasar ekonomi moneter adalah bisa paham tentang kebijakan yang akan diambil pemerintah Indonesia. Ketika paham dasar – dasarnya, seseorang bisa memahami kenapa pemerintah membuat sebuah kebijakan.

Kadang masyarakat Indonesia sangat reakitf terhadap kebijakan pemerintah Indonesia dalam bidang ekonomi yang dianggap kontroversial. Padahal, kebijakan yang dibuat kadang demi kebaikan masyarakat. Inilah pentingnya paham dengan dasar ilmu ekonomi moneter.

2. Paham Harus Berinvestasi Saat Waktu Apa

Pengetahuan tentang ekonomi moneter juga jadi hal yang penting dalam persiapan investasi. Seseorang bisa lebih paham kapan waktunya untuk melakukan investasi ketika memahami ekonomi moneter. Langkah yang diambil bisa didasarkan pada kebijakan moneter negara.

Banyak yang memanfaatkan ilmu ekonomi moneter untuk melakukan investasi. Investasi memang perlu dilakukan dengan waktu yang tepat. Ini adalah salah satu manfaat paling besar dalam memahami dasar ekonomi moneter.

3. Tambahan Informasi dalam Jual Beli Valas

Dalam jual beli valuta asing atau valas, ada sejumlah faktor yang mempengaruhi. Salah satu yang paling utama adalah kebijakan ekonomi moneter. Seseorang bisa mengetahui kapan harus membeli atau menjual valutas asing berdasrkan kebijakan ekonomi moneter.

Informasi dalam jual beli valuta asing ini memang bisa didapatkan dari melihat kebijakan moneter pemerintah Indonesia. Saat memperoleh informasi yang tepat dan sesuai, proses jual beli valas bisa langsung dilakukan dengan mudah dan menguntungkan.

Contoh Kebijakan Ekonomi Moneter di Indonesia

Hal yang juga penting untuk dipahami adalah beberapa kebijakan ekonomi moneter yang pernah dilakukan di Indonesia. Memang ada sejumlah kebijakan moneter yang bersejarah di Indonesia. Ini dia beberapa contoh kebijakan ekonomi moneter yang pernah dibuat di Indonesia.

1. Kebijakan Ekonomi Moneter Saat Pandemi Covid 19

Salah satu kebijakan ekonomi moneter yang masih sangat lekat dengan ingatan adalah bagaimana pemerintah menghadapi pandemic covid. Salah satu kebijakannya adalah pemberian insentif terhadap pelaku usaha dalam bentuk relaksasi kredit.

Banyak pengusaha kecil yang meminta keringanan terhadap angsuran kredit usaha karena pandemic covid 19. Pemerintah pun langsung ambil langkah signifikan dengan penerbitan Peraturan Menteri Keuangan pada 2020 tentang relaksasi kredit untuk UMKM.

Kebijakan tersebut memang sangat dibutuhkan karena sektor usaha kecil mendapatkan pukulan telak. Relaksasi yang diberikan itu juga bertujuan untuk menjaga nilai tukar Rupiah serta mengendalikan inflasi pada masa pandemi corona.

2. Kebijakan Pembelian dan Penjualan Surat Berharga Negara

Contoh lain dari kebijakan moneter pemerintah Indonesia adalah membeli dan menjual surat berharga negara. Dalam periode tertentu pemetintang melakukan pembelian SBN melalui Bank Indonesia. Hal ini ditujukan untuk turut pasrtipasi dalam pembiayaan APBN.

Hal ini bisa terlihat pada sepanjang 2022 lalu di mana BI membeli SBN dengan nilai lebih dari RP 100 triliun di pasar perdanan. Pembelian SBN ini bertujuan untuk memulihkan ekonomi Indonesia pasca pandemi covid 19.

Pada intinya, proses untuk membeli dan menjual SBN ini adalah salah satu langkah yang akan diambil oleh pemerintah untuk menjaga stabilitas ekonomi Indonesia. Semuanya langkah dan kebijakan diambil berdasarkan data di lapangan.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai dasar – dasar ekonomi moneter. Prinsip dasar ekonomi moneter ini memang jadi bagian penting dalam ilmu ekonomi. Buat yang mau berkarir di dunia perbankan, hal ini perlu dipelajari dengan sangat baik.

Ekonomi moneter ini memang jadi bagian penting dalam kebijakan ekonomi sebuah negara. Ketika pemerintah sebuah negara menerapkan kebijakan moneter yang tepat, perkembangan ekonomi di sebuah negara tersebut akan berjalan lancar.

Artikel Menarik Lainnya: