Fungsi Lukisan Pada Zaman Prasejarah Adalah: [Jawaban]

Fungsi lukisan pada zaman prasejarah adalah? Ini adalah pertanyaan mata pelajaran seni budaya SMP kelas 9. Kamu bisa temukan jawabannya di artikel ini, sebentar lagi. Baca aja lengkapnya.

1 Fashion murah

Lukisan merupakan sebuah karya seni rupa yang sudah tidak asing lagi pada zaman sekarang.

fashion muslim murah

Namun puluhan ribu tahun yang lalu nenek moyang kita pun membuat lukisan dengan  berbagai bentuk dan cara. Tentunya lukisan tersebut memiliki fungsi dan tujuan.

Mereka melukis di bebatuan, dinding gua, serta cadas dengan berbagai alat pewarna yang sederhana semisal arang atau pewarna dari tumbuhan pada masa itu. Ingin tahu fungsinya?

Fungsi Lukisan Pada Zaman Prasejarah Adalah

Di era masa prasejarah, lukisan memiliki fungsi yang sangat fundamental dan sakral. Lukisan memiliki nilai seni yang cukup tinggi di masanya. Bahkan hingga saat ini, lukisan prasejarah itu masih punya nilai tinggi.

Namun di era jaman prasejarah, fungsi lukisan itu di antaranya adalah sebagai berikut;

1 Fashion murah

1. Untuk Meninggalkan Jejak

Tujuan pertama orang prasejarah melukis adalah untuk meninggalkan jejak. Lukisan yang mereka tinggalkan seperti di dinding gua, batu, dan cadas merupakan cara untuk menyatakan bahwa mereka pernah tinggal dan hal tersebut agar bisa ditemukan oleh generasi penerusnya.

2. Sebagai Catatan Sejarah

Sebagian ahli menyatakan bahwa fungsi lukisan pada zaman prasejarah adalah untuk catatan sejarah.

Contoh lukisan hewan dan perilakunya catatan semacam ini berguna bagi para pemburu-pemburu muda sebagai cara untuk melacak hewan buruan nya.

Dan pemburu yang lebih ahli dapat memetik manfaat dari lukisan seperti perubahan cuaca iklim sehingga mengetahui ada beberapa spesies yang hilang.

Dan lukisan tersebut bisa untuk menyimpan pengetahuan yang telah mereka dapatkan dan di catat dengan sebuah lukisan.

3. Fungsi Spiritual

Menurut para ahli mereka membuat lukisan dengan tujuan sebagai bentuk spiritual.

1 Fashion murah

Salah satu praktiknya melibatkan bagian dalam gua untuk sebuah upacara yang dapat menukar roh  dan menjalin kontak dengan roh tersebut agar mendapatkan hubungan baik dengan mereka.

4. Fungsi Supranatural

Salah satu teori manusia prasejarah mampu berburu dengan lebih mudah melalui lukisan di dinding gua untuk mengontrol hewan aslinya. Lukisan tersebut mampu mempengaruhi tingkah laku hewan buruannya.

5. Upacara Keagamaan

Fungsi lukisan pada zaman prasejarah adalah untuk upacara keagamaan.

Para ahli memperkirakan gua yang memiliki akustik paling bagus dipilih untuk menggambarkan adegan perburuan dan praktek kebudayaan serta dapat digunakan untuk upacara keagamaan purba.

Kesimpulan

Dari uraian di atas fungsi lukisan pada zaman prasejarah adalah:

  • Meninggalkan jejak
  • Sebagai catatan sejarah
  • Spiritual
  • Supranatural, dan
  • Keagamaan

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya: