8 Fungsi Teks Ulasan Bagi Pembaca Adalah Sebagai Berikut:

Fungsi Teks Ulasan Bagi Pembaca Adalah Sebagai Berikut:

Teks ulasan adalah tulisan ungkapan seseorang setelah menggunakan produk atau jasa tertentu. Lantas apa sih manfaat ulasan bagi pembaca? Adapun fungsi teks ulasan bagi pembaca adalah sebagai berikut:

1. Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Produk

Dari teks ulasan yang dibuat orang lain kita bisa dengan mudah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari sebuah produk ataupun karya yang dibuat orang lain.

Jika ulasan tersebut ditulis pada sebuah produk yang dijual. Maka kamu bisa tahu apa saja kelebihan dari produk tersebut. Kamu juga bisa tahu apa yang jadi kekurangan produk tersebut.

2. Mendapatkan Informasi Detail Produk

Selain itu, dari teks ulasan kita juga bisa tahu informasi detail mengenai detail produk yang akan kita pembeli.

Tukang review biasanya akan menjelaskan seperti apa produk tersebut. Sehingga kita sebagai penikmat teks ulasan tersebut bisa tahu secara detail rincian produknya.

3. Mengetahui Kualitas Produk

Dari informasi yang diberikan oleh si tukang review atau orang yang menuliskan teks ulasan kita tahu kualitas produk, jasa ataupun karya orang lain.

Orang yang menuliskan teks review atau ulasan adalah orang yang sudah pernah menggunakan produk tersebut. Orang tersebut akan mengungkapkan seperti apa kualitas produk yang ia dapatkan.

4. Jadi Bahan Pertimbangan Sebelum Dapatkan Produknya

Pernah membeli produk di Marketplace seperti di Shopee, Tokopedia, Lazada ataupun lainnya? Sebelum kamu beli produknya pasti kamu lihat dulu kan ulasan dari orang lain.

Nah, sampai sini kamu tentu paham apa fungsi teks ulasan bagi pembaca. Teks ulasan dapat menjadi bahan pertimbangan ketika orang yang akan membeli produk tersebut.

Tidak heran jika para pemilik produk akan memberikan layanan terbaik demi mendapatkan ulasan yang bagus.

5. Dapat Melakukan Komparasi dengan Produk Lain

Dari teks ulasan para pembaca juga bisa melakukan komparasi atau membandingkan dengan produk atau karya sejenis.

Konsumen kadang sering kali membanding-bandingkan produk 1 dan lainnya. Tujuannya adalah untuk mendapatkan produk terbaik di antara yang terbaik.

6. Jadi Bahan Referensi Sebuah Karya

Adanya teks ulasan atau review dari orang lain, menjadi bahan referensi yang menarik.

Tulisan orang jadi bahan renungan yang bisa kamu gunakan untuk mengambil keputusan. Dari tulisan ulasan orang kamu akan tahu langkah terbaik untuk ambil keputusan.

7. Menjadi Bahan Evaluasi

Di samping itu, dari tulisan ulasan orang lain kamu juga bisa melakukan evaluasi. Bagaimana kualitas dari produk atau karya tersebut dihargai.

Pada akhirnya hal itu akan membantu kamu menentukan sikap yang akan diambil.

8. Melakukan Perbaikan Jika Buat Karya yang Sama

Jika kamu akan membuat karya yang sama dengan karya tersebut, kamu bisa melakukan perbaikan. Setidaknya, kamu sudah tahu apa yang jadi kekurangan kompetitor kamu di mata konsumernnya.

Kamu bisa menciptakan karya yang sama dengan penyempurnaan yang lebih baik.

Itulah sedikit ulasan saya mengenai beberapa fungsi teks ulasan bagi pembaca. Dari uraian di atas bisa kita simpulkan bahwa fungsi teks ulasan bagi pembaca adalah sebagai berikut:

  • Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Produk
  • Mendapatkan Informasi Detail Produk
  • Mengetahui Kualitas Produk
  • Jadi Bahan Pertimbangan Sebelum Dapatkan Produknya
  • Dapat Melakukan Komparasi dengan Produk Lain
  • Jadi Bahan Referensi Sebuah Karya
  • Menjadi Bahan Evaluasi
  • Melakukan Perbaikan Jika Buat Karya yang Sama

Hanya seorang Blogger enthusiasm dan penikmat kopi saja. Suka berbagi pengetahuan kecil & bercita-cita jadi pengusaha media.

Artikel Menarik Lainnya: