5 Format Resensi Novel yang Benar [Definisi & Cara Buat]

Sebelum kamu membuatnya, kamu harus tahu dulu format resensi novel itu seperti apa. Kenapa? Karena resensi novel dibuat dengan format tertentu.

Emang sih bukan format yang baku, namun ini adalah format umum yang mayoritas orang gunakan. Ketika kamu membuat resensi novel dengan format khusus ini, isinya akan lebih informatif dan tepat sasaran.

Kamu yang mungkin baru pertama kali akan membuat resensi novel, tentu harus paham format dan cara membuat resensi novel.

Di artikel ini akan saya jelaskan beberapa hal penting mengenai hal tersebut, di antaranya seperti:

  • Definisi resensi
  • Format resensi novel
  • Cara membuat resensi, dan
  • Tujuan resensi novel

3 hal ini penting kamu pahami, terutama yang akan membuat resensi novel. Mari kita mulai dari poin pertama.

Pengertian Resensi Novel

Resensi novel adalah kegiatan melakukan penilaian dan peninjauan pada sebuah karya tulis untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari karya tulis yang diresensi.

Tujuan dari meresensi novel adalah untuk memberikan referensi kepada orang yang akan membaca novel tersebut. Sehingga mereka bisa mendapatkan gambaran dari novel yang akan mereka baca.

Setiap karya tulis novel yang populer, pasti memiliki resensi yang beraneka ragam. Resensi ini dibuat oleh seseorang yang pernah membaca novel tersebut.

Format Resensi Novel yang Benar

Resensi novel harusnya dibuat dengan menggunakan format yang baik dan benar. Selain isinya supaya lebih informatif, juga agar lebih fungsional.

Pembaca bisa melihat dengan lebih mudah apa yang ia butuhkan ketika mencari resensi. Misalnya, jika ingin langsung melihat kelebihan dan kekurangan novel, mereka tahu harus pergi ke halaman mana.

Atau jika mereka ingin mengetahui latar belakangan penulisnya, mereka juga tahu harus masuk di halaman mana.

Nah, jika kamu ingin membuat resensi, setidaknya kamu gunakan format resensi novel seperti ini:

1. Identitas Buku

Identitas buku harus ditulis pada bagian pertama. Ini sebagai informasi singkat mengenai novel. Beberapa data yang harus ada di bagian ini, di antaranya yaitu:

  • Judul novel
  • Tahun terbit
  • Nama penulis
  • Nama penerbit
  • Cetakan ke berapa
  • Jumlah halaman
  • Nomor edisi
  • Harga buku, dan
  • Lain-lain

2. Kumpulan Peristiwa Penting

Kemudian bagian selanjutnya, kamu harus tuliskan beberapa bagian penting dari peristiwa yang terjadi di novel. Bagian ini lebih dikenal dengan istilah ikhtisar.

  • Tuliskan peristiwa permulaan penting dalam novel
  • Tuliskan konflik pada novel
  • Tulis kejadian seru
  • Tulis kejadian paling menarik, dan
  • Bagian penting lainnya

3. Latar Belakang Penulis Novel

Berikutnya adalah latar belakangan penulis novel. Kamu buat data detail penulis novel, mulai dari:

  • Siap penulis novel tersebut?
  • Apa saja buku karangan nya?
  • Seperti apa orangnya? dan
  • Lain-lain

4. Kelebihan dan Kekurangan Novel

Dibagian ini berisi nilai dari buku atau novel. Di bagian ini, pembaca akan melihat apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan novel yang akan mereka baca.

Ini adalah bagian inti dari resensi novel. Ketika orang membaca resensi, mereka ini membutuhkan penilaian orang yang meresensi. Ketika menulis bagian ini, kamu harus melakukannya secara subjektif.

  • Tulis nilai lebih dan hal menarik dari novel tersebut
  • Tulis juga bagian yang kurang menarik dari novel tersebut

5. Kesimpulan Isi Novel

Bagian ini berisi simpulan akhir dari novel. Atau bisa juga berupa rangkuman dari isi keseluruhan novel sehingga pembaca bisa mendapatkan clue dari novel yang akan mereka baca.

Cara Membuat Resensi Novel

Setelah paham, format resensi novel kamu juga harus tahu proses cara membuat resensi nya. Berikut ini adalah beberapa langkah cara membuat resensi novel dengan mudah.

1. Menentukan Novel yang Akan Diresensi

Tahap paling pertama yaitu menentukan novel akan kamu resensi. Novel mana yang akan kamu resensi, pastikan kamu suka atau minimal penasaran dengan isi novel tersebut.

Jika kamu punya rasa suka atau penasaran dengan novel yang akan kamu resensi, kamu akan enjoy ketika meresensi buku tersebut. Jadi akan lebih menyenangkan.

2. Baca Novel yang Akan Diresensi

Sesudah menentukan Novelnya, kamu harus untuk membaca novel tersebut. Dengan membacanya, kamu akan tahu isi dari cerita novel tersebut.

Kamu akan punya gambaran mengenai isi novel tersebut. Pengalaman kamu saat membaca merupakan sebuah bahan yang bisa kamu tulis menjadi resensi.

3. Pilih Teknik Penulisan Resensi yang Tepat

Ada banyak teknik penulisan resensi, seperti teknik cutting, teknik glueing, teknik comparing dan teknik focusing.

Setiap teknik penulisan resensi ini punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Setiap jenis novel, pasti akan diresensi dengan gaya penulisan resensi yang berbeda.

Dalam hal ini, kamu harus paham dengan baik, teknik mana yang akan kamu pakai untuk membuat resensi novel pilihan kamu tersebut.

4. Tulis Identitas Novel

Tuliskan identitas novel secara lengkap seperti pada penjelasan di atas. Tulis secara lengkap identitas nya.

5. Tuliskan Peristiwa Penting dalam Novel

Kemudian, tuliskan pula peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada novel tersebut. Tuliskan saja sesuai dengan pengalaman kamu ketika membaca novel tersebut.

6. Tulis Latar Belakang Penulis Novel

Setelah itu tulis juga latar belakang penulis novel tersebut secara lengkap. Tulis seperti apa yang ada dalam format penulisan resensi novel di atas.

7. Tulis Kelebihan dan Kekurangan Novel

Dibagian ini kamu tuliskan secara rinci, poin per poin. Kamu tuliskan lengkap apa saja yang menjadi nilai lebih dan kurang dari novel yang kamu baca tadi.

8. Tulis Kesimpulan

Bagian terakhir resensi, kamu tuliskan kesimpulan akhir dari novel tersebut secara lengkap.

9. Membaca Ulang

Jika sudah selesai, jangan langsung diterbitkan. Sebaiknya kamu baca dahulu resensi yang sudah kamu buat. Jika ada bagian yang salah, kamu edit hingga jadi lebih baik.

Akhir Kata

Format resensi novel terdiri dari:

  1. Identitas Buku
  2. Kumpulan Peristiwa Penting
  3. Latar Belakang Penulis Novel
  4. Kelebihan dan Kekurangan Novel
  5. Kesimpulan Isi Novel

Ini format menurut saya pribadi, bisa jadi salah. Jika kamu lebih paham, boleh komen format yang bener ya. Terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya: