Etika Penelitian: Pengertian, Tujuan, Kode Etik Dan Prinsip

Etika Penelitian: Pengertian, Tujuan, Kode Etik dan Prinsip

Etika Penelitian: Pengertian, Tujuan, Kode Etik dan Prinsip

Etika Penelitian memang sangat penting di utamakan oleh seorang peneliti ketika sedang melakukan penelitian agar sebuah penelitian tersebut dilakukan dengan profesional.

Ada baeberapa macam tentang etika penelitian yang perlu diperhatikan dan diterpakan oleh seorang peneliti. Untuk lebih mendalam mengetahui dan memahami tentang etika penelitian itu apa saja, simak sampai selesai pada artikel Media Mustakim yang di bahas pada kesempatan kali ini.

Pengertian Etika Penelitian

Sebuah penelitian akan berhasil baik jika seorang peneliti dalam proses kegiatan penelitian tersebut peneliti memperhatikan dan mengutamakan etika penelitian dalam kegiatan penelitiannya, jadi baik buruknya hasil penelitian tergantung seseorang dalam proses kegiatan sebuah penenlitian yang dilakukannya.

Agar hasil sebuah peneletian terbilang baik maka pahami terlebih dahulu apa pengertian dari etika penelitian itu sendiri, mengutif dari “deeppublishstore.com bahwa etika penelitian adalah etika penelitian yang berkaitan dengan norma sopan santun, norma hukum dan norma moral.

Mengutif dari deepublishstore.com etika penelitian menurut Notoatomdjo 2012 adalah suatu pedoman etika yang berlaku untuk setiap kegiatan penelitian yang melibatkan pihak peneliti dan subjek yang diteliti dan masyarakat memperoleh dampak langsung dan tidak langusung.

Tujuan Etika Penelitian

Dengan adanya etika penelitian yang memacu seseorang dalam kegiatan penelitiannya yaitu untuk mengatur tindakan seseorang dalam penelitiannya tentang boleh atau tidaknya mengenai hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan, agar seseorang dalam penelitiannya selalu bersifat baik dan benar.

Kode Etik Penelitian

Agar seseorang selalu baik dan benar dalam melakukan kegatan penelitiannya maka dalam sebuah penelitian terdapat beberapa kode etik yang perlu diterapkan oleh seseorang dalam kegiatan penenlitian tersebut.

Dalam penelitian harus menjaga privasi data orang yang diteliti tersebut, selain itu kode etik penelitian mencakup seperti melakukannya plagiarisme dengan sengaja mengkopi dan mengakui bahwa karya tersebut merupakan karyanya tanpa mencantumkan nama ahli dalam sebuah penelitian yang dikutifnya.

Prinsip Etika Penelitian

Seseorang dalam melakukan kegiatan penelitian harus memperhatikan etika penelitian agar sebuah penelitian tersebut berhasil dan penelitian nya dilakukan dengan baik dan benar maka perhatikan dari prinsip etika penelitian.

Mengutif dari deepublishstore.com berikut di bawah ini merupakan beberapa poin dari prinsip etika penelitian;

  • Menghormati harkat martabat manusia. Ketika melakukan penelitian seorang peneliti harus mempertimbangkan hak subyek untuk mendapatkan informasi terbuka yang berkaitan dengal jalannya penelitian memiliki kebebasan menentukan pilihan dan bebas dari paksaan ikut berpartisipasi dalam kegiatan Penelitian.
  • Menghormati dengan menjaga privasi dan kerahasiaan subyek penelitian , hal tersebut peneliti harus menjaga privasi dan kerahasiaan yang di teliti jika subyek yang di teliti meminta menrahasiakaanya tentang suatu data yang diteliti.
  • Keadilan. Setiap subyek yang di teliti harus diperlakukan dengan baik oleh seorang peneliti , sehingga harus terdapat keseimbangan dari manfaat dan resiko yang akan terjadi pada subyek yang diteliti seperti memperhatikan risiko fisik, sosial maupun mental.
  • Memperhitungkan manfaat dan kerugiaan yang ditimbulkan. Seorang peneliti dalam melaksanakan penelitian harus sesuai dengan prosedur penelitian agar menghasilkan hasil penelitian yang bermanfaat, juga peneliti harus meminimalisasi dampak yang akan merugikan bagi yang diteliti atau subyek.
  • Apabila kegiatan Penelitian berpotensi mengakibatkan cidera dan stress tambahan kepada subyek yang diteliti maka seorang peneliti harus mengluarkan subyek yang diteliti dari kegiatan penelitiannnya untuk mencegah cidera.

Fungsi Etika Penelitian

Setelah mengetahui pengertian etika penelitian yang harus di utamakan oleh seseorang dalam melakukan kegiatan penelitiannya. Berikut di bawah ini merupakan fungsi dari etika penelitian yang perlu diperhatikan sebagai berikut di bawah ini yang telah di kutif dari studocu.com

  • Melindungi Subjek penelitian dari risiko dan juga kerugian yang tidak diinginkan
  • Memastikan bahwa sorang peneliti harus bertanggung jawab atas konsekuensi dari penelitian nya yang telah dilakukan.
  • Fungsi selanjutnya yaitu membantu dalam memperkuatkan integritas dan kredibilitas penelitian
  • Memastikan dan meyakinkan bahwa hasil dalam sebuah penelitian dapat digunakan dengan aman juga dapat diandalkan dalam pengambilan keputudan
  • Mendorong inovasi dalam kemajuan di bidang penelitian

Pelanggaran Etika dalam Penelitian

Agar proses penelitian dilakukan dengan baik dan benar mari simak contoh pelanggaran etika penelitian berikut yang telah dikutif dari studocu.com sebagai berikut di bawah ini;

  • Penelitian yang melibatkan Manusia, Seorang peneliti atau orang yang melakukan penelitian tidak mendapatkan persetujuan dari subjek atau orang yang diteliti, Peneliti tidak menjaga privasi juga kerahasiaan subjek atau orang yang diteliti dan Penipuan atau manipulasi data, seorang peneliti tidak dibolehkan memanipulasi data atau bahkan menipu.
  • Penelitian yang melibatkan hewan, seorang peneliti sebelum melakukan penelitian pada hewan seorang peneliti harus memastikan kegunaan hewan dalam sebuah penelitian yang dilakukannya memiliki alasan yang jelas dan tidak dilakukan dengan metode lain juga tidak menggunakan hewan yang tidak diizinkan.
  • Pelanggaran Hak Cipta, dalam pelanggaran hak cipta seorang peneliti tidak memiliki izin atau persetujuan dari pemilik hak cipta, dan menggunakan karya orang lain ataupun mengutif karya orang lain tanpa mencantumkan pemiliknya. jika penelitian tersebut dilakukan tanpa memperhatikan prosedur maka orang tersebut melanggar hak cipta.
  • Pelanggaran kode etik profesi, dalam pelanggaran kode etik profesi dianataranya konflik kepentingan, pelanggaran kesehatan dan keselamatan, pelanggaran keterbukaan.

Manfaat Etika Penelitian

Apa manfaat seseorang dalam melakukan sebuah penelitian dengan memperhatikan dan mengutamakan Etika Penelitian dalam sebuah kegiatan penelitiannya. Berikut di bawah ini beberapa manfaat yang di kutif dan di rangkum dari makalah etika penelitian studocu.com.

  • Manfaat pertama yaitu Menjamin Kualitas Penelitian, seorang peneliti dalam melakukan penelitiannya yang memperhatikan prinsip-prinsif etika penelitian peneliti dapat meminimalkan kesalahan dan bias dalam penelitiannya serta seorang peneliti melakukan penelitiannya dengan objektif dan akurat.
  • Manfaat selanjutnya yaitu akan meningkatkan kreadibilitas Peneliti, dalam meningkatkan kredibilitas peneliti menunjukan bahwa seorang peneliti beintegritas dan bertanggung jawab dalam melakukan sebuah kegiatan penelitian.
  • Manfaat berikutnya yaitu Melindungi hak-hak subjek Penelitian, dalam melindungi hak Subjek Penelitian seorang peneliti harus memastikan bahwa subjek atau yang diteliti harus dilindungi dengan cara yang baik dan etis, suatu subjek tidak dipaksakan karena perlu persetujuan sebelum melakukan penelitian.
  • Manfaat selanjutnya yaitu menghindari pelanggaran hukum dari pelanggaran pelanggaran penelitian yang penelitiannya dilakukan dengan tidak benar dan tidak profesional.

FAQ | Etika Penelitian

Apakah setiap yang melakukan Penelitian harus memperhatikan etika dalam Penelitian ?

Setiap orang yang melakukan penelitian harus memperhatikan dan menerapkan prosedur prosedur penelitian agar penelitiannya berjalan dan dilakukan dengan profesional.

Seorang guru di pelosok Garut yang punya hobi menulis dan coba menuangkannya ke dalam blog. Terimakasih sudah membaca artikel dan tulisan sederhana saya di sini.

Artikel Menarik Lainnya: